Arsitektur Lanskap, Jangan Samakan dengan Arsitektur pada Umumnya!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Arsitektur erat kaitannya dengan desain atau konstruksi suatu bangunan. Lain halnya dengan arsitektur, arsitektur lanskap mempunyai fokus yang berbeda, yaitu pada tatanan lingkungan atau area di luar bangunan.

Walaupun terdengar mirip dan sama-sama berpengaruh terhadap perencanaan atau desain suatu area, perlu diperhatikan bahwa arsitektur lanskap hampir sama pentingnya dengan arsitektur pada umumnya. Ketahui lebih dalam mengenai perbedaan arsitektur dengan arsitektur lanskap berikut.

Arsitektur Lanskap, Arsitektur dalam Lingkup Mikro

denah rancangan arsitektur lanskap pada kertassite-design.com

Dari segi definisi, tentunya kamu mengetahui apa itu arsitektur. Arsitektur adalah ilmu dan seni perencanaan dan perancangan lingkungan, mulai dari lingkup makro seperti perancangan kota, kawasan lingkungan dan lanskap hingga lingkup mikro, misalnya arsitektur bangunan, interior, dan lain sebagainya.

Dari lingkup pengerjaan arsitektur makro dan mikro, kita bisa mengetahui kalau arsitektur lanskap adalah bagian dari seni arsitektur dalam lingkup makro. Walaupun keduanya bergelut di bidang desain, arsitektur umumnya fokus pada perencanaan bangunan, sedangkan arsitektur lanskap fokus pada desain area outdoor.

Tanggung Jawab dan Peran Arsitek

arsitek merancang arsitektur lanskap pada denahlansonbjones.com

Bekerja sebagai arsitek, baik di bidang arsitektur ataupun arsitektur lanskap, adalah sebuah profesi yang menuntut ilmu pasti dan ketelitian. Kedua profesi ini juga membutuhkan pengetahuan yang berkaitan dengan regulasi lingkungan dan kode etik tata bangunan dalam pekerjaannya.

Arsitek-arsitek, baik di bidang arsitektur ataupun arsitektur lanskap, juga harus sering bertemu dan mendiskusikan proyek pengerjaan dengan klien, sambil juga mempersiapkan proposal dan anggaran yang tepat. Mereka juga adalah sosok-sosok yang terlibat langsung pada setiap tahap proyek, mulai dari perencanaan hingga eksekusi.

arsitektur lanskap taman dengan dek kayu dan pasir di samping jembatanpinterest.com

Kembali lagi, fokus dari profesi ini akan berbeda di mana arsitektur diperlukan pada proyek properti perumahan atau perkantoran, sedangkan arsitektur lanskap pada perencanaan area luar sekitar struktur perumahan atau perkantoran. Maka dari itu, seorang arsitek lanskap harus memikirkan desain lingkungan yang bisa melengkapi dan memperindah area sekeliling bangunan utama secara keseluruhan.

Miskonsepsi Arsitektur Lanskap

arsitektur lanskap taman dengan jalan setapakarchisoup.com

Mendengar istilah arsitektur lanskap, mungkin banyak yang langsung mengira kalau profesi ini erat kaitannya dengan urusan dunia tanaman atau tukang kebun profesional. Penting untuk diperhatikan bahwa arsitektur lanskap adalah seni yang sesungguhnya sangat luas, dengan skala proyek yang cukup bervariasi pula.

Tak jarang, arsitektur lanskap bisa mencakup sebuah area yang luas dengan konsep urban, fasilitas umum, manajemen dan tata air, ruang terbuka hijau, desain saluran air, hingga detail konstruksi. Bisa dibilang, seni arsitektur ini cukup vital fungsinya dalam menentukan ruang publik yang ramah pakai dan juga punya kontribusi yang tinggi terhadap masyarakat.

Lingkup Pembangunan Lebih Luas

arsitektur lanskap taman dengan jalan setapak dan kolam airmethod.com.sg

Arsitektur lanskap juga berperan penting dalam pembangunan sebuah negara secara global. Di Indonesia, ilmu arsitektur lanskap atau bentang alam tidak hanya pada penataan berbasis lahan, tetapi juga mementingkan sifat daerah tropis, memperhitungkan iklim dan potensi bencana alam. Seni arsitektur ini juga memadukan antara kepentingan alam dan manusia.

Oleh karena itu, seni arsitektur lanskap tidak boleh lagi dipandang sebelah mata atau diremehkan. Tujuan dari seni arsitektur ini akan membawa banyak keuntungan baik secara jangka pendek maupun jangka panjang, antara lain  meningkatkan keindahan, keselarasan, kenyamanan dan keamanan lingkungan.

Manfaat Arsitektur Lanskap

rancangan arsitektur lanskap di tengah gunung penuh hutanaasarchitecture.com

Secara jangka panjang pula, arsitektur lanskap bisa menyelamatkan dan memperbaiki lingkungan karena bisa didesain sedemikian rupa untuk membantu pemenuhan kebutuhan manusia dalam memanfaatkan kebutuhan lahan yang efisien, tanpa merusak sumber daya alam yang ada dan menunjang kehidupan sosial ekonomi.

Terakhir, arsitektur lanskap akan bisa menciptakan tempat tinggal yang lebih baik daripada sebelumnya, baik dari segi kependudukan, hubungan dengan alam yang lebih baik dan struktur kualitas hidup yang semakin memuaskan.

arsitektur lanskap di samping bangunan pencakar langitlandezine.com

Arsitek lanskap kini makin dicari karena tak hanya bangunan semata, penampilan sekeliling bangunan tersebut juga dituntut agar mengusung nilai estetika pula. Setelah mengetahui perbedaan arsitektur lanskap, apakah kamu tertarik untuk mempelajarinya?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse