Tak Lagi Berkeringat Saat Tidur, Seprai Bahan Tencel Tawarkan Kenyamanan Maksimal

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tidur dengan jam tidur yang panjang tak menjamin tubuh kembali bugar di pagi hari. Kualitas tidur yang baik jauh lebih berpengaruh terhadap proses pemulihan energi saat beristirahat. Sebagaimana hasil penelitian yang dilakukan Charles Perkins Centre di Sydney, Australia mendapati lamanya jam tidur tak memengaruhi aktivitas dan kinerja seseorang di keesokan harinya.

Seprai biru bahan Tencel motif bungatrendhome.com

Penyebab dari berkurangnya kualitas tidur adalah beberapa gangguan yang dialami saat memulai tidur dan dalam waktu tidur itu sendiri. Salah satunya adalah terbangun di malam hari karena tubuh berkeringat. Maka dari itu, penting untuk memilih perlengkapan kamar tidur yang membantu menjaga kenyamanan tidur.

Seprai berbahan Tencel memiliki kemampuan dalam penyesuaian suhu tubuh. Dikenal dengan kelembutannya, permukaan bahan Tencel mampu menyerap keringat dengan cepat dan aman untuk kulit sensitif. Namun, apa sebenarnya yang membuat bahan Tencel begitu unggul dalam meningkatkan kualitas tidur?

Material Asal dan Produksi Bahan Tencel

Kayu material dasar untuk bahan Tenceltencel.com

Tencel sendiri merupakan merek dagang yang menggunakan jenis bahan yang tersusun atas serat lyocell dan modal. Nama “bahan Tencel” kemudian lebih populer untuk mendeskripsikan kedua jenis serat yang diolah melalui proses pelarutan selulosa kayu (wood cellulose) dengan larutan kimia tersebut. Industri tekstil menyebut material dasar bahan Tencel dengan istilah “regenerated cellulose”.

Menggunakan material dasar yang sama, Tencel memiliki tekstur yang serupa dengan rayon. Perbedaannya, seperti yang dipaparkan Textile Lab Institute, Tencel melalui mekanisme pengolahan yang lebih ramah lingkungan karena proses pengolahannya singkat dan tak memakai pelarut kimia beracun. Sedangkan, rayon melalui proses pelarutan yang cukup panjang sehingga membutuhkan energi dan jumlah larutan kimia yang lebih besar.

Material modal untuk bahan Tenceltencel.com

Meski tak seratus persen terbuat dari material organik, bahan Tencel termasuk jenis bahan yang dapat terurai secara alami (biodegradable). Namun, tetap dibutuhkan waktu yang lama untuk membuat bahan Tencel hancur secara alami, sehingga cara daur ulang yang ramah lingkungan tetap harus diupayakan untuk mengurangi limbah rumah tangga dari bahan Tencel.

Kelebihan Bahan Tencel

Seprai abu bahan Tenceltrendhome.com

Tekstur bahan Tencel yang halus dan lembut membuatnya dapat menyesuaikan perubahan suhu tubuh alami. Hal ini dikarenakan serat-serat penyusun bahan Tencel memiliki tingkat penyerapan dan pengeringan yang tinggi. Bahan Tencel dengan sangat mudah menyerap kelembapan di sekitar permukaan kulit dan dalam sesaat langsung mengeluarkan kelembapan tersebut kembali ke udara.

Sejumlah pengguna seprai berbahan Tencel, dalam survei yang diselenggarakan Good House Keeping, bahkan memberikan penilaian positif terhadap tingkat kelembutan bahan Tencel. Mereka menilai seprai bahan Tencel lebih lembut dibandingkan jenis bahan katun maupun katun campuran, dua jenis bahan seprai yang lebih dulu populer digunakan sebagai material pelapis.

Memiliki Fleksibilitas Tinggi dan Tahan Lama

Seprai bahan Tencel di kamar tidur bernuansa pink

Selain unggul dalam tingkat kelembutan, bahan Tencel juga unggul dalam hal fleksibilitas dan ketahanan. Dalam penelitian berjudul Comfort and Protection Properties of Tencel/Cotton Blends (2014), komposisi Tencel terbukti memengaruhi tingkat kekakuan lentur (flexural rigidity) pada pakaian berbahan campuran.

Pakaian dengan kandungan Tencel yang lebih tinggi memiliki tingkat kekakuan lentur median, menjadikan pakaian tersebut cukup fleksibel sekaligus tetap kuat. Hal ini jugalah yang menyebabkan seprai berbahan Tencel mudah mengikuti permukaan kasur, namun tak cepat kusut saat digunakan.

Perawatan Seprai Berbahan Tencel

Mencuci seprai bahan Tencelshutterstock.com

Untuk menjaga kualitas sekaligus ketahanan bahan Tencel diperlukan perawatan tertentu. Pada dasarnya, setiap bahan yang tersusun atas serat lyocel dan modal (Tencel dan rayon) perlu dibersihkan dengan teknik dry clean menggunakan larutan perchloroethylene. Hindarilah merendamnya langsung di dalam air karena berpotensi melunturkan warna dan merusak tekstur permukaan bahan Tencel.

Untuk memastikan, coba lihat label petunjuk pencucian pada seprai bahan Tencel. Ikutilah prosedur yang tertera untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan pada bahan Tencel.

Seprai bahan tense bermotiftrendhome.com

Bahan Tencel memiliki permukaan yang halus serta nyaman di kulit. Fleksibilitas dan ketahanan bahan Tencel juga tinggi sehingga seprai tak mudah kusut saat digunakan.

Sejumlah kelebihan yang dimiliki seprai berbahan Tencel mampu mengatasi keadaan susah tidur yang diakibatkan oleh kenaikan panas tubuh di malam hari. Tidak ada lagi tubuh berkeringat, dengan seprai bahan Tencel, kamu bisa memperoleh kualitas tidur yang lebih baik.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse