Ingin Memasang Lantai Teraso untuk Hunian? Ketahui Plus Minus-nya Berikut!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Dalam dunia bangunan, terdapat berbagai jenis lantai yang kerap digunakan pada hunian, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya. Ambil contoh lantai teraso, jenis lantai yang sempat populer di masa lampau ini kembali menjadi tren untuk melengkapi desain hunian.

Lantai teraso terbuat dari campuran semen dan pasir, di mana bagian atasnya dilapisi dengan bahan keras seperti pecahan marmer. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan lantai teraso untuk hunian? Ketahui lebih lanjut agar kamu bisa menyesuaikan penggunaan lantai teraso dengan kebutuhan hunian.

Lantai teraso ‘kasar’ cocok untuk lantai eksterior

lantai teraso pada jalan setapak depan patungkleincoinc.com

Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa lantai teraso mempunyai dua variasi permukaan: polos mengilap dan kasar. Jika variasi teraso yang polos dan mengilap cenderung licin, material teraso yang kasar terbilang cocok digunakan sebagai lantai untuk eksterior hunian.

Tak hanya akan meminimalisasi risiko tergelincir, saat turun hujan pun akan relatif lebih aman untuk berpijak di lantai teraso yang kasar walaupun ada genangan air. Terpaan sinar matahari juga akan membuat permukaan teraso lebih menonjol sehingga lantai terlihat lebih estetik.

Permukaan lantai teraso antigores

lantai teraso pada interior hunian dengan permadani dan kitchen setexto.london.com

Baik lantai teraso dengan permukaan mengilap atau kasar, keduanya sama-sama memiliki permukaan yang antigores. Kamu pun tak perlu khawatir jika perlu memindahkan atau menggeser aneka furniture dengan bobot berat ataupun sudut tajam pada kakinya. Terlebih bagi kaum hawa, menginjak lantai saat memakai sepatu hak tinggi pun tidak akan menimbulkan masalah besar.

Lebih awet daripada lantai keramik

lantai teraso warna cokelat pada ruangan dengan kursi dan patung cokelatfloorscread.ae

Dibandingkan dengan lantai keramik, kekuatan lantai teraso jauh lebih besar. Tak hanya mampu menopang beban yang cukup berat dalam waktu yang cukup lama, lantai ini tetap terlihat apik pada rumah-rumah lama berusia puluhan tahun. Kekuatan dari material inilah yang mendorong beberapa pabrik dengan alat berat untuk beralih menggunakan lantai teraso.

Ragam corak yang sangat menawan

lantai teraso dengan potongan contoh teraso bentuk kotak dan bundarpinterest.com

Sama seperti keindahan karya seni mozaik, lantai teraso memiliki beragam corak yang sangat menawan berkat tambahan pecahan marmer dalamnya. Tak heran, hunian yang menggunakan teraso sebagai material lantai pun terlihat lebih mewah. Teraso pun menjadi material favorit untuk lantai dari hunian mewah di Indonesia asal Belanda di masa lampau.

Perawatan lantai teraso tergolong mudah

lantai teraso dalam ruangan terbuka rumah dengan dinding putihcheetahcleaning.com

Memiliki lantai marmer berarti kamu harus siap merogoh kocek lebih dalam untuk membeli cairan pembersih khusus dan memoles permukaannya secara rutin. Lain cerita dengan lantai teraso yang perawatannya sangat mudah.

Cukup gunakan kain pel, serta sabun dicampur dengan air hangat. Pel lantai, lalu segera keringkan dengan kain lap. Jangan lupa, sapulah lantai setiap hari supaya debu tidak bersarang di segala sudut permukaannya. Mudah, bukan?

Sayangnya, harga lantai teraso cukup mahal

lantai teraso pada sela-sela pintu geserarchitizer.com

Walaupun lantai teraso dianggap sebagai alternatif lantai marmer yang terlampau mahal, harga material teraso untuk lantai masih tergolong mahal jika dibandingkan dengan sejumlah jenis lantai lainnya seperti ubin keramik. Hal inilah yang membuat sejumlah orang akhirnya beralih ke lantai keramik untuk memangkas pengeluaran saat membangun rumah.

Proses pemasangan lantai teraso cukup rumit

memasang lantai terasopinterest.com

Proses pemasangan lantai teraso tergolong cukup rumit, tidak seperti pemasangan ubin keramik yang cukup direkatkan dengan semen dan diatur ke posisi yang tepat. Untuk mendapatkan permukaan mengilap pada teraso, kamu perlu mencari tenaga profesional untuk menggunakan alat khusus pemoles teraso.

Di balik segala kekurangan yang dimiliki, lantai teraso ini bisa dibilang merupakan pilihan tepat untuk kamu yang mengutamakan kualitas, kekuatan, dan kilap lantai. Proses pemasangan yang rumit dan harga jualnya hanya perlu kamu hadapi di awal. Selanjutnya, kamu bisa menikmati kualitas dan kilap lantai tanpa perlu melakukan perawatan ekstra.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse