[Bersama Kania] Pecinta Buku, Ikuti 5 Cara Mudah Menciptakan Sudut Baca di Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kamu hobi membaca? Jenis buku apa yang kamu suka? Novel? Buku pengetahuan? Atau lainnya? Apapun jenis bacaan yang disuka, membaca akan lebih menyenangkan apabila dilakukan di rumah, terutama di sudut baca favorit.

Selain menjadi zona teraman dan ternyaman, kamu bisa bebas melakukan ragam hal, seperti duduk bersila hingga makan camilan kesukaan sambil membaca. Agar makin mengasyikkan, cobalah untuk menghadirkan sudut baca atau pojok baca di dalam rumah.

sudut baca dengan armchair biru dan rak buku

Bagaimana cara mengatur sudut baca yang nyaman dan tentunya enak dipandang? Apa saja barang dan furnitur yang harus ada? Yuk, simak di bawah ini!

Kumpulkan Semua Koleksi Buku di Rak Buku

Barang pertama yang harus ada di sudut baca adalah rak buku. Menghadirkan rak buku di sudut baca akan memudahkan kamu mengambil buku dengan cepat tanpa harus bolak-balik dari sudut baca ke ruang keluarga atau ruangan lain di mana buku disimpan.

rak buku terbuka dan tertutup

Bavarian Rak Buku White (Viso Bc60)

Rp1,750,000

Gunakan rak buku dengan model rak terbuka di sudut baca. Model seperti ini memperbolehkan kamu untuk mencari buku yang kamu akan baca. Sekedar tips tambahan, simpan buku di rak atau lemari buku dengan mengurutkannya berdasarkan ukurannya, dari kecil ke besar atau sebaliknya.

Lihat Rak Buku Lainnya

Membaca sambil Duduk di Armchair atau Bean Bag

Sudut baca tidak akan terlihat memanjakan apabila tidak ada area duduk. Jenis tempat duduk memang banyak seperti sofa dan kursi biasa. Akan tetapi, armchair dan bean bag kerap dipilih untuk sudut baca karena keempukan yang ditawarkannya.

bean bag kuning

Bottom Dock Monk Rover Yellow

Rp999,000

Jika kamu lebih suka duduk lesehan, disarankan untuk menggunakan bean bag. Rata-rata, bean bag punya keempukan yang kurang lebih sama. Sesuaikan saja warna dan bentuknya dengan desain ruangan sudut baca.

Lihat Bean Bag Lainnya

armchair warna hijau

Ridente Woody Armchair

Rp1,850,000

Kurang suka dengan model kursi lesehan? Coba ganti dengan armchair di sudut baca. Armchair memiliki arm rest yang mampu menopang tanganmu sehingga tanganmu tidak pegal-pegal.

Lihat Armchair Lainnya

Hadirkan Karpet di Dekat Area Duduk

Karpet bisa membuat suasana di sudut baca lebih comfy. Keberadaan barang ini juga menambah penegasan fungsi antar ruangan rumah.

karpet motif coklat

Fio RILEY 160×230 COCOA

Rp3,500,000

Ada banyak ragam karpet yang tersedia. Pilihlah sesuai selera dan sesuaikan dengan barang-barang lainnya di sudut baca. Jangan lupa untuk membersihkannya seminggu sekali dengan vacuum cleaner supaya sudut baca tidak jadi sarang penyakit, ya!

Lihat Karpet Lainnya

Lampu Lantai untuk Pencahayaan Tambahan

Model lampu lantai yang seperti lampu sorot berguna untuk lebih memfokuskan diri saat membaca buku yang kamu pilih di sudut baca. Jenis lampu ini juga jadi alternatif pencahayaan di sudut baca apabila lampu utama ruangan sudah dimatikan.

lampu lantai tiga kaki

Lightology Wooden Tripod

Rp2,750,000

Pilihlah lampu lantai temaram seperti warna lampu kuning hangat karena tidak membuat mata sakit. Mata jadi lebih rileks dan tidak terlalu lelah saat membaca buku favorit di sudut baca sambil istirahat.

Lihat Lampu Lantai Lainnya

Sediakan Nakas untuk Tempat Kudapan

Bagi kamu pecinta makanan sekaligus hobi membaca, menghadirkan nakas atau meja samping di sudut baca akan sangat membantu. Kamu bisa membaca sambil makan tanpa takut makananmu berceceran ke mana-mana. Sediakan juga toples untuk menyimpan kudapan kesayanganmu.

nakas warna putih

Livien Meja Nakas Rattan Series

Rp815,000

Jika kamu lebih suka membaca tanpa mengonsumsi makanan apapun, jenis meja ini bisa digunakan sebagai tempat buku selanjutnya yang akan dibaca. Supaya makin atraktif, hadirkan dekorasi seperti tanaman hias indoor.

Lihat Nakas atau Side Table Lainnya

Mudah, bukan? Menciptakan sudut baca akan memberikanmu area pribadi untuk menikmati quality time membaca buku favorit. Selamat mencoba!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse