Umum Digunakan, Kenali Bahan PVC, Kelebihan, dan Aplikasinya pada Hunian

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

PVC merupakan salah satu bahan yang digunakan secara luas dalam kehidupan sehari-hari. Baik di rumah ataupun kantor, kamu bisa menemukan aneka produk bahan PVC secara mudah, mulai dari konstruksi, fesyen, furniture, hingga mainan.

Walaupun umumnya dikaitkan dengan pipa PVC, bahan PVC memiliki beragam kelebihan yang menjadikannya sesuai untuk berbagai aplikasi dalam hunian.

Mengenal Bahan PVC Secara Detail

tumpukan pipa warna hijau biru muda dari bahan pvcthinkpipesthinkpvc.com.au

Bahan PVC merupakan singkatan dari polivinil klorida atau seringkali disebut vinyl. Ia telah dimanfaatkan secara luas sejak pertengahan abad ke-20 karena memiliki banyak sekali kelebihan. Bahkan, bahan PVC termasuk polimer termoplastik dengan jumlah pemakai terbanyak ketiga di dunia setelah bahan polietilena dan polipropilena.

Adapun, alasan penggunaan bahan PVC yang begitu luas adalah harganya yang sangat murah sehingga sangat diandalkan untuk memproduksi berbagai jenis produk. Terkait produksi, ia menggunakan cara polimerisasi monomer vinil klorida. Dengan massa sebesar 57 persen yang merupakan klor, bahan PVC pun memakai bahan baku minyak bumi paling rendah ketimbang material lainnya.

Melewati serangkaian proses pembuatan, bahan PVC memiliki penampakan resin yang identik dengan tepung terigu. Sama halnya dengan tepung terigu, resin dari PVC tak bisa langsung digunakan, namun harus diolah dan dicampurkan dengan berbagai zat aditif lain sehingga menjadi aneka produk yang sering kita temukan setiap hari.

Kelebihan dari Bahan PVC

ruangan keluarga dengan plafon dari bahan PVCsunbeamceiling.com

Selain harganya yang murah untuk meminimalisir biaya produksi sebuah produk, bahan PVC juga memiliki sederet kelebihan lain seperti durabilitas yang sangat prima, ringan, tahan terhadap api, tahan bahan kimia, tahan panas, serta dapat dibentuk secara elastis dan fleksibel dengan menambahkan plasticizer. Hal inilah yang menyebabkan PVC sering digunakan dalam hunian seperti pada plafon PVC di inspirasi di atas.

Kekurangan dari Bahan PVC

memasang kerangka jendela putih dari bahan pvcyoutube.com

Meskipun menawarkan banyak kelebihan, namun bahan PVC juga memiliki beberapa kekurangan sehingga harus kamu perhatikan penggunaannya. Pertama, material ini tergolong yang paling sulit didaur ulang sehingga tidak ramah terhadap lingkungan. Sementara untuk keperluan konstruksi, pemasangan material dengan bahan baku PVC memerlukan penanganan khusus supaya hasilnya rapi dan tidak mengganggu.

Aplikasi PVC di Hunian

meja dari bahan pvc dengan sambungan hijauhgtv.com

Tanpa kita sadari, bahan PVC merupakan salah satu material yang mungkin paling sering kita temukan dalam keseharian. PVC digunakan secara luas pada berbagai produk, mulai dari plafon yang tahan terhadap rayap dan bocor serta tersedia dalam berbagai motif, pipa air, material pembungkus kabel, aneka perabotan seperti kursi dan meja, selimut, karpet, pakaian, tas, kemasan pembungkus, botol minum, hingga mainan anak.

Kiat Membersihkan Perabotan Bahan PVC

kursi dan meja warna-warni dari bahan pvcturbosquid.com

Untuk kamu yang kerap menggunakan produk dari PVC, terdapat sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat bahan PVC tersebut sehingga lebih awet dan tahan lama. Jika produk terkena noda, kamu bisa membersihkannya menggunakan sabun lembut, seperti sabun cair atau sabun mandi untuk bayi.

Pertama-tama, silahkan campurkan sabun dengan air, lalu celupkan kain bersih ke dalam campuran larutan tersebut. Jika sudah, silahkan lap produk dari bahan PVC tersebut menggunakan kain secara lembut hingga noda menghilang.

dekorasi taman dari bahan pvc berupa tongkat permen di semak-semakinstructables.com

Selain itu, hindari paparan sinar matahari langsung secara terus-menerus pada produk dari bahan PVC karena sangat rentan terjadi kerusakan. Jika basah, kamu bisa menyimpannya di tempat teduh dan mengelap permukaan basah menggunakan lap kering. Jangan lupa, simpan mereka dalam tempat yang sejuk dan bersih.

Untuk keperluan rumah, tentu saja bahan PVC sangat bisa diandalkan karena mampu menghasilkan aneka perabotan dan dekorasi cantik dengan banderol ekonomis. Lantas, apa saja produk dari PVC yang rutin kamu gunakan?

Jangan lupa kunjungi laman Dekoruma untuk membaca artikel dengan informasi bermanfaat lainnya, ya! Selain artikel, kamu juga bisa menemukan aneka furnitur untuk menghidupkan suasana rumahmu. Dekoruma jual meja makan, lemari pakaian, sofa, rak TV, hingga tempat tidur dengan beragam model dan ukuran. Yuk, langsung saja cari di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse