Keasrian yang Hemat Ruang, Intip 6 Inspirasi Desain Taman Gantung Minimalis

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ingin menerapkan konsep rumah hijau dalam hunian? Bagi hunian minim lahan yang ingin tetap asri, coba hadirkan taman gantung minimalis yang tentu bisa menghemat ruang.

Baik dalam ruangan sebagai bagian dari desain interior ataupun pada luar ruangan sebagai bagian dari eksterior, taman gantung merupakan salah satu variasi dari taman vertikal yang telah umum diketahui oleh khalayak ramai. Layaknya taman vertikal yang lebih simpel, inspirasi taman gantung minimalis berikut akan membuktikan bahwa keasrian tidak perlu mengorbankan ruang yang berlebih.

Simpel, namun Tetap Bergaya

taman gantung minimalis dengan pot gantungcountryliving.com

Dalam mendesain taman gantung, tidak ada batasan kreativitas sama sekali. Tetapi untuk pemula dan ruangan minimalis yang tidak terlalu besar, sebaiknya awali dengan desain yang simpel dan tidak terlalu ambisius.

Kania sarankan pendekatan dengan menggunakan bingkai foto dari kayu bergaya rustic maupun warna-warni, atau kotak pot tanaman sederhana yang disesuaikan dengan ukuran dinding. Pilih beberapa jenis bibit tanaman supaya ada variasi gaya tumbuhan, dan bisa kamu tata lebih lanjut lagi untuk taman gantung yang sesuai dengan interior ruangan secara keseluruhan.

Rempah-Rempah Siap Sedia di Dapur

taman gantung minimalis dengan pot gantung di railingpinterest.com

Ingin taman gantung yang lebih fungsional? Hadirkan kebun rempah-rempah mini di area dapur. Selain mengatasi keterbatasan lahan, tanaman bumbu dapur yang tertata rapi ini juga akan menyediakan pasokan bumbu yang dibutuhkan untuk memasak.

Tak perlu panik jika salah satu bumbu dapur habis, karena bisa langsung mengambil dari taman gantung ini. Pastikan ukuran pot dan jumlah tanaman disesuaikan dengan luas area dapur agar kesan minimalis yang asri tetap diutamakan.

Sudut Baca Nyaman dengan Kehadiran Alam

taman gantung minimalis di sudut ruangan dengan armchairblogspot.com

Umumnya, rumah minimalis sepi dengan kehadiran aksesoris atau dekorasi yang tidak penting. Buat kalian yang ingin menghemat ruangan sekaligus tetap memunculkan estetika minimalisme tersendiri, tiru inspirasi taman gantung yang dipadatkan pada salah satu sudut ruangan berikut.

Selain sebagai dekorasi tambahan, taman gantung yang seakan-akan menyatu dengan dinding hijau ini menyita perhatian seketika dan memberi kesan tenang yang bikin betah. Sudut baca yang dilengkapi dengan armchair pun terlihat nyaman.

Manfaatkan Sukulen, Si Mungil Cantik

taman gantung minimalis dengan sukulen dalam pot hitam berbentuk mangkokwestcoastgardens.ca

Jika biasanya tanaman sukulen ditaruh dalam pot kecil ataupun terarium, bagaimana kalau menaruh sukulen dalam taman gantung minimalis? Tanaman sukulen punya banyak keunggulan, dimulai dari gayanya yang manis, bisa menyaring udara, memperbaiki kelembapan dalam ruangan, hingga menambah suasana segar dan mempertajam fokus.

taman gantung sukulen di dinding tamaneatanchorhitch.com

Bagi kamu penggemar tanaman sukulen, variasikan jenis dan warna tanaman sukulen dalam taman gantung dan sematkan dalam kotak pot yang dipaku ke dinding. Taman gantung terlihat seperti lukisan alam yang hidup, bukan?

Taman gantung ini pun bisa dijadikan ajang kreativitas bagi kalian pecinta sukulen yang ingin mengagumi keindahan sukulen dalam wadah yang lebih besar.

Keasrian Taman Minimalis dalam Ruangan

ruang keluarga dengan taman gantung minimalis sebagai sekat ruangancoolblue.co.uk

Selain menggantung pot-pot secara vertikal atau membuat taman gantung dengan bantuan furniture, variasikan penempatan tanaman dengan menambahkan pot duduk di ruangan yang masih tersisa. Ambil saja inspirasi taman gantung dalam ruangan dengan nuansa boho ini.

Selain hunian terasa lebih asri, interior ruangan minimalis pun terlihat lebih natural dan nyaman berkat kombinasi taman gantung dan tanaman dalam pot duduk. Penerapan konsep rumah hijau akan membantu menjaga kesehatan keluarga juga.

Ciptakan Dinding Hijau Hidup

taman gantung pada dinding hijau di samping meja kerjapinterest.com

Idealnya, saat sedang bekerja, mata harus diistirahatkan selama 10-15 menit setiap jam. Menghadirkan taman gantung yang memenuhi dinding ruang kerja pun disarankan agar dapat lebih produktif saat kerja di rumah.

Pemilihan tanaman dalam taman gantung tidak boleh sembarang. Agar keasrian dari taman gantung dapat tahan lebih lama, pastikan bahwa tanaman mudah dirawat dan bermanfaat bagi kondisi ruangan, serta media tanam dapat menopang tumbuh kembang tanaman secara maksimal.

bunga fuchsia untuk taman gantungthespruce.com

Contoh tanaman yang bisa dijadikan taman gantung yang ideal ialah pakis dan bunga geranium yang juga berfungsi sebagai penghalau nyamuk. Ada baiknya mencari cara untuk membuat taman gantung dari tanaman yang mempunyai manfaat melimpah seperti tanaman pengusir nyamuk atau filter alami untuk menjernihkan udara dalam ruangan.

Terlihat adem sekali, ya! Cari celah untuk menyisipkan taman gantung di sudut ruangan kosong atau bahkan di kamar mandi atau dapur. Selamat berkreasi dalam menciptakan taman gantung minimalis yang cantik!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse