Dari Semua Pencakar Langit, Manakah 10 Gedung Tertinggi di Indonesia?

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Arsitektur di Indonesia terus mengalami pembaharuan sesuai zaman. Seperti gedung tertinggi di Indonesia yang secara khusus dibangun untuk mewakili era modern, difungsikan sebagai pusat aneka kegiatan serta dilengkapi sederet teknologi canggih sehingga konstruksi bangunan menjadi kuat dan tahan lama.

Namun, dari sekian banyak pencakar langit, manakah gedung tertinggi di Indonesia? Berikut ini, Kania akan mengajakmu untuk melihat kemegahan 10 gedung tertinggi di Indonesia sekaligus mengetahui lebih lanjut mengenai setiap gedung pencakar langit tersebut.

Gama Tower

gedung tertinggi di indonesia bernama gama tower di tengah kota metropolitanttw.com.au

Gedung tertinggi di Indonesia yang menduduki posisi puncak adalah Gama Tower yang kerap disebut juga dengan Rasuna Tower atau Cemindo Tower. Terletak di kawasan Kuningan, Jakarta, gedung tertinggi di Indonesia ini memiliki total 69 lantai dengan ketinggian mencapai 288,6 meter atau 947 kaki. Dengan luas keseluruhan sekitar 1,8 hektar, gedung yang selesai dibangun pada tahun 2016 ini kini difungsikan sebagai kantor dan hotel.

Treasury Tower

kumpulan gedung tertinggi di indonesia bernama treasury towerpameranproperty.com

Berada di posisi kedua sebagai gedung tertinggi di Indonesia, Treasury Tower merupakan kompleks yang difungsikan sebagai gedung perkantoran, hotel berbintang, dan apartemen yang baru diresmikan pada tahun 2018 lalu. Terletak di tengah kawasan bisnis Sudirman, salah satu gedung tertinggi di Indonesia ini menjulang tinggi mencapai 279,5 meter dengan total 57 lantai.

BNI 46 Tower

salah satu gedung tertinggi di indonesia warna biru bernama wisma 46 atau bni 46 towerhamdandesign.net

Didirikan oleh Bank Negara Indonesia (BNI) di kawasan Jakarta Pusat pada tahun 1996, salah satu gedung tertinggi di Indonesia yang sekaligus memiliki desain ikonik ini berada pada posisi ketiga. Meskipun telah berdiri selama lebih dari dua dekade, gedung dengan tinggi mencapai 261,9 meter ini masih berdiri kukuh dan megah. Adapun, fungsi utama dari salah satu gedung tertinggi di Indonesia yang juga dikenal sebagai Wisma 46 ialah sebagai gedung perkantoran.

Menara Astra

salah satu gedung tertinggi di indonesia bernama menara astra dengan matahari terbenamarup.com

Gedung tertinggi di Indonesia pada posisi keempat juga terdapat di kawasan Sudirman, Jakarta. Bernama Menara Astra, gedung ini dibangun dengan tinggi mencapai 261,5 meter dan terdiri dari 50 lantai untuk difungsikan sebagai perkantoran. Mengenai pembangunannya, salah satu gedung tertinggi di Indonesia ini menghabiskan anggaran mencapai Rp8 triliun!

Sahid Sudirman Centre

salah satu gedung tertinggi di Indonesia bernama sahid sudirman centergoogle.com

Diresmikan pada tahun 2015 lalu, Sahid Sudirman Center juga termasuk salah satu gedung tertinggi di Indonesia dengan luas mencapai 1 hektar dan tinggi 258 meter. Sementara itu, salah satu gedung tertinggi di Indonesia bergaya modern ini terlihat menjulang tinggi dengan eksterior kaca bangunan yang berupa cermin, sehingga terlihat dari kejauhan sekalipun. Bangunan ini pun terdiri dari 52 lantai dengan empat lantai dikhususkan sebagai area parkir.

Raffles Hotel

salah satu gedung tertinggi di indonesia bernama raffles hotel tower di tengah pertigaanbooking.com

Terletak di kawasan Kuningan, Jakarta, Raffles Hotel merupakan gedung tertinggi di Indonesia mencapai 253,3 meter.  Hotel yang tergolong elit ini diresmikan pada tahun 2014 dan mengusung konsep desain interior yang terinspirasi dari alam. Terdiri dari 52 lantai dengan 173 kamar mewah yang memenuhi standar hotel bintang enam, tentu akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan jika kamu bisa menghabiskan waktu untuk staycation di salah satu gedung tertinggi di Indonesia ini.

The Pakubuwono Signature

salah satu gedung tertinggi di indonesia bernama pakubuwono residence dengan ujung tajamflickr.com

Jika gedung tertinggi di Indonesia lainnya difungsikan sebagai perkantoran dan hotel, The Pakubuwono Signature digunakan sebagai hotel dan apartemen mewah. Salah satu gedung tertinggi di Indonesia ini adalah hunian berkonsep mewah yang terletak di kawasan Jakarta Selatan. Menjulang tinggi mencapai 250 meter di tengah kompleks gedung dan memiliki total 50 lantai, The Pakubuwono Signature diresmikan pada tahun 2014 lalu.

Sinarmas MSIG Tower

salah satu gedung tertinggi di indonesia bernama sinarmas msig tower dengan atap kotakgoogle.com

Dimiliki oleh Sinarmas MSIG Life dan PT Smart Tbk, salah satu gedung tertinggi di Indonesia ini mengusung konsep modern dan ramah lingkungan melalui penggunaan double glass system yang secara efektif dapat menjadi peredam suara sekaligus panas. Terdiri dari 48 lantai, salah satu gedung tertinggi di Indonesia ini beroperasi pada tahun 2015 dan memiliki tinggi berukuran 245 meter.

Keraton Private Residence

salah satu gedung tertinggi di indonesia bernama keraton village residencetrip.com

Gedung tertinggi di Indonesia yang satu ini difungsikan sebagai hunian eksklusif dan mulai beroperasi pada tahun 2014 lalu. Terletak di kawasan Thamrin, gedung ini mempunyai tinggi mencapai 225 meter dan terdiri dari 48 lantai. Di dalamnya, salah satu gedung tertinggi di Indonesia ini memiliki 54 unit kamar dengan aneka fasilitas mewah seperti private lift, kolam renang indoor dan outdoor, restoran, serta akses langsung ke Plaza Indonesia dan Hotel Grand Hyatt Jakarta.

Menara BCA

salah satu gedung tertinggi di indonesia bernama menara bca dengan lampu menyalatirto.id

Berlokasi di kawasan Bundaran HI Jakarta, salah satu gedung tertinggi di Indonesia ini difungsikan sebagai restoran, pusat perbelanjaan, perkantoran dan pusat kebugaran. Menara BCA selesai dibangun pada tahun 2008 dan memiliki tinggi 230 meter dan terdiri dari 56 lantai.

10 gedung di atas mewakili simbol modern di Indonesia dan difungsikan untuk berbagai macam kebutuhan. Nah, apakah kamu tinggal atau bahkan bekerja di salah satu gedung tertinggi di Indonesia tersebut?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse