[Bersama Kania] 5 Perlengkapan Saniter yang Harus Ada di Kamar Mandi

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Berbicara soal kamar mandi, ruangan dalam hunian ini bisa kita katakan sebagai ruangan yang wajib ada di sebuah hunian. Apabila ruangan ini tidak ada, kamu tidak memiliki tempat untuk membersihkan tubuh hingga membuang air kecil dan besar.

Supaya segala aktivitas di kamar mandi bisa berjalan dengan baik, ruangan ini harus memiliki beberapa perlengkapan saniter. Perlengkapan saniter yang ditawarkan pun sudah mulai beraneka ragam, dari sisi model hingga teknologi yang ditawarkan. Kali ini, Kania akan membahas lima perlengkapan kamar mandi yang harus kamu miliki dalam hunianmu. Yuk, simak baik-baik di bawah ini!

Bak mandi

bathtub dalam kamar mandi nuansa birushutterstock.com

Zaman dulu, bak mandi tradisional banyak digunakan untuk menampung air. Namun seiring berjalannya waktu, terdapat bak mandi lain yang kita sebut sebagai bathtub. Fungsinya mirip, menampung air juga. Namun, penggunaan bathtub lebih dikhususkan untuk relaksasi.

bathtub atau bak mandi warna putih

Chrysolite Bathtub Clementine 172

Rp4,563,000

Baik bak mandi tradisional maupun bathtub biasanya terbuat dari keramik dan marmer. Material tersebut dipilih agar keduanya bisa dibersihkan dengan mudah.

Lihat Bathtub Lainnya

Shower

pancuran air keluar dari shower mandishutterstock.com

Perlengkapan kamar mandi yang satu ini dianggap menjadi solusi bagi mereka yang memiliki luasan kamar mandi yang terbatas. Tak harus menggunakan bathtub, penghuni bisa tetap membersihkan tubuhnya melalui pancuran air yang dikeluarkan oleh shower.

shower kamar mandi bentuk kotak

AER Shower Tembok / Wall Shower WS-19 Shower Tembok / Wall Shower WS-19

Rp450,000

Terdapat dua jenis shower kamar mandi, shower dinding dan yang bisa diambil gagangnya. Apapun jenisnya, shower menawarkan pancuran air yang menyegarkan seperti air hujan. Besaran air bisa disesuaikan sesuai selera. Biasanya, shower dipasang di bagian ujung kamar mandi agar tidak membasahi area kloset.

Lihat Shower Head Lainnya

Kloset

kloset duduk di kamar mandishutterstock.com

Sebuah kamar mandi tidak akan lengkap apabila tidak ada kloset. Perlengkapan yang berfungsi sebagai tempat pembuangan air besar dan kecil ini memiliki dua jenis, kloset duduk dan jongkok. Meskipun kloset jongkok lebih dianjurkan karena membantu sirkulasi pembuangan air besar, beberapa orang lebih suka kloset duduk karena kenyamanan yang ditawarkan.

kloset duduk warna putih

TOTO Kloset Cw660Nj/Sw660J Eco Washer Hemat Air – Tutup Pelan & Semprotan

Rp3,700,000

Apabila kamu lebih suka kloset duduk, ada baiknya kamu menyediakan kursi dingklik. Saat duduk, letakkan kaki di atas dudukan agar proses pembuangan air besar makin lancar.

Lihat Kloset Lainnya

Shower Kloset

jet spray dekat kloset dudukshutterstock.com

Selain shower kamar mandi, alat lain yang memiliki cara kerja yang serupa adalah jet spray atau shower kloset. Terletak di sebelah kloset, jet spray dikhususkan untuk membersihkan diri usai buang air kecil dan besar. Selain itu, jet spray juga berguna untuk membersihkan bagian dalam kloset serta membantu kamu melakukan cara membersihkan WC mampet.

shower kloset kamar mandi

American Standard Jet Washer Hygienic Spray F074H002

Rp294,500

Teknologi yang ditawarkan jet spray lebih menghemat ruang di kamar mandi karena kamu tidak perlu repot menyediakan satu ember berisi air di sebelah kloset lagi. Besar kecilnya arus air pun bisa diatur sesuai seleramu, baik melalui keran maupun penekan jet spray.

Lihat Shower Kloset Lainnya

Wastafel

wastafel putih di kamar mandipinterest.com

Berguna untuk mencuci tangan, muka, dan area untuk menyikat gigi, wastafel biasanya terletak di dalam kamar mandi atau di luar dekat pintu kamar mandi. Modelnya pun sekarang mulai beraneka ragam, mulai dari model melayang, berkaki, dan mangkuk. Ada juga wastafel yang terbuat dari kaca, keramik, dan stainless steel.

wastafel kamar mandi putih dengan sikat gigi biru merah

IKEA LILLANGEN Wastafel single, putih

Rp1,599,000

Tak lengkap rasanya apabila wastafel tidak dilengkapi cermin. Cermin membantu saat sedang menyikat gigi atau mencukur kumis dan janggut. Untuk sentuhan akhir, menyediakan rak penyimpanan dekat wastafel juga akan membuat area pencucian lebih rapi.

Lihat Wastafel Lainnya

Kamu sudah punya kelima perlengkapan saniter kamar mandi di atas? Supaya bisa bekerja lebih baik, rajinlah menjalankan cara membersihkan kamar mandi yang tepat minimal seminggu sekali. Kamar mandi bebas kuman dan kamu pun bisa mandi dengan lebih nyaman.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse