7 Desain Ruangan dengan Tembok Bata untuk Kesan Industrial yang Kental

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kini, ada banyak sekali pilihan finishing untuk dinding atau tembok rumah. Setiap pilihan material mampu memberikan karakter dan gaya desain yang berbeda-beda. Untuk kamu yang ingin mengadopsi gaya industrial dalam hunian, tembok bata adalah salah satu pilihan favorit untuk menghadirkan kesan industrial yang kental. 

Lebih dari sekadar estetika ikonik dari gaya industrial, tembok bata memiliki karakter yang sangat kuat sehingga pantas untuk dijadikan fokus ruangan. Penasaran cara menyempurnakan desain rumah industrial? Intip beragam inspirasi desain ruangan industrial yang memanfaatkan tembok bata berikut.

1. Kesan natural dengan perpaduan tembok bata dan material alam

tembok bata dengan lantai kayu di ruang tamuflikandcompany.com

Banyak yang beranggapan penggunaan tembok bata memerlukan keberanian karena karakternya yang sangat dominan sehingga akan membuat suasana ruangan menjadi lebih kaku dan dingin, khas gaya industrial. Namun, untuk membuat suasana interior ruangan menjadi lebih homey dan hangat, kamu bisa mencoba memadukannya dengan material kayu natural, seperti pada lantai kayu di atas ataupun pada elemen ruang lainnya seperti plafon.

2. Tampilan bata putih dalam ruangan monokrom

tembok bata putih pada ruang keluarga bertema monokromhome-designing.com

Tembok bata identik dengan warna kemerahan khas material batu bata. Namun, jika kamu ingin menghadirkan kesan lebih kekinian pada interior ruangan, tak ada salahnya untuk mengubah warna tembok dengan menggunakan cat, seperti pada dinding bata putih di atas. Agar kesan monokrom lebih terasa, padukan dengan furnitur dan dekorasi berwarna hitam atau putih.

3. Sentuhan plester yang unfinished pada tembok bata

tembok bata dengan plester tidak rata pada sisi dapurkbbark.com

Penggunaan tembok bata ekspos kerap diaplikasikan pada interior industrial untuk memberikan kesan unfinished. Jika kamu ingin kesan industrial yang lebih dramatis pada ruangan, coba aplikasikan lapisan plester hanya pada sebagian dinding bata. Biarkan sisa ruangan dengan desain polos agar dinding tersebut menjadi focal point seperti pada dapur di atas.

4. Grafiti dari cat semprot pada tembok bata

tembok bata dengan grafiti cat semprot dalam kamar tidurelenaelier.com

Tembok bata juga bisa dirancang agar lebih sesuai untuk kamar tidur remaja. Pilih pola mural untuk diaplikasikan dengan cat semprot ke dinding bata. 

Kamu bisa bebas berkreasi menambahkan gambar, pola, atau apapun pada tembok untuk tampilan yang lebih dinamis. Jika kamu inginkan kesan industrial yang lebih kuat, kamu bisa aplikasikan variasi lukisan mural, seperti yang sering ditemukan di jalanan, pada tembok bata di rumahmu.

5. Perpaduan Tembok Bata dan Keramik

tembok bata dengan lantai keramik pada kamar mandipinterest.com

Siapa bilang tembok bata tidak bisa kamu kombinasikan dengan material finishing dinding yang kontras dan lebih modern? Contohlah inspirasi desain bata ekspos pada kamar mandi ini, di mana bata pada tembok dipadukan dengan keramik pada dinding dan lantai. Selain mengandalkan kontras antar dua material yang berbeda, kamu juga bisa melakukan tabrak pola pada keramik dan bata untuk berikan citra lebih dinamis dan berani pada interior industrial.

6. Tembok bata hitam yang elegan

tembok bata warna hitam pada ruang keluarga dengan skema warna gelaphome-designing.com

Gaya industrial juga bisa terlihat elegan dengan menggunakan tembok bata. Salah satunya adalah dengan melapiskan cat warna hitam pada bata dan memadukannya dengan berbagai furniture. Kombinasi warna gelap dengan turunan warna yang senada takkan pernah gagal menghadirkan kesan elegan dan berkelas pada ruangan.

7. Tembok bata sebagai statement wall

tembok bata pada sisi dinding sebelah tangga sebagai statement walldecoist.com

Karakternya yang kuat juga menjadikan tembok bata menjadi salah satu cara yang tepat untuk hadirkan statement wall pada ruangan. Cukup dengan mengaplikasikan bata ekspos pada salah satu sisi dinding, kamu sudah bisa menarik perhatian serta memberikan focal point yang menarik pada interior ruangan.

Setelah melihat berbagai inspirasi desain tembok bata yang memukau di atas, apakah kamu sudah menemukan aplikasi bata yang sesuai dengan ruangan industrial untuk rumahmu? Jangan lupa, kamu juga bisa berkonsultasi dengan jasa desainer interior ternama agar tema industrial yang diangkat lebih sempurna.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse