Ampuh dan Mudah, Ketahui 7 Cara Mengusir Kecoa dari Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Pusing karena keberadaan hama kecoa di rumah? Jika tidak segera ditangani, keberadaan hama kecoa di rumah bisa sangat mengganggu baik dari segi kebersihan rumah hingga kesehatan keluarga sehingga pastikan kamu mencari tahu cara mengusir kecoa.

Bingung bagaimana cara mengusir kecoa yang ampuh? Tak perlu lagi bingung karena ada banyak cara mengusir kecoa yang bisa kamu terapkan secara alami tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Berikut berbagai cara mengusir kecoa dengan barang di rumah yang praktis namun ampuh:

1. Cara mengusir kecoa dengan mentimun

irisan mentimun dalam mangkuk kacashutterstock.com

Siapa sangka, mentimun bisa jadi cara mengusir kecoa yang jitu karena ternyata hama satu ini tidak menyukai aroma yang dikeluarkan dari mentimun. Caranya pun simpel, mulailah dengan mengiris mentimun dan menaruhnya dalam wadah seperti mangkuk.

Selain meletakkan wadah berisi mentimun pada area atau sarang kecoa, cara mengusir kecoa ini ampuh juga saat ditaruh di jalur masuk kecoa untuk mencegah kecoa masuk ke dalam rumah.

2. Cara mengusir kecoa dengan lemon

irisan lemon di atas talenan kayushutterstock.com

Bukan hanya irisan lemon, buah lemon pun bisa kamu manfaatkan dalam bentuk spray sebagai cara mengusir kecoa yang ampuh.  Lemon memiliki zat antipathogenic yang mampu mencegah pertumbuhan kuman yang menjadi habitat bagi para kecoa.

Cara mengusir kecoa dengan lemon bisa dilakukan dengan menyemprotkan perasan jeruk lemon pada bagian-bagian rumah yang kerap didatangi kecoa. Mulailah kebiasaan untuk pel rumah dengan air dicampur perasan jeruk lemon agar mencegah kecoa datang kembali.

3. Cara mengusir kecoa dengan kopi

sekop berisi biji kopi dari karungshutterstock.com

Kopi juga memiliki aroma kuat yang tidak disukai kecoa sehingga kamu bisa memanfaatkannya sebagai salah satu cara mengusir kecoa dari rumah. Kamu bisa menggunakan biji kopi ataupun bubuk kopi dan menebarkannya pada tempat di rumah yang kerap didatangi kecoa. Selain mengusir kecoa, kopi juga bisa menyerap aroma tak sedap yang ditinggalkan oleh hama kecoa di rumah.

4. Cara mengusir kecoa dengan daun salam

daun salam dalam mangkuk kayuhellosehat.com

Cara mengusir kecoa secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan daun salam. Terkenal sebagai salah satu bumbu dapur, daun salam ternyata memiliki aroma yang cukup ampuh untuk digunakan sebagai cara mengusir kecoa. Cukup sobek-sobek lembaran daun salam dan tebarkan pada jalur yang kerap dilalui kecoa atau area-area lembap di rumah yang digemari kecoa.

5. Perangkap dari petroleum jelly

jari menyentuh petroleum jelly dalam kalenghealthline.com

Petroleum Jelly merupakan bahan yang populer sebagai kosmetik dan juga untuk melembapkan kulit atau bibir yang kering. Namun, kamu juga bisa membuat perangkap kecoa jitu dari petroleum jelly.

Cara mengusir kecoa dengan perangkap petroleum jelly sangatlah mudah. Cukup campurkan gula dengan petroleum jelly dan letakkan di atas kertas atau kardus. Letakkan perangkap ini pada area yang kerap didatangi kecoa. Kecoa yang tertarik pada gula akan terjebak pada petroleum jelly yang lengket.

6. DIY perangkap botol

botol air mineral warna biru dan putih kosongshutterstock.com

Cara mengusir kecoa selanjutnya yang bisa kamu coba terapkan adalah dengan membuat perangkap dari bekas botol air mineral. Potonglah bagian atas dari botol mineral dan letakkan kembali dalam posisi terbalik sehingga botol menjadi mencekung ke bagian dalam. Masukkan beberapa sisa makanan sebagai umpan.

Kecoa akan masuk ke dalam botol dengan mudah, namun tidak bisa keluar karena bagian yang mencekung ke dalam. Letakkan perangkap ini setiap malam pada sudut-sudut lembap yang disukai kecoa, dan buanglah kecoa yang terperangkap setiap paginya.

7. Cara mengusir kecoa dengan kapur barus

kapur barus warna putih di atas papan kapur hitamshutterstock.com

Kapur barus merupakan produk untuk mengusir hama serangga di rumah tangga seperti kutu, semut, dan juga kecoa. Produk ini sangat mudah ditemukan di pasaran. Cara mengusir kecoa dengan kapur barus bisa dilakukan dengan meletakkan kapur barus pada area-area yang digemari kecoa seperti kamar mandi, atau sudut-sudut dapur yang lembap.

Tak sulit bukan menerapkan berbagai cara mengusir kecoa tersebut? Tak hanya mudah, cara mengusir kecoa di atas juga cukup ampuh untuk mencegah hama kecoa datang kembali ke rumahmu. Selamat mencoba!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse