Terkesan Sejuk dan Bersih, Intip 5 Desain Rumah Skandinavia untuk Hunian Indonesia

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Rumah Skandinavia identik dengan kesederhanaan, warna putih, dan material yang alami. Hal tersebut membuat prinsip desain Skandinavia cocok untuk diterapkan pada hunian di Indonesia. Pasalnya rumah akan terasa lebih sejuk dan bersih, meski lingkungan di sekitar kurang kondusif.

Butuh inspirasi untuk hunian baru atau renovasi hunian yang sekarang ditempati? Simak dulu inspirasinya berikut ini.

Rumah Skandinavia dengan jendela besar

rumah skandinavia dengan jendela besarfreshome.com

Salah satu penyebab rumah terasa panas adalah kurangnya pencahayaan alami yang berarti memerlukan penerangan lampu di siang hari. Desain rumah Skandinavia dilengkapi dengan jendela berukuran besar supaya sinar matahari bisa menjangkau setiap sudut rumah.

Apabila terlalu terik, manfaatkan gorden jenis sheer untuk mengurangi intensitas sinar matahari. Lantai rumah Skandinavia juga menggunakan material kayu sehingga lebih sejuk ketika dipijak kaki telanjang.

rumah skandinavia dengan jendela besar dan sinar matahari menerangi ruang makandekoruma.com

Untuk dekorasi rumah Skandinavia, letakkan tanaman hijau pada sudut ruangan dan kain bulu untuk dilampirkan pada kursi makan. Dekorasi yang minimalis akan memudahkanmu saat bersih-bersih rumah. Tanpa debu menumpuk di sudut rumah, penghuni pun jadi lebih sehat.

Kamar tidur penuh dekorasi khas rumah Skandinavia

rumah skandinavia dengan dinding penuh poster dan dekorasi dindingfreshome.com

Identik dengan warna putih, bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan warna lain untuk mendekorasi rumah Skandinavia. Misalnya saja seperti kamar ini, tempat tidurnya dilapisi dengan sprei polos berwarna biru dan abu-abu.

Dekorasi dalam rumah Skandinavia ini tetap menggunakan elemen-elemen alami seperti tanaman hijau, kursi kayu, tempelan kertas buku di sudut ruangan, dan gulungan koran di dekat jendela. Meski begitu, warna putih tetap mendominasi.

Ruang makan dan dapur di rumah Skandinavia, mungil tapi nyaman

rumah skandinavia dengan ruang makan dan dapur dalam satu ruanganfreshome.com

Berikutnya, ada inspirasi desain dapur dan ruang makan yang menyatu di rumah Skandinavia di atas. Penempatan pintu kaca untuk jalur keluar masuk menuju taman belakang sekaligus memberikan pencahayaan alami pada ruangan terbuka ini.

Sambil menikmati makan, rasanya sangat sejuk, memandang tanaman hijau yang terhampar di taman rumah. Warna putih kembali mendominasi sehingga rumah Skandinavia ini terlihat bersih dan apik.

Area meja makan dihias dengan aneka kain, mulai dari taplak meja dari linen dan throw blanket pada kursi. Saat malam hari, lampu gantung bergaya rustic siap menerangi meja dalam rumah Skandinavia ini.

Ruang kerja di rumah Skandinavia, kerja lebih produktif

ruang kerja di rumah Skandinavia dengan sofa dan meja kerja penuh posterfreshome.com

Suasana yang bersih dan sejuk bisa memengaruhi suasana hati seseorang, sehingga memancing produktivitas saat bekerja. Bagi kamu yang ingin membangun ruang kerja di rumah, coba intip desain rumah Skandinavia ini.

Bagian dinding berwarna putih dibiarkan polos, hanya ada beberapa gambar hitam putih. Letakkan tanaman hijau dalam pot kecil di sudut meja dan jendela.

Gunakan karpet berwarna cokelat untuk menguatkan identitas rumah Skandinavia. Apabila luas ruangan memungkinkan, letakkan sofa bed yang lengkap dengan selimut dan bantal kecil untuk beristirahat sejenak.

Ruang keluarga rumah Skandinavia yang bikin betah

ruang keluarga dengan rangkaian sofa dalam rumah skandinaviafreshome.com

Sebuah ruang keluarga yang memiliki kursi empuk dan karpet lembut akan membuat penghuninya betah bersantai. Apalagi kalau sirkulasi udaranya lancar, hawa jadi lebih sejuk dan bersih.

Seperti inspirasi rumah Skandinavia di atas, buatlah jendela yang mudah diatur seberapa besar bukaannya. Kemudian tempatkan tanaman hijau yang mampu menyerap udara kotor dan racun seperti peace lily, lidah mertua, dan bambu palem.

Sediakan tempat duduk yang memadai seperti tiga jenis sofa di atas sembari menerapkan skema warna yang senada, misalnya cokelat tua, cokelat muda, dan putih. Tidak boleh lupa, tambahkan karpet dan bantal yang merupakan dekorasi khas rumah Skandinavia.

rumah skandinavia dengan dapur dan ruang tamu yang dipisahkan rak

Baru melihat beberapa inspirasi rumah Skandinavia saja sudah terkesan sejuk dan bersih. Bagaimana nanti kalau sudah diterapkan di interior hunianmu, ya? Pasti nyaman sekali!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse