Bata Merah, Batako Press, dan Bata Ringan, Apa Bedanya?

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Batu bata merupakan salah satu material bangunan yang sangat populer. Biasanya, batu bata merah yang ikonik ini sering ditemukan sebagai bahan konstruksi tembok, pagar ataupun elemen rumah lain karena sangat mudah ditemukan dan harganya yang cukup ekonomis.

Seiring perkembangan teknologi, saat ini tak hanya batu bata merah saja yang bisa kamu gunakan. Saat ini, terdapat variasi lain dari batu bata yang bisa kamu sesuaikan menurut kebutuhan kamu saat membangun rumah.

Melalui artikel ini, Kania akan mengajak kamu memahami perbedaan antara bata merah, batako press dan bata ringan berikut kekurangan dan kelebihannya sehingga tak salah memilih.

Bata Merah

dinding bata merah dalam ruang tamu dengan rosterhome-designing.com

Batu bata merah merupakan material bangunan paling umum karena sangat mudah ditemukan di pasaran. Bata merah terbuat dari tanah liat yang melewati proses pembakaran dengan suhu tinggi hingga keras dan mengering dalam bentuk balok persegi panjang. 

Memiliki identitas warna kemerah-merahan, alasan lain bata merah begitu populer adalah ketahanan yang sudah sangat teruji. Di luar dari itu, bata merah memiliki keunggulan dan kekurangan yang tentunya bisa kamu pertimbangkan supaya proses pembangunan rumah berjalan lebih efisien.

Kekurangan Bata Merah

menata bata merah menjadi dinding dengan semenshutterstock.com

Dalam pemasangannya, bata merah terlihat sulit tertata rapi sehingga memakan waktu lebih lama dalam pengerjaan. Tak hanya itu, membangun dinding bata merah memerlukan material perekat yang banyak sehingga membuat pengeluaran lebih boros.

Jika ingin bangunan tahan cuaca, sebaiknya hindari menggunakan material bata merah karena dapat membuat suhu ruangan tidak stabil. Tak hanya mudah menyerap panas saat musim panas, ia juga mudah menyerap dingin saat musim dingin.

Kelebihan Bata Merah

dinding bata merah ekspos dalam ruang keluarga lantai kayuhome-designing.com

Alasan utama dari kepopuleran bata merah terletak pada harganya yang sangat ekonomis. Ia pun hanya memerlukan bahan perekat yang simpel, seperti pasir dan semen instan.

Ukuran bata merah yang kecil membuatnya mudah diangkut atau dianggap lebih portabel. Tak perlu tukang khusus, jasa kontraktor umum juga sudah memadai untuk menyusun bata merah dengan baik.

Batako Press

batako press pada dinding sekeliling taman rumaharchdaily.com

Selain bata merah, bahan bangunan lain yang saat ini sedang populer adalah batako press. Umumnya, batako press dibuat menggunakan campuran pasir kasar dan semen yang dicetak padat, namun ada pula produsen yang memakai campuran kapur, batu bara, semen hingga batu tras.

Adapun, kekurangan dan kelebihan dari batako press bisa kamu lihat di bawah ini:

Kekurangan Batako Press

tumpukan batako pressshutterstock.com

Tak seperti bata merah, batako press memiliki rongga di tengah balok sehingga mudah retak. Ia pun mudah menyerap panas sehingga kurang cocok untuk digunakan dalam interior hunian tropis.

Kelebihan Batako Press

batako press pada dinding tamancssltd.co

Tak perlu cat anti bocor lagi, batako press tahan air. Walaupun memiliki ukuran lebih besar dibanding bata merah, ukuran setiap batako seragam sehingga tampak rapi saat ditumpuk menjadi dinding.

Ukuran batako yang lebih besar dari bata merah berarti ia memerlukan material perekat yang lebih sedikit dan dapat menghemat waktu saat pembangunan. 

Bata Ringan 

bata ringan pada dinding ruang terbuka dalam rumaharchdaily.cn

Salah satu variasi batu bata selain bata merah adalah bata ringan. Bahan bangunan yang satu ini kerap dipakai untuk meringankan struktur bangunan.

Diproduksi menggunakan mesin dengan karakter material yang halus, bata ringan memiliki tingkat kerataan lebih baik jika dibandingkan dengan bata merah dan batako press. Terbuat dari kombinasi material seperti semen, kapur, pasir kuarsa, alumunium, gipsum dan air, bata ringan juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan.

Kekurangan Bata Ringan

bata ringan diketuk dengan palushutterstock.com

Bata ringan memerlukan ahli khusus yang teliti agar bisa memasangnya dengan tepat dan rapi. Selain itu, harganya pun lebih mahal dibanding material bata lainnya seperti bata merah dan batako press.

Kelebihan Bata Ringan

bata ringan hebel pada dinding bangunan rumahentryhouse.com

Memiliki kualitas dan ukuran seragam, hasil dari penataan batu ringan terlihat lebih rapi. Ia pun tidak memerlukan material perekat yang banyak sehingga menghemat anggaran.

Tak hanya tahan air, dinding dari bata ringan juga cocok dijadikan peredam suara. Ia pun memiliki durabilitas yang baik sehingga tahan lama. Berukuran sangat ringan, waktu yang diperlukan untuk menata bata ringan pun lebih singkat.

Masing-masing variasi batu bata di atas memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri untuk disesuaikan menurut kebutuhan kamu. Jangan lupa, pahami dengan matang perbedaan dari variasi batu bata di atas agar dapat mempunyai rumah impian yang estetik dan fungsional.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse