Suka Pelihara Ikan? Kamu Harus Tahu Cara Membuat Aquarium Sederhana Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Selain memperindah ruangan, memelihara ikan sebagai hewan peliharaan di rumah bisa membebaskanmu dari stres, membuat pikiran rileks, bahkan mendatangkan hoki bagi pemilik hunian jika memelihara jenis ikan tertentu. Wajar jika kamu perlu mengetahui cara membuat aquarium sederhana untuk tempat tinggal ikan tersebut.

Selain membuat kolam ikan, alternatif lainnya adalah memelihara ikan di aquarium. Tidak perlu pembongkaran, mengikuti panduan dan cara membuat aquarium bisa menjadi pertimbangan, terutama karena bisa digunakan sebagai elemen dekorasi estetik dan natural yang fleksibel di dalam hunian.

Dengan mengandalkan kreativitas, ternyata kamu bisa melakukan cara membuat aquarium sederhana ini sebagai proyek DIY di rumah! Buat kamu yang tertarik membuatnya, ayo ikuti panduan dan cara membuat aquarium dari Kania berikut ini:

1. Tentukan ukuran aquarium

aquarium di atas meja di samping tanaman hijau dalam potthewirecutter.com

Ada alasan mengapa kamu mencari cara membuat aquarium: ingin memiliki ikan hias. Tentu kamu sudah terpikirkan jenis dan jumlah ikan yang ingin dipelihara. Jika ikan peliharaan akan sedikit dan kecil, tak ada salahnya menghemat biaya dan membuat aquarium mini saja.

Saat melanjutkan ke rangkaian cara membuat aquarium, pastikan kamu sudah mempertimbangkan lokasi menaruh aquarium agar sesuai dengan ukuran akuarium yang telah kamu tentukan.

2. Menyiapkan material untuk membuat aquarium

aquarium dengan lampu menerangi air penuh ikanshutterstock.com

Sebelum memulai rangkaian cara membuat aquarium, siapkan material dan perkakas yang sekiranya diperlukan seperti kaca, alat tembak lem, lem silikon, pisau cutter, lakban, spidol, dan penggaris. Pastikan tempat untuk membuat dan menaruh aquarium ini pun sudah kosong agar tidak perlu khawatir akan merusak furnitur lainnya dalam proses mengikuti cara membuat aquarium ini.

3. Rencanakan desain aquarium

aquarium penuh dengan ikan dalam habitat laut buatanwikimedia.org

Rangkaian cara membuat aquarium ini dimulai dengan menentukan desain yang kamu inginkan. Umumnya, bentuk aquarium hanya berupa segiempat dengan sisi atas terbuka. Namun, tak ada salahnya memikirkan desain akuarium unik agar dapat sekaligus menjadi dekorasi dalam ruangan.

Persiapkan kaca yang telah dipotong menurut spesifikasi ukuran dalam desain setelah proses awal dalam cara membuat aquarium tadi. Lebih baik gunakan jasa potong kaca agar hasil lebih rapi. Jangan lupa untuk meminta penyedia jasa potong kaca untuk menghaluskan pinggiran kaca bekas potongan dengan batu asahan atau gerinda agar tidak membahayakan kamu saat menjalankan cara membuat aquarium sederhana ini!

4. Kontruksi kerangka aquarium dan isinya

cara membuat aquarium dengan kaca ditempel lakban birubeautifuldragons.com

Setelah pemotongan kaca selesai dilakukan, kamu bisa memulai rangkaian cara membuat aquarium dengan menyatukan kaca. Supaya kaca tidak bergeser, kamu bisa menggunakan lakban sebagai penahan yang juga berfungsi sebagai pembatas supaya lem material kaca dari silikon yang akan dioleskan tidak merembet ke bagian lain.

Selanjutnya, cara membuat aquarium ini ialah dengan menyatukan potongon kaca dengan lem silikon menggunakan alat tembak lem. Tunggu hingga lem kering, lalu lepas lakban dan rapikan sisa-sisa lem yang menempel menggunakan pisau cutter.

cara membuat aquarium kosong dengan pasir dan habitat koral lautshutterstock.com

Jika kamu sukses melakukan cara membuat aquarium, kamu bisa mencoba memasukkan air ke dalam aquarium. Jika tidak bocor, maka waktunya menyelesaikan cara membuat aquarium ini dengan menambahkan alat untuk menunjang hidup ikan seperti pipa air, filter air, hingga pasir dan hiasan aquarium lainnya.

5. Memasukkan ikan ke dalam aquarium

aquarium penuh dengan ikan kuning dan biru dengan lampu menyalathesprucepets.com

Jika kamu menganggap cara membuat aquarium sudah selesai, tunggu dulu! Pastikan air sudah tertuang hingga penuh secara perlahan supaya tidak merusak instalasi peralatan, kemudian mengaktifkan peralatan aquarium dan membiarkan air aquarium tersaring untuk menghindari racun.

Jika perlu, kamu juga bisa meneteskan obat pensteril air sehingga pH air lebih cocok untuk hidup ikan. Setelah mensterilkan air di dalam aquarium selama semalaman, kini cara membuat aquarium telah selesai dan aquarium siap kamu gunakan untuk diisi dengan ikan hias yang kamu inginkan.

Bagaimana, mudah sekali bukan cara membuat aquarium di atas? Silahkan praktikkan panduan dan cara membuat aquarium untuk menambah elemen natural di hunian dan tentunya memberikan efek rileks dan sejuk di dalam ruangan rumah. Selamat mencoba!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse