Hunian Lebih Estetik dengan 7 Variasi Pola Lantai

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih pelapis lantai adalah daya tahan material tersebut. Entah memilih keramik, marmer, atau kayu yang mampu menopang bobot furnitur dan para penghuninya, pola lantai juga perlu dipikirkan untuk menciptakan tampilan interior hunian yang lebih estetik.

Meski berfungsi sebagai pijakan kaki sehingga tak sering terlihat, pola lantai memiliki pengaruh besar terhadap tampilan ruangan secara keseluruhan. Tak hanya memengaruhi desain dinding, pilihan gaya furniture pun perlu diperhatikan agar tidak bertabrakan dengan pola lantai yang dipilih.

Agar tidak menambah biaya renovasi rumah lagi. pola lantai yang bersifat permanen perlu dipilih dengan cermat. Alih-alih menggunakan pola lantai yang sudah terlalu umum seperti persegi dengan warna putih polos, coba variasi pola lantai dari segi susunan, bentuk, dan warna seperti inspirasi berikut!

Pola lantai ala papan catur

pola lantai hitam putih seperti papan catur pada kamar mandi dengan bathtubdecoist.com

Tergolong salah satu pola lantai klasik, pola papan catur mudah dibentuk. Cukup tata ubin keramik hitam dan putih secara selang-seling terlihat seperti papan catur. Tak ada salahnya memilih kombinasi warna yang berbeda dengan mengganti warna hitam dengan biru atau cokelat.

Sesuaikan ukuran keramik dengan ukuran ruangan. Hal ini akan berpengaruh terhadap jumlah ubin dan total harga pemasangan lantai keramik. Walaupun sederhana, pola lantai ini cocok untuk menambah nilai estetika hunian bergaya minimalis.

Pola lantai chevron yang kembali populer

pola lantai chevron hitam putih dalam kamar mandi dengan dinding batu alamrusticotile.com

Pola lantai chevron sudah ada sejak era 1960-an dan kini kembali populer. Berupa garis zig-zag yang memadukan dua warna kontras, keramik lantai ini boleh terbilang seperti ilusi mata.

Jika kamu tertarik dengan pola lantai chevron tapi tak ingin pusing melihat ilusi setiap hari, beralihlah menggunakan lantai kayu dengan motif chevron. Selain sesuai untuk kamu yang mendambakan hunian terkesan lebih natural, lantai kayu juga mampu membawa kehangatan dalam ruangan apapun.

Pola sarang lebah, manfaatkan bentuk heksagonal

pola lantai heksagonal dari ubin keramik dan kayutoppstiles.co.uk

Bosan dengan bentuk persegi, coba bentuk heksagonal alias segienam seperti inspirasi di atas. Pola lantai dengan keramik bentuk ini akan terlihat seperti sarang lebah. Untuk variasi, pola heksagonal dari marmer seperti ini bisa dipadukan dengan lantai kayu sehingga tercipta desain kontemporer yang estetik.

Selain memadukan material yang berbeda, pola lantai heksagonal ini juga bisa memadukan warna keramik yang berbeda. Jangan lupa, semakin luas ruangan, pilih keramik dengan ukuran yang lebih besar pula.

Pola herringbone, mirip tapi beda dengan chevron

pola lantai herringbone dari papan kayu dalam ruangan dengan rak bukuzonaprinta.com

Sekilas, pola lantai herringbone ini terlihat sama seperti pola chevron. Namun bila dicermati, susunannya sedikit berbeda. Pola chevron dibuat dalam garis zig-zag yang seakan tanpa sambungan, sedangkan pola herringbone berupa potongan-potongan keramik atau kayu dalam bentuk persegi panjang yang disusun zig-zag. Pola lantai seperti ini cocok untuk menambah nilai estetika pada hunian dengan interior Skandinavia ataupun vintage.

Ragam hias geometris dengan pola segitiga

pola lantai segitiga dengan turunan warna hitam dan abu-abuatrafloor.com

Dengan keramik berbentuk segitiga, kita dapat menghasilkan beragam pola lantai. Misalnya saja membentuk pola persegi dengan menggabungkan empat buah segitiga menjadi satu persegi. Manfaatkan variasi turunan warna netral agar tampak pola lantai estetik dengan warna kontras yang memukau.

pola lantai garis miring dengan segitiga hitam dan abu-abuanttile.com

Jangan hanya fokus pada pola lantai yang terbentuk dari ubin lantai persegi saja. Menyusun keramik segitiga sehingga terlihat seperti garis panjang dengan warna selang-seling seperti ini juga terlihat estetik.

Bingkai dengan aksen tradisional

pola lantai persegi dengan bingkai dari keramik dan kayuluxurywoodflooring.com

Pola lantai persegi akan terlihat lebih estetik jika diberi bingkai dengan warna yang lebih terang. Contoh saja inspirasi di atas dengan pola yang cocok untuk hunian bergaya tradisional. Mirip seperti bingkai foto, potongan kayu tua berbentuk segiempat dikelilingi oleh kayu muda berbentuk persegi panjang, dengan kotak kecil berwarna cokelat tua pada setiap titik pertemuan garis bingkai.

Seperti mozaik, lantai berbunga yang artistik

pola lantai bunga dengan ubin kecilpinterest,com

Terakhir, ada pola lantai berbentuk bunga yang cukup rumit karena menggunakan potongan keramik kecil dan perlu disusun satu per satu. Tampilannya begitu estetik dan seakan menjadi karya seni keramik mozaik.

Bagian latar lantai menggunakan material teraso. Pola lantai seperti ini cocok untuk menghias area teras, kamar mandi, ataupun dapur agar menjadi landasan gaya ruangan.

Beberapa pola lantai memang cukup sulit diterapkan, tapi untuk membangun rumah dengan tampilan yang lebih estetik, tak ada salahnya untuk mencobanya, bukan?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse