Ingin Nyaman di Rumah Sendiri? Ikuti 5 Tips Ini Agar Bebas dari Gangguan Tetangga

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Untuk memiliki hunian yang nyaman, faktor lingkungan memiliki peranan tak kalah penting. Seringkali, penyebab kenyamanan rumah menjadi terganggu berasal dari tetangga rumahmu!

Walaupun bisa saja tidak disengaja, terkadang ada waktu di mana kamu hanya ingin santai di rumah tanpa terganggu oleh suara tetangga. Namun, bukan berarti hal tersebut tidak bisa dihindari.

Dengan rancangan rumah yang baik serta persiapan yang tepat, gangguan dari tetangga sebenarnya bisa dicegah, atau paling tidak diminimalisir. Yuk, ikuti tips dan trik merancang rumah dan bersosialisasi agar bebas dari gangguan tetangga!

Pastikan dinding rumah double atau tidak menyatu dengan dinding tetangga

dinding rumah pisah dari rumah tetanggascyon.com.au

Pada perumahan-perumahan tertentu yang memiliki penataan rumah berdempet, dinding rumah dan dinding tetangga kerap menggunakan dinding yang sama. Hal ini tentu menjadi pilihan, tak cuma untuk mempercepat proses pembangunan namun juga menghemat biaya. Namun, berbagi dinding umumnya takkan berakhir dengan baik.

Dengan dinding yang tipis, kebisingan dari tetangga bisa saja terdengar hingga ke rumahmu. Jika mereka memaku tembok atau bahkan merusak tembok, maka tembok rumahmu bisa juga terkena dampak. Untuk itu, jika kamu memiliki rumah yang berdempetan, bangunlah dinding rumahmu sendiri sehingga dinding yang berbatasan dengan tetangga adalah double wall.

Pagar rumah yang baik dan memadai

pagar rumah jauh dari tetanggablogspot.com

Model pagar rumah yang memadai bisa membantumu terhindar dari tetangga usil dan juga meningkatkan faktor keamanan. Namun, bukan berarti kamu cukup membangun pagar setinggi mungkin. Pagar yang tinggi, baik di bagian depan dan juga samping. justru akan menutup alur masuk angin dan juga cahaya sehingga rumah menjadi tidak nyaman. 

Untuk itu, bangunlah pagar secukupnya. Untuk memberikan perlindungan ekstra dari tetangga usil, kamu bisa menambah railing besi berduri. Atau, menggunakan tanaman bambu pada pagar samping untuk menambah pertahanan rumah juga bisa jadi alternatif baik yang takkan merusak pemandangan dan menutup sirkulasi udara dan cahaya.

Pastikan semua sistem limbah dan utilitas lainnya terpisah dengan layak

tangan memegang gagang merah saluran limbahparadisevalleyseptic.com

Saat membeli properti rumah di sebuah komplek perumahan, terkadang terdapat sistem utilitas yang sengaja digabung antar tetangga untuk menghemat biaya pembangunan. Pastikan rumahmu tidak memiliki sistem utilitas seperti ini.

Tak ada salahnya lakukan sedikit renovasi guna menghindari konflik dengan tetangga di kemudian hari. Dengan tergabungnya sistem utilitas, permasalahan di rumah mereka bisa juga berakibat pada utilitas di rumahmu dan juga sebaliknya.

Lengkapi rumah dengan pengamanan ekstra

kamera cctv rumah aman dari tetanggahg-security-systems.co.uk

Setelah desain rumah kamu telah dirancang sedemikian rupa untuk mencegah gangguan tetangga, tak ada salahnya menambah sistem keamanan di rumahmu dengan kamera pengintai atau kamera CCTV. Dengan adanya pengawasan tambahan ini, kamu bisa memantau berbagai aktivitas mencurigakan yang terjadi di sekitar rumahmu, terutama jika rumah ditarget oleh maling!

Tetap bangun hubungan yang baik dengan tetangga

dua pria berbicara dengan tetanggashutterstock.com

Untuk bebas dari gangguan tetangga, membuat desain rumah yang terlalu tertutup tak selalu menjadi solusi terbaik. Kamu tetap perlu membangun hubungan komunikasi yang baik dengan setiap orang yang tinggal di lingkungan sekitar rumah.

Jadi, pastikan pagar rumah tak terlalu tertutup sehingga kamu masih bisa menyapa tetangga dan cobalah berkenalan untuk membangun hubungan sebaik mungkin agar pada akhirnya, antar penghuni lingkungan menjadi saling menjaga satu sama lain.

ilustrasi tetangga dalam perumahanshutterstock.com

Itulah berbagai tips yang bisa kamu ikuti agar rumah tetap nyaman tanpa gangguan dari tetangga yang usil ataupun menyebalkan. Jangan lupa agar selalu membangun hubungan yang baik dengan semua orang di sekitar rumah. Jaga komunikasi dan selalu hargai keberadaan tetangga rumahmu, karena di lain kesempatan, kamu mungkin memerlukan bantuannya!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse