Ampuh Usir Maling, Pahami Cara Kerja Gembok Alarm dan Pilih yang Tepat!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Rumah harus terjaga keamanannya, baik saat ditinggal dalam keadaan kosong atau saat kamu sedang di dalam rumah bersama keluarga. Modus perampokan yang semakin canggih tentunya pasti bikin kamu was-was, sehingga perlu melindungi rumah dengan sistem keamanan yang canggih juga, contoh saja inovasi gembok alarm.

Salah satu sistem antimaling yang kian digemari, gembok alarm sangat cocok buat kamu yang sering bepergian dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Jika seseorang berusaha membobol pagar rumah secara paksa, gembok alarm ini akan langsung mengeluarkan alarm yang menarik perhatian para tetangga. Maling pun ketakutan dan tidak jadi membobol rumahmu.

Banyak sekali macam-macam gembok alarm yang kini dijual di pasaran. Jika ingin mengetahui pilihan gembok yang tepat untuk rumahmu, ketahui terlebih dahulu fitur, cara membeli, dan cara kerja dari gembok alarm ini.

Fitur sensor untuk deteksi maling

memasang gembok alarm dengan kuncisnapdeal.com

Sebelum membeli gembok alarm, perlu kamu perhatikan kekuatan deteksi sensor dan seberapa banyak kontak langsung yang diperlukan untuk menyalakan sirene atau alarm.

Biasanya jika ada pergerakan yang memang ganjil, seperti tekanan pada gembok alarm yang dibuka secara paksa, maka sensor akan langsung mendeteksi dan sirene berbunyi secara kencang untuk memperingatkan ada orang asing yang berusaha masuk ke rumahmu.

Sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi hunian

perumahan dengan pagar rumahtaylorsds.com.au

Memang sangat penting untuk mencermati jenis gembok alarm yang hendak dibeli, karena setiap jenis akan memiliki spesifikasi dan sensitivitas yang berbeda-beda. Hal ini bergantung pada perumahan tempat tinggal dan seberapa dekat tempat menaruh gembok dengan penghuni rumah.

Misalkan kamu menggunakan gembok alarm standar yang dipasang di pagar rumah di lingkungan tempat tinggal yang ramai. Kekuatan sirene dari sistem alarm standar akan mempunyai frekuensi rata-rata 120db atau setara dengan alarm mobil, sehingga dijamin para tetangga langsung mengetahui bahwa ada rumah yang hendak dimasuki maling di area tempat tinggal tersebut.

Cek tingkat sensitivitas sensor gembok

gembok alarm terkunci pada roda mobildeemeed.com

Gembok alarm biasanya menawarkan tingkat sensivitas yang berbeda-beda, mulai dari rendah, medium hingga tinggi. Fitur ini digunakan untuk mengatur level sensitivitas sensor untuk mendeteksi gerakan di sekitar gembok.

Bahkan, ada juga gembok alarm yang sangat sensitif dan dapat mendeteksi tiupan angin buatan atau angin natural. Sesuaikan tingkat sensitivitas sesuai kebutuhan agar rumah lebih aman dan terjaga.

Pastikan fitur gembok sesuai kebutuhan

gembok alarm dengan besi pengaman dicopotagha-interiors.com

Wajib hukumnya untuk mengecek komponen-komponen penting yang ada di gembok alarm. Mulai dari panjangnya bunyi alarm, kuatnya gagang atau besi pengaman gembok, hingga adanya fitur motion shock sensing agar tidak mudah dipatahkan.

Selain itu, gembok alarm juga harus tahan air dan tahan segala cuaca, baik panas maupun hujan. Perhatikan juga keawetan baterai agar alarm dapat selalu berbunyi ketika gembok dibuka paksa oleh maling.

Pahami cara mengaktifkan gembok alarm

gembok alarm dengan kunci menempel di atas kayusnapdeal.com

Gembok alarm standar mempunyai cara kerja yang hampir sama dengan gembok-gembok pada umumnya. Masukkan kunci gembok untuk menarik besi pengaman keluar, lalu putar kunci sebelum memasukkan besi pengaman kembali ke gembok hingga terdengar bunyi “beep” yang menandakan sistem alarm sudah aktif.

Setelah aktif, gembok alarm akan otomatis berbunyi apabila terjadi getaran atau benturan yang kuat. Untuk mematikan alarm yang berbunyi kencang, kamu tinggal mengulangi seperti di awal dengan memasukkan kunci ke dalam lubang gembok.

Setelah mengetahui segala serba-serbi mengenai gembok alarm ini, jangan sampai salah pilih gembok untuk keamanan rumah. Semoga bermanfaat, ya!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse