10 Alternatif Kerja Dari Rumah yang Bisa Dicoba, Tak Perlu Terjebak Macet!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Era digital membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas. Berkat tingginya adopsi internet dan penggunaan produk teknologi, hal ini membuat banyak orang tak perlu lagi untuk bekerja secara konvensional di kantor, melainkan kerja dari rumah yang melingkupi berbagai bidang pekerjaan.

Tak hanya menawarkan fleksibilitas jam kerja dan tempat bekerja, kerja dari rumah juga membuatmu terbebas dari kemacetan dan tak perlu mengeluarkan isi lemari untuk mencari pakaian yang akan dikenakan. Alhasil, kamu bisa menyelesaikan tugas secara efisien di mana pun dan kapan saja.

Buat kamu yang tertarik kerja dari rumah sebagai freelancer, Kania punya referensi daftar kerja dari rumah yang bisa kamu ikuti. Nah, apa saja bidang kerja dari rumah yang bisa diikuti?

Penulis

perempuan kerja dari rumah menulis di bukushutterstock.com

Tak semua orang punya keterampilan menulis secara berkualitas. Saat dunia digital berkembang pesat, para penulis memiliki banyak kesempatan kerja dari rumah dan berkreasi melalui bentuk tulisan untuk dipublikasikan pada berbagai medium, mulai dari artikel dalam blog, hingga majalah online.

Penerjemah

pria kerja dari rumah menerjemahkan bahasa di laptopshutterstock.com

Kamu punya kecakapan berbahasa asing? Jangan sia-siakan bakatmu karena pekerjaan sebagai penerjemah saat ini sangat dicari dan bisa dilakukan dengan skema kerja dari rumah. Di bidang pekerjaan ini, kamu bisa menerjemahkan dialog film, konten blog berbahasa asing, hingga menerjemahkan dokumen legal sebuah perusahaan.

Desainer

pria kerja dari rumah menggambar dengan spidol di bukushutterstock.com

Kerja dari rumah sebagai desainer melingkupi berbagai pekerjaan, mulai dari desainer interior, desainer grafis hingga desainer fashion. Hanya bermodalkan keterampilan dan alat kerja seperti software hingga alat tulis, kamu bisa kerja dari rumah dengan menuangkan kreasi secara bebas tanpa perlu merasakan distraksi dari lingkungan kantor.

Animator

pria kerja dari rumah menggambar animasi di tabletlynda.com

Kamu jago membuat video animasi? Sebagai salah satu profesi yang memungkinkan kerja dari rumah, animator sangat dibutuhkan mengingat banyak orang memerlukan konten visual untuk berbagai keperluan. Berawal dari hobi, kerja dari rumah sebagai animator membuatmu berpotensi menggaet banyak klien besar dari luar negeri sehingga menambah pundi-pundi pendapatan.  

Programmer

pria kerja dari rumah menjadi programmershutterstock.com

Bidang kerja dari rumah yang saat ini banyak dibutuhkan adalah programmer. Sangat dibutuhkan di era digital ini, seorang programmer handal bisa melakukan pekerjaan mulai dari rekayasa software hingga menciptakan produk baru yang inovatif. Meskipun memerlukan keterampilan dengan sertifikasi khusus, namun kerja dari rumah sebagai programmer sangatlah menjanjikan!  

Data Entry

pria kerja dari rumah melakukan data entry ke laptopshutterstock.com

Jika kamu tidak memiliki keterampilan khusus namun tertarik untuk kerja dari rumah, kamu bisa mencoba pekerjaan sebagai data entry. Melalui kerja dari rumah sebagai data entry, kamu akan ditugaskan untuk merekam data melalui software tertentu sehingga data tersebut berubah ke dalam format digital.

Asisten Virtual

perempuan dengan headphone kerja dari rumah menjadi asisten virtualshutterstock.com

Kerja dari rumah sebagai asisten virtual memiliki cakupan yang sangat luas, namun pada dasarnya adalah membantu seseorang untuk mengerjakan sejumlah hal, mulai dari menulis, menerjemahkan dokumen, melakukan riset, manajemen sosial media, input data, survei lokasi hingga mengatur sebuah pertemuan. Tentu, kamu yang memiliki banyak keterampilan bisa melakukan kerja dari rumah sebagai asisten virtual dengan bayaran per jam atau per proyek, serta terdapat kemungkinan untuk membantu CEO kenamaan dalam menyelesaikan tugasnya.  

Wirausaha Online

perempuan kerja dari rumah menjadi wirausaha menelepon dan mengepak barangshutterstock.com

Jika kamu memiliki jiwa usaha namun terkendala modal, maka kerja dari rumah sebagai wirausaha online sangat pas untuk dilakoni. Jika kamu sudah memiliki sebuah merek dan produk, maka kamu bisa menjualnya secara online dari ruang kantor melalui berbagai marketplace yang bisa diikuti secara gratis. Jika tak punya produk dan merek, kamu pun bisa kerja dari rumah berjualan online sebagai dropshipper melalui kerjasama dengan supplier maupun produsen sebuah produk.

Ahli Pemasaran Online

kerja dari rumah di laptop menjadi marketing online dan memegang cangkir kopishutterstock.com

Kerja dari rumah sebagai ahli pemasaran online juga kini sangat diminati karena beban kerja yang cenderung ringan namun bisa mendapatkan uang secara maksimal. Dengan bermodalkan Internet, perangkat laptop dan keterampilan pemasaran digital, kamu bisa membantu sebuah perusahaan untuk mengembangkan bisnis, hingga membuat bisnis baru supaya dapat bersaing dengan bisnis yang sudah eksis sebelumnya.

Guru Online

perempuan kerja dari rumah dengan laptop dan webcam menjadi guru onlineshutterstock.com

Saat ini, seorang guru atau tutor juga bisa kerja dari rumah dan mendapatkan tambahan penghasilan yang besar. Melalui banyaknya platform belajar online, tentunya kamu bisa berpartisipasi sebagai guru online dengan upah yang sangat menjanjikan, bahkan membuka les online untuk mengajarkan siswa di mata pelajaran sekolah tertentu.

Banyaknya bidang untuk kerja dari rumah membuatmu lebih mudah untuk bersaing dan mendapatkan upah rutin tanpa harus pergi ke kantor. Kamu pun bisa bergabung dengan berbagai platform freelancer supaya lebih mudah mendapatkan pekerjaan dan terhindar dari tindak penipuan.

Pastikan juga desain ruang kerja di rumah sudah nyaman, lengkap dengan meja komputer dan kursi kerja yang dapat menunjang tubuhmu dengan baik. Selamat mencoba!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse