[Infografik] Rumah Nyaman Demi Istirahat yang Cukup

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tak perlu dipungkiri, manfaat istirahat yang cukup memang berlimpah. Tak hanya tubuh terasa bugar, pikiran pun akan cenderung terbebas dari stres yang menumpuk.

Namun, terkadang mendapatkan istirahat yang cukup tak semudah memprioritaskan tidur malam. Untuk memastikan bahwa kamu mendapatkan istirahat yang cukup, ada baiknya mengatur ruangan dalam rumah demi kenyamanan semua penghuninya.

infografik perempuan istirahat yang cukup di kamar

Bagi rumah mungil, keterbatasan ruang mungkin akan membatasi tempat beristirahat hanya pada tempat tidur. Namun, istirahat yang cukup tak hanya sekadar tidur malam saja, menjalankan hobi untuk melepas penat dan stres juga termasuk istirahat batin yang diperlukan sebagai kunci kebahagiaan.

Mengadopsi gaya hidup Hygge yang menitikberatkan pada kebahagiaan hidup melalui istirahat yang cukup bagi tubuh dan mental pastinya akan berguna bagi kesehatan keluarga dalam jangka waktu lama. Oleh sebab itu, pastikan ruangan rumah diatur sedemikian rupa agar kamu mendapatkan istirahat yang cukup dan maksimal.

Kamar Tidur, Pentingnya Tidur Malam

Umumnya, kamar tidur utama dianggap sebagai ruangan pribadi yang ditata agar sesuai dengan kenyamanan penghuninya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan kamu mendapat istirahat yang cukup tiap harinya.

  • Matikan perangkat elektronik

Demi istirahat yang cukup memulihkan, National Sleep Foundation menganjurkan untuk menghindari penggunaan perangkat elektronik rumah tangga seperti televisi dan smartphone setidaknya 30 menit sebelum waktu tidur. Pemaparan terhadap perangkat elektronik hanya akan menunda jam tubuh untuk istirahat yang cukup.

  • Minimalisir cahaya dalam ruangan

Selain memastikan bahwa pencahayaan dari lampu tidak akan mengganggu saat tidur, pasang gorden blackout yang tebal agar matahari tidak dapat mengganggu kamu dari mendapatkan istirahat yang cukup.

  • Tambahkan sentuhan personal untuk kenyamanan

Agar dapat lebih cepat terlelap, tak ada salahnya menambahkan sentuhan personal seperti selimut tebal dan lembut ataupun lampu tidur. Dengan begitu, kamu pasti akan mendapatkan istirahat yang cukup karena sudah nyaman di kamar tidur.

Ruang Tamu, Pentingnya Me Time

Bukan hanya saat tidur malam, istirahat yang cukup juga berarti meluangkan waktu untuk me time pada siang hari. Meluangkan waktu pada siang hari untuk rehat sejenak sangat penting bagi kesehatan batin juga.

  • Hadirkan elemen alam yang menenangkan

Layaknya di rumah tradisional Jepang, elemen alam yang hadir melalui furniture kayu dan tanaman hias dalam pot penting untuk menghadirkan suasana menenangkan dalam hunian.

  • Bangun area santai khusus untuk me time

Memanfaatkan sudut ruangan kosong sebagai tempat me time bisa menjadi cara ampuh untuk mendapatkan istirahat yang cukup di siang hari. Tak hanya sebagai pojok baca, armchair empuk bisa diletakkan pada sudut ruangan sebagai tempat tidur siang yang nyaman.

Mudah, bukan, untuk mendapatkan istirahat yang cukup? Tak perlu khawatir lagi akan susah tidur, pastikan saja kamu memprioritaskan istirahat yang cukup daripada kebut menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse