Ketahui 6 Tanaman Hias Merambat, Serasa di Negeri Dongeng

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Hijau alami dengan aneka bunga berwarna, tanaman hias merambat punya cara tersendiri untuk membuat penampilan rumah kian menawan bak negeri dongeng. Tidak jarang, bangunan komersial seperti gedung kantor atau kedai kopi cantik cukup mengandalkan tanaman hias merambat sebagai estetika interior dengan nilai plus.

Jika kamu tertarik untuk menghadirkan keasrian serasa di negeri dongeng, pilihlah tanaman hias merambat dari jenis-jenis berikut ini.

1. Morning glory

tanaman hias merambat dengan bunga putih bernama morning gloryshutterstock.com

Secantik namanya, jenis tanaman hias merambat ini punya kecantikan tersendiri dengan nuansa pedesaan yang serba romantis. Dengan kelopak bunga yang umumnya berwarna biru keunguan, morning glory tumbuh dan menjalar dengan subur hampir sepanjang tahun. Sesuaikan perawatan agar tanaman hias merambat yang cukup agresif ini dapat tumbuh dengan apik.

Menanam tanaman morning glory bisa dimulai dari pembibitan secara indoor maupun outdoor selama 4-6 minggu. Setelah itu, taburkan di area kebun depan yang mendapatkan sinar matahari secara menyeluruh supaya tanaman hias merambat ini bisa mekar sempurna.

2. Bugenvil

tanaman hias merambat dengan batang berbunga merah bernama bugenviltripsavvy.com

Dikenal juga dengan ejaan bougenville, masyarakat Indonesia mungkin tidak asing lagi dengan jenis tanaman hias merambat yang satu ini. Ditandai dengan kuntum bunga setengah kuncup yang saling berkelompok berwarna merah terang, bugenvil sukses menjadi tanaman dekorasi rumah sekaligus tanaman pembatas yang cantik.

Tanaman hias merambat bougenville juga punya kemampuan unik yaitu daun yang merangas sendiri pada saat berbunga. Otomatis, pemandangan rumah akan semakin indah didominasi oleh warna merah yang enak dipandang mata.

tanaman hias merambat bougenville warna merah dengan daun pinggiran kuningclemson.edu

Tanaman hias merambat ini cocok tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia, karena membutuhkan sinar matahari yang intens. Cukup disiram, dipupuk dan dipangkas seadanya, bugenvil siap mempercantik halaman rumah.

3. Air mata pengantin

tanaman hias merambat air mata pengantin warna merah muda atau pinkshutterstock.com

Dengan tampilan warna pink lembut yang indah, varietas tanaman hias merambat ini berjenis Antigonon Leptotus di Indonesia. Berasal dari Meksiko dan telah dikembangbiakkan di seluruh dunia, konon asal bibit ini di Indonesia berawal dari masa kolonial Belanda.

Memiliki karakteristik bunga warna merah muda, tanaman hias merambat ini punya daya tumbuh yang sangat cepat sehingga bisa dikategorikan sebagai gulma. Mereka juga mampu beradaptasi pada beberapa habitat, mulai dari area perumahan hingga tumbuh liar di tebing pantai atau hutan dataran rendah.

4. Bunga kuku macan

tanaman hias merambat bunga kuku macan warna merahshutterstock.com

Dikenal sebagai anggrek cantik dari Irian, tanaman hias merambat ini mempunyai bunga bak lidah api yang merah menyala. Dengan warna merah yang kontras bersanding dengan daun hijau yang berukuran hampir sama dengan kelopaknya, tanaman hias merambat ini siap untuk menaungi pergola atau atap depan rumah.

Tanaman hias merambat ini merupakan salah satu flora endemik yang ada di Pulau Papua. Disebut sebagai api Irian, tanaman cantik ini akan tumbuh optimal pada suhu panas hingga 35 derajat Celsius dengan kemampuan berbunga tiga hingga lima kali dalam sebulan.

5. Tanaman Lee Kuan Yew

tanaman hias merambat lee kuan yew di sepanjang jalandekoruma.com

Banyak yang mengenalnya sebagai tanaman Lee Kuan Yew alias bapak pendiri Singapura. Sebutan ini cocok buat tanaman hias merambat hijau karena merupakan lambang dari proyek pembangunan ramah lingkungan yang didirikan beliau pada tahun 1976.

Sukses menghiasi eksterior properti masyarakat, tanaman hias merambat ini kemudian bermunculan menghiasi taman vertikal, ruang publik, hingga rumah pribadi. Dengan batang yang bisa menjalar hingga 3 meter, tanaman hias merambat ini menawarkan kesan teduh, namun tetap rapi sepanjang perawatan dilakukan secara rutin walau hanya ala kadarnya.

6. Tanaman dolar

tanaman hias merambat dalam pot bernama tanaman dolar dengan daun bulataliceliles.com

Dengan wujud daun hijau bundar, tanaman hias merambat dolar siap menaiki dinding rumah dengan rapat. Tanaman dolar berasal dari negara Afrika dengan daun tunggal yang posisi tumbuhnya selang-seling. Daunnya yang lonjong dan sedikit meruncing juga cukup halus dan tebal sebagai cadangan air saat panas.

Sempat dihebohkan sebagai penyebab penyakit Leukimia, hoaks tersebut akhirnya sukses dipatahkan oleh Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Kamu pun dapat menikmati indahnya tanaman hias merambat yang relatif mudah dipelihara dan diperbanyak ini tanpa perlu takut sakit.

tanaman hias merambat dengan bunga putih di depan bangunanmygardeningnetwork.com

Menghadirkan beragam tanaman hias merambat dapat membuat hunian terasa seperti negeri dongeng. Pastikan kamu sudah menyediakan segala perlengkapan untuk berkebun mulai dari pot tanaman hingga pupuk agar rumah pun kian apik dinaungi oleh tanaman hias merambat yang indah.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse