Lebih dari Sekadar Pengering Rambut, Ketahui 6 Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Memiliki rambut yang indah dan sehat memang sudah menjadi keinginan setiap orang, apalagi kaum hawa yang menganggap rambut sebagai mahkota yang berharga. Pengering rambut merupakan perkakas kecantikan yang wajib dimiliki oleh mereka yang mendambakan penampilan rambut yang sempurna.

Pada awalnya, fungsi dari pengering rambut memang hanya untuk mengeringkan rambut yang basah setelah keramas. Namun, perkakas ini ternyata dapat membantu aktivitas sehari-hari, selain untuk berdandan.

Baik untuk memudahkan kegiatan bersih-bersih atau memasak, ketahui enam kegunaan pengering rambut yang perlu kamu ketahui!

1. Mencairkan es

pengering rambut untuk mencairkan esshutterstock.com

Beberapa jenis bahan makanan memang perlu disimpan dalam freezer atau kulkas agar beku dan tidak mudah basi. Walaupun umumnya mencairkan es akan memakan waktu lama, menggunakan pengering rambut dapat mempercepat proses pencairan tanpa merusak bahan makanan tersebut.

Cukup nyalakan pengering rambut dan arahkan ke area yang beku selama 1-2 menit dan bahan makanan seperti potongan daging sudah dapat dipisahkan dengan mudah.

2. Setrika sementara saat terdesak

kemeja jingga dan biru di gantungan bajureviewed.com

Saat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, suatu kain baik sebagai taplak meja, baju, ataupun tirai pasti akan berkeriput pada salah satu bagiannya. Daripada bersusah-payah mengeluarkan setrika dari ruang laundry, gunakan saja pengering rambut.

Semprot area berkeriput beberapa kali dengan air, lalu keringkan dengan udara panas dari pengering rambut. Tak lama kemudian, kain pun akan terbebas dari keriput.

3. Menghilangkan noda air pada furnitur

garis dan noda air di permukaan kayurd.com

Sering kali kamu tak menyadari bahwa permukaan meja kayu tiba-tiba terbentuk lingkaran air setelah ditinggal beberapa lama. Bagi kamu yang belum mempunyai alas gelas, pasti hal ini sering terjadi, terutama ketika meminum minuman dingin. Tenang, keluarkan saja pengering rambut.

Pasang ujung pengering rambut berbentuk moncong dan arahkan ke lingkaran air tersebut. Pastikan udara yang dikeluarkan sejuk terlebih dahulu, dan perlahan naikkan panas hingga noda menghilang.

4. Membersihkan lelehan lilin yang mengeras

lilin meleleh yang masih menyalacleaning.lovetoknow.com

Saat mati lampu, umum menggunakan lilin untuk menerangi ruangan. Membersihkan lelehan lilin yang telah mengeras sangat sulit dan terkadang perlu mengikis permukaan meja ataupun furnitur tempat lilin tersebut dibiarkan menyala.

Kiat cepat untuk membersihkan lelehan lilin ialah memanfaatkan pengering rambut. Cukup panaskan lelehan lilin dengan pengering rambut, lalu bersihkan dengan lap lembap. Kamu pun bisa membersihkan noda krayon dengan teknik yang sama.

5. Menyimpan sisa makanan

menyimpan bahan makanan dalam kantung plastik vakumlivingoncheap.com

Pernahkah kamu selalu diingatkan ibu untuk menyimpan sisa makanan dalam kotak makanan yang kedap udara? Sisa makanan yang tidak terpapar udara dapat tahan lebih lama.

Cukup bungkus sisa makanan atau bahan makanan dengan bungkusan plastik khusus makanan, lalu arahkan udara hangat dari pengering rambut ke sekeliling plastik hingga plastik terlihat menempel pada makanan.

6. Melepaskan stiker tanpa bekas

pengering rambut untuk melepaskan stiker dari belakang dekorasi hitamhomehacks.com

Mulai dari stiker harga pada furnitur yang dibeli atau stiker dekorasi pada perangkat elektronik, terkadang melepaskan stiker hanya akan meninggalkan bekas yang tidak sedap dipandang mata. Padahal, kamu hanya perlu memanfaatkan udara hangat dari pengering rambut.

Arahkan udara hangat dari pengering rambut ke stiker yang ingin dilepas. Perlahan cungkil stiker searah udara tersebut, stiker pun akan terlepas tanpa bekas.

pengering rambut dan sisir di samping tumpukan handukshutterstock.com

Menarik, bukan, berbagai kegunaan pengering rambut di atas? Siapa yang menyangka bahwa pengering rambut yang umumnya digunakan oleh kaum hawa ini dapat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Siapkan pengering rambut di hunian, dijamin pasti kamu akan menggunakannya saat terdesak.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse