Awet dan Tahan Lapuk, Ketahui 5 Jenis Kayu untuk Eksterior Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kayu merupakan salah satu material untuk bangunan yang cukup menarik. Selain memiliki kekuatan dan daya tahan yang cukup baik, berbagai jenis kayu juga memiliki warna, tekstur, dan pola yang unik dan khas sehingga kerap dimanfaatkan untuk menambah estetika pada hunian, termasuk untuk eksterior rumah.

Namun, sayangnya tak semua jenis kayu cocok untuk digunakan pada eksterior rumah. Beberapa jenis kayu memiliki kelemahan terhadap cuaca, hama, dan berbagai faktor lainnya sehingga kurang begitu tepat untuk digunakan pada lingkungan luar rumah. 

Lalu, jenis kayu seperti apa yang bisa digunakan untuk eksterior rumah? Berikut beberapa pilihan jenis kayu yang awet dan tahan lapuk sehingga cocok untuk sempurnakan eksterior rumah.

1. Jenis Kayu Jati

jenis kayu jati sebagai dek sekeliling kolam renangshutterstock.com

Jenis kayu jati sudah sangat populer akan kualitas dan juga daya tahan yang dimilikinya sehingga tak heran jika kayu jati cocok untuk digunakan pada eksterior bangunan. Namun, kayu yang terkenal akan kekuatannya ini dipengaruhi juga oleh usia dari pohon jati yang digunakan.

Semakin tua pohon jati, maka semakin kuat dan berkualitas pula kayu jati yang akan dihasilkan. Sayangnya, karena pohon jati memiliki pertumbuhan yang lambat, tidak mudah untuk mencari kayu jati berkualitas dan tentunya jenis kayu jati dengan usia tertentu memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan jenis kayu lainnya.

2. Jenis Kayu Ulin

jenis kayu ulinkaltimber.com

Umumnya, salah satu kekhawatiran dari penggunaan material kayu adalah ketidaktahanannya terhadap air yang bisa membuat kayu menjadi lapuk dan rusak. Namun, hal ini tak berlaku pada kayu ulin.

Banyak yang percaya bahwa kayu ulin justru akan semakin kuat jika terkena air. Bahkan, tak sedikit orang yang menyebut jenis kayu satu ini dengan istilah kayu besi dikarenakan kekuatan yang dimilikinya. Sayangnya, kayu dengan tekstur dan warna yang terang ini kerap memiliki permukaan yang retak-retak dan tidak semulus kayu jati.

3. Jenis Kayu Merbau

jenis Kayu Merbau pada lantaigoogle.com

Kerap dijadikan sebagai pengganti dari material kayu jati, jenis kayu yang cocok untuk eksterior bangunan selanjutnya adalah kayu merbau. Tentu saja, alasan mengapa merbau kerap dijadikan alternatif penggunaan kayu jati adalah kekuatannya yang tak kalah dari kayu jati. 

Salah satu kelemahan dari jenis kayu satu ini adalah warna dan tekstur kayu yang kerap belang dan kontras. Namun, bagi sebagian orang justru hal ini menjadi daya tarik tersendiri dari kayu merbau.

4. Jenis Kayu Damar Laut

lantai dan kursi dari jenis kayu damar lautbukalapak.com

Pilihan material kayu untuk eksterior bangunan selanjutnya adalah kayu damar laut. Jenis kayu ini memiliki sifat keras sehingga sangat sulit untuk diolah. Namun, sifat keras inilah yang menjadikan kayu ini cocok untuk digunakan pada eksterior ruangan atau pada lingkungan outdoor.

5. Jenis Kayu Bengkirai

jenis kayu bengkirai sebagai lantaiosmo.de

Berasal dari Kalimantan, material kayu bengkirai merupakan salah satu material kayu asal Indonesia yang cukup populer digunakan untuk eksterior bangunan. Dikenal juga dengan nama kayu barau, jenis kayu satu ini memiliki kekuatan yang sangat baik untuk digunakan pada outdoor meskipun memiliki sifat getas atau mudah retak-retak pada bagian permukaannya.

berbagai jenis kayu berbentuk kotak sampelshutterstock.com

Perlu diingat, meskipun memiliki daya tahan lebih baik dibandingkan dengan berbagai jenis kayu lainnya, tetap diperlukan perawatan ekstra untuk menjaga daya tahan kayu yang kamu gunakan di luar ruangan. Terlepas dari kayu mana yang digunakan, tetap berikan pelapis kayu untuk menjaga ketahanan kayu dari berbagai hal yang mampu membuatnya lapuk dan lakukan perawatan berkala.

Selain antilapuk dan tahan terhadap cuaca, berbagai jenis kayu yang cocok untuk eksterior bangunan tersebut juga memiliki tampilan alami yang sangat estetik sehingga bisa membuat tampilan fasad rumah menjadi semakin menarik. Material kayu mana yang paling cocok untuk eksterior rumahmu?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse