Sebelum Menggunakan Cat Semprot, Kamu Perlu Tahu 8 Hal Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Umumnya digunakan pada lukisan mural ataupun grafiti, cat semprot dalam kemasan kaleng aerosol menjadi inovasi yang memudahkan penggunanya saat ingin mengecat secara lebih instan dan efektif. Selain itu, terdapat cat semprot dengan penambahan bentuk pistol yang biasa digunakan para tukang untuk mengecat suatu permukaan dengan lebih cepat.

Walaupun terkesan mudah, tapi ada beberapa hal yang wajib kamu tahu sebelum menggunakan cat semprot. Jangan anggap remeh hanya karena tinggal semprot, ketahui cara penggunaan cat semprot yang tepat untuk hasil yang lebih sempurna.

Strategi Pelan tapi Pasti

pria menggunakan cat semprot pada papan kayushutterstock.com

Jangan tergesa-gesa saat menggunakan cat semprot. Satu-satunya cara untuk memastikan agar hasil warna cat tidak luntur pada permukaan vertikal adalah dengan menyemprot lapisan pertama yang lebih tipis dan biarkan kering dahulu sebelum lanjut mengecat.

Strategi terbaik dengan cat semprot adalah beri coating dulu pada setiap permukaan vertikal. Cukup semprot sedikit saja supaya cat tidak luntur, lalu lanjutkan dengan bagian horizontal. Ulangi dengan pola yang sama, bukan acak supaya ada waktu pengeringan cat semprot yang maksimal untuk hasil yang semakin rata.

Jangan Mengayun Cat Semprot

jangan mengayun cat semprothandyman.com

Mengayun mungkin terasa seperti gerakan yang natural saat menggunakan cat semprot, yaitu sedikit naik turun saat menyemprot dari satu sisi ke sisi lainnya. Tetapi, sebaiknya kalian menghindari gerakan mengayun dan mencoba menyemprot secara paralel atau garis lurus. Hasilnya, permukaan cat akan lebih rapi dengan warna yang lebih merata.

Tumpuk Lapisan Cat

menggunakan cat semprot biru dengan setengah lapisan menumpukhandyman.com

Saat mengecat permukaan dengan cat semprot, maka akan ada bagian atas atau sebelumnya yang tertimpa. Untuk memastikan bahwa lapisan cat akan terlihat rata secara keseluruhan, pastikan kamu posisikan lapisan cat selanjutnya agar menumpuk sekitar 50 persen dari lapisan sebelumnya.

Dengan begitu, setiap lapisan cat semprot optimalnya akan terdiri dari dua tumpukan lapisan cat yang sama sehingga warna tampak lebih nyata dan merata.

Pakai Gagang Cat Semprot Khusus

gagang pegangan pistol cat semprot kalengamazon.com

Kemasan cat semprot umumnya adalah berbentuk tabung tinggi dengan tombol pencet kecil di atasnya. Jika ingin digunakan untuk proyek DIY besar, maka disarankan agar kalian memasang pegangan khusus cat semprot yang berupa gagang tambahan atau aplikator. Dengan demikian, jari tidak akan kaku dan presisi pengecatan juga makin optimal.

Jangan Lupa Gunakan Masker Muka

masker hidung dan mulut untuk cat semprotglidden.com

Partikel kimia dari cat semprot mudah bercampur dengan udara sehingga wajib bagi kamu untuk menggunakan masker muka saat mengecat. Komposisi zat kimianya berbahaya bagi paru-paru dan saraf tubuh.

Memindahkan pengerjaan pengecatan ke area terbuka dikhawatirkan merusak permukaan cat semprot karena dihinggapi serangga atau debu. Lebih baik bekerjalah dalam ruangan dengan jendela dan pintu terbuka, dan jangan lupa memakai masker muka.

Alat Bantu? Boleh Banget!

menggunakan cat semprot pada bingkai foto kayu di atas piringan putarhomeright.com

Menggunakan alat bantu dalam pemakaian cat semprot cukup efektif, misalnya roda putar sebagai poros utama saat mengecat dari segala arah. Beberapa ahli cat juga akan menyangga furniture dengan alat bantu misalnya paku supaya area kecil di bagian bawah tertutupi cat dengan menyeluruh.

Gunakan Primer Sebelumnya

menggunakan cat dasar putih atau primer pada meja kayuthespruce.com

Primer atau cat dasar adalah lapisan yang bisa membuat permukaan lebih rata dan halus. Kalian bisa menggunakan primer untuk mendempul lubang atau bekas gesekan, sebelum akhirnya menutup dengan cat semprot. Menggunakan kertas pasir untuk menghaluskan permukaan sebelum dilapisi cat dasar juga cukup efektif untuk hasil pengerjaan cat yang terbaik.

Gunakan Dua Kaleng Sekaligus

menggunakan dua kaleng cat semprot warna biru sekaligushandyman.com

Jika kamu sudah mulai ahli dalam menggunakan cat semprot, coba hemat waktu dengan menggunakan dua kaleng sekaligus. Pegang satu kaleng di masing-masing tangan dan semprot dengan pola gerakan yang sama.

Kalau masih kurang yakin dengan keahlianmu, coba latihan dulu di kardus ataupun permukaan barang bekas. Cari inspirasi dari video online mengenai teknik penggunaan cat semprot jika masih bingung.

berbagai kaleng cat semprot warna warnishutterstock.com

Cat semprot memang terbilang inovasi yang memudahkan pengguna yang ingin mengecat suatu permukaan dengan lebih cepat dan praktis. Namun, tak ada salahnya mempelajari cara menggunakan jenis material cat ini agar mendapatkan lapisan cat dengan warna yang merata.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse