Jangan Asal Buang, Coba Daur Ulang Furnitur Lama!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Apakah kamu terpikir untuk sekilas mengecek kondisi furniture di hunian? Jika sudah terlihat tua, jangan asal dibuang! Coba daur ulang furnitur lama tersebut terlebih dahulu.

Selain dapat menghemat uang, daur ulang furnitur akan sangat berpengaruh terhadap lingkungan yang lebih sehat. Ruang penyimpanan dalam gudang atau hunian dapat menjadi lebih luang karena furnitur lama bisa difungsikan kembali dalam hunian.

Daripada mengganggu pemandangan di hunian ataupun menumpuk di tempat pembuangan sampah (TPS), ada baiknya kita pikir kembali keputusan untuk membuang furnitur lama. Ketahui apa saja yang kamu lakukan sebagai bagian dari upaya daur ulang furnitur lama.

Refinishing Perabot Lama

daur ulang furnitur lama berupa kabinet antik dengan refinishingthesprucecrafts.com

Salah satu cara utama untuk daur ulang furnitur lama adalah refinishing. Tampilan furnitur yang sudah lapuk atau terkelupas akan tampak baru lagi setelah pembersihan total,  pengelupasan lapisan cat lama dan pelapisan cat baru. Jika furnitur lama berupa dudukan empuk seperti sofa atau armchair, isi kembali busa dalam jok tersebut.

Walaupun tidak dapat daur ulang secara keseluruhan, refinishing bisa dilakukan dengan memanfaatkan keahlian DIY kalian sendiri, ataupun via jasa restorasi furnitur profesional. Jika ingin mempertahankan gaya vintage dari furnitur antik, kamu cukup membersihkan dan memperbaiki kerusakan yang ada.

Alih Fungsi Perabot (Repurpose)

daur ulang furnitur lama yang dialihfungsikan dari kursi menjadi rak tanamanwiseme.info

Berbeda dengan refinishing, cara daur ulang dengan repurpose adalah mendayagunakan furnitur lama secara kreatif untuk fungsi yang baru dan berbeda. Semudah memindahkan perabot ke titik lain di rumah hingga membongkar furnitur tua dan disusun ulang lagi dengan tambahan material baru, cara daur ulang ini bisa terbilang sederhana dan tidak memakan tenaga yang berlebihan.

Beberapa contoh daur ulang ala repurpose yang boleh dicoba ialah mengecat kembali tangga bekas dan dijadikan gantungan handuk, membongkar ulang pintu tua menjadi headboard bergaya vintage, menggunakan palet kayu bekas perabot menjadi penyangga matras, hingga menggunakan kerangka kursi sebagai rak tanaman seperti inspirasi di atas.

Donasikan Perabot

daur ulang furnitur lama berupa sofa dan kotak kardus berserakanamericaninno.com

Jika kamu tidak mempunyai waktu luang untuk daur ulang furnitur lama, ada baiknya untuk mendonasikan furnitur layak pakai kepada yang membutuhkan. Tanyakan terlebih dahulu kepada sanak saudara atau teman yang mungkin membutuhkan furniture dalam hunian.

Pertimbangkan mendonasikan furnitur lama beserta barang-barang layak pakai ke organisasi sosial untuk dikirimkan kepada mereka yang tertimpa bencana atau yang berkebutuhan. Kamu juga bisa mengirimkan furnitur bekas ke pusat daur ulang seperti Depo Pelestarian Lingkungan Tzu Chi agar barang bekas tidak berakhir sebagai sampah rumah tangga belaka.

Jual untuk Pemasukan Tambahan

daur ulang furnitur lama dengan dijual dalam cuci gudangmoving.com

Tren preloved melalui penjualan online bisa menjadi andalan untuk menjual furniture bekas yang tidak bisa atau tidak ada waktu untuk kamu daur ulang. Bisa saja furnitur tersebut sedang dicari orang lain dengan harga miring.

Furnitur yang sudah melalui proses daur ulang seperti refinishing juga bisa kamu jual asalkan sudah dipoles dan dipercantik agar cepat laku. Dengan begitu, kamu akan mendapat pemasukan tambahan sekaligus membuat hunian terasa lebih luang.

Membuang Secara Benar

sampah furnitur lama yang menumpuksydneyrubbishservices.com.au

Jika sudah yakin bahwa daur ulang furnitur tidak bisa dilakukan, memang cara terakhir adalah membuang furnitur bekas tersebut. Pastikan kalian tidak melakukan pembuangan furnitur secara ilegal dan merusak lingkungan,

Kania sarankan untuk memperhatikan tata cara daur ulang yang baik, antara lain memastikan kalau ukuran TPS cukup untuk memuat perabot yang akan dibuang. Jangan sampai warga sekitar terganggu dengan kehadiran barang bekas tersebut.

daur ulang meja dengan mencopot papan kayudismantlefurniture.com

Daur ulang furnitur sebenarnya bisa juga dilakukan dengan membongkar terlebih dahulu dan memisahkan antara material kayu, besi, karet dan sebagainya. Selain dikirim ke pusat daur ulang, material-material tersebut-jika masih layak-dapat diloak ke penampungan barang bekas untuk mendapatkan sedikit uang tambahan.

Sebagai salah satu upaya daur ulang yang benar, buang perabot bekas langsung ke tempat pembuangan sampah akhir (TPA) agar tidak menumpuk di TPS dalam waktu yang lama.

Daripada asal buang perabot yang masih bernilai, coba saja dulu cara-cara daur ulang di atas agar menghemat biaya dan waktu, sekaligus ramah lingkungan. Semoga bermanfaat!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse