Pajang Kenangan Personal dengan 5 Bingkai Kayu DIY Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Menghias hunian tak mesti selalu bergantung pada persediaan dekorasi di toko.  Kamu pun bisa berkreasi dengan memberikan sentuhan personal melalui proyek DIY, salah satunya adalah bingkai kayu.

Selain estetik dan cenderung mudah dibuat, bingkai kayu sangatlah fungsional karena bisa dimanfaatkan sebagai bingkai foto, ataupun pigura untuk lukisan atau gambar. Tentunya bingkai kayu mempunyai variasi yang beragam tergantung suasana ruangan yang diinginkan dan material yang dimiliki.

Bingkai Kayu Industrial

bingkai kayu rustic di atas rak dinding putihremodelaholic.com

Desain pada rumah industrial memang sangat memanjakan mata. Untuk kamu yang ingin menghadirkan sentuhan industrial di hunian, kamu bisa membuat bingkai kayu menggunakan bahan utama yang dibiarkan kasar dan menonjolkan karakter sesuai aslinya.

Seperti pada contoh, bingkai kayu yang satu ini memanfaatkan papan kayu tanpa polesan sebagai bahan utamanya. Selain itu, kamu pun bisa menambahkan aksen seperti besi yang seolah berkarat atau dilapisi cat yang seolah mengelupas untuk memperkental kesan industrial yang ingin ditonjolkan.

Bingkai Kayu Rustic Sederhana

bingkai kayu dari papan kayu dengan penjepit foto pasanganetsy.com

Jika kreasi bingkai kayu di atas dirasa sulit untuk dibuat, Kania punya rekomendasi lain yang juga memanfaatkan bahan utama berupa papan kayu. Tampak pada inspirasi di atas, bingkai foto dengan gaya rustic ini memanfaatkan papan kayu yang ditempel berdampingan sebagai latar belakang bingkai.

Keunikan bingkai kayu ini terletak pada kemudahan untuk mengganti foto yang dipajang. Area pemasangan foto menggunakan penjepit yang ditempelkan pada bingkai dengan lem material, sehingga cukup menggeser penjepit untuk mengganti foto.

Bingkai Kayu Poster Hanger

bingkai kayu gantung dengan kertas gambar dijepithomedit.com

Untuk kamu yang ingin menambahkan bingkai kayu minimalis, konsep hiasan gantung ini sangatlah cocok untuk kamu buat. Alih-alih menempelkan poster, kamu bisa menggantinya dengan foto keluarga ataupun dekorasi gambar yang disesuaikan menurut konsep ruangan.

Adapun, membuat bingkai kayu menjadi hiasan gantung ini sangatlah mudah, di mana kamu cukup mempersiapkan dua potong kayu serta tali penggantung. Pasang foto atau poster printing dengan menjepitnya di antara potongan kayu tersebut.

Bingkai Kayu Ala Moodboard

bingkai kayu dengan foto yang dijepit ke mesh putihdiys.com

Untuk kamu yang cepat merasa bosan dan ingin mengganti foto atau poster yang dipajang di ruangan, bingkai kayu dengan konsep moodboard ini sangatlah cocok untuk diaplikasikan. Kamu bisa memanfaatkan bingkai berukuran besar, kemudian menambahkan kawat jaring pada bagian dalam bingkai sebagai tempat untuk menjepit foto.

Setelah itu, silakan memajang foto ataupun gambar sesuai keinginan menggunakan penjepit khusus foto Polaroid yang banyak tersedia di pasaran. Tak hanya mempermudah kamu saat mengganti koleksi gambar ataupun foto, penggunaan kawat jaring pada bingkai kayu pun bisa kamu manfaatkan untuk menggantung aneka dekorasi berukuran mungil.

Modifikasi Bingkai Kayu Lama

bingkai kayu ditempel tutup botol logametsy.com

Referensi terakhir adalah memodifikasi bingkai kayu lama kamu sehingga tampil lebih segar dan menarik. Selain melapisi dengan cat warna, kamu bisa memberikan sentuhan personal dengan menempelkan aneka benda seperti kancing, mainan LEGO ataupun tutup botol menggunakan lem khusus pada bingkai yang ada di rumah. Dijamin, bingkai lamamu akan terlihat lebih baru meskipun menggunakan modal yang sangat ekonomis!

Kelima model bingkai kayu di atas bisa kamu buat secara DIY pada akhir pekan untuk ciptakan sentuhan kreatif dan artistik pada hunian. Selain membuat bingkai secara custom, kamu juga bisa menemukan aneka ragam bingkai menarik dari material yang berbeda-beda sesuai kebutuhan.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse