Jangan Panik! Ikuti Cara Menghilangkan Karat dari Lapisan Pelindung Krom Ini

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Perhatikan keran kamar mandi atau dapur. Umumnya, keran di Indonesia telah dilapisi dengan krom untuk melindungi logam dari karat.

Namun, apa jadinya jika lapisan krom tersebut tergores atau terkikis? Kerusakan tersebut dapat mengakibatkan timbulnya karat karena logam di bawah lapisan krom bersentuhan langsung dengan kelembapan dan oksigen.

lap keran kamar mandi dengan lapisan krom dan karatshutterstock.com

Jika kamu menemukan karat pada sejumlah peralatan di rumah, jangan khawatir. Ikuti saja cara menghilangkan karat dari lapisan pelindung krom berikut, hanya dengan bahan-bahan sederhana yang sangat mudah ditemukan di pasaran.

Manfaatkan Cairan Asam Lemah

alat kebersihan cuka dalam botol dan lemon untuk menghilangkan karatshutterstock.com

Cara pertama untuk melenyapkan karat pada lapisan krom adalah memanfaatkan cairan asam lemah seperti cuka atau jeruk nipis ataupun lemon. Sebelum menggunakan cairan asam ini, pastikan kamu telah membersihkan area berkarat dari debu dan kotoran dengan menggunakan sabun pencuci piring yang telah dilarutkan dengan air.

Setelah lapisan krom bersih dan kering, silakan oles atau tuangkan cairan asam lemah dan tunggu sekitar 10 menit. Langkah terakhir, lap karat yang telah dibasahi cuka atau jeruk nipis menggunakan spons atau sikat lembut hingga terangkat.

Menghilangkan Karat dengan Aluminium Foil

gulungan aluminium foilyoutube.com

Selain cairan asam lemah, cara efektif lain untuk menghilangkan karat pada lapisan krom adalah memanfaatkan aluminium foil. Pertama-tama, gunting lembaran aluminium foil sekitar 8 cm, lalu celupkan ke dalam air. Setelah itu, gosok karat pada lapisan krom secara lembut hingga larut dan terangkat.

Jika karat membandel, kamu bisa menggunakan kertas aluminium foil yang telah direndam ke dalam minuman bersoda. Adapun, minuman bersoda memiliki kandungan asam karbonat yang dapat menciptakan reaksi kimia dengan oksida besi pada karat sehingga dapat membantumu memusnahkannya dari krom secara mudah.

Membersihkan Karat dengan Minyak Khusus

minyak WD40 disemprotkan ke karat pada palucontractingbusiness.com

Selain cairan asam dan aluminium foil, kamu pun bisa menggunakan minyak WD40, CLR atau CRC untuk menghilangkan karat pada lapisan krom. Cara menggunakannya sangatlah mudah, kamu cukup membersihkan krom terlebih dulu dengan cairan pencuci piring untuk menghilangkan debu dan kotoran, kemudian lap bagian yang berkarat hingga kering.

Setelah itu, oleskan minyak pada lapisan krom yang berkarat dan gosok secara lembut menggunakan sikat. Tak hanya efektif menghilangkan karat, minyak di atas pun dapat membuat krom kembali mengilap!

Kilapkan Krom seperti Mobil dengan Wax

aplikasi lilin mobil pada permukaan mobil hitamnoblerate.com

Setelah kamu melenyapkan karat menggunakan salah satu cara di atas, kamu juga bisa membuat lapisan krom kembali mengilap menggunakan lilin mobil, turtle wax, atau carnauba wax dengan mengoleskannya, menggosoknya dan membiarkannya hingga kering, kemudian mengoleskan wax dan menggosoknya kembali.

Ibu, Manfaatkan Minyak Bayi

minyak bayi dituangkan ke tanganshutterstock.com

Jika kamu sulit menemukan wax, kamu juga bisa memanfaatkan minyak bayi yang mengandung minyak mineral untuk menghaluskan permukaan logam dan memunculkan kilau. Cara ini bisa dilakukan dengan meneteskan minyak bayi pada kain microfiber kering dan bersih, lalu gosok logam dalam gerakan melingkar hingga mengilap.

Lindungi Krom dengan Cat Silver

cat silver metal pada topleskastyles.co

Untuk melindungi lapisan krom, kamu juga bisa menggunakan cat khusus krom berwarna perak. Kamu bisa mengoleskannya secara merata pada bagian cekung akibat karat, lalu gunakan ampelas untuk menghaluskannya. Perlu diingat, berhati-hatilah saat mengampelas krom supaya tidak merusak bagian yang tidak dilapisi cat dan merusak logam yang ada di dalamnya.

Jika lapisan krom pada sejumlah peralatan kamar mandi atau dapur di rumah mulai mengelupas dan terkena karat, sebaiknya kamu segera menghilangkannya karena karat dapat menyebar secara cepat dan membuat logam menggelembung. Selamat mencoba!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse