Berbekal 5 Tips Ini, Pilihlah Dispenser Panas Dingin yang Tepat!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Sobat Kania, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya dispenser, bukan? Di rumah ataupun kantor, benda yang satu ini sudah sering jadi pemandangan umum dan barang wajib untuk menunjang hidrasi tubuh.

Kriteria dispenser yang ideal tentunya bisa menghasilkan air minum yang sehat yaitu tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna. Pastikan ketika memilih dispenser panas dingin yang tepat, kamu mengikuti rangkaian tips-tips berikut.

1. Cermati dulu tipe dispenser yang diinginkan

dispenser air di kulkasshutterstock.com

Dispenser terdiri dari beberapa jenis yang bisa kalian pilih sesuai keperluan, dimulai dari jenis tradisional tanpa fitur elektronik atau panas dingin, hingga jenis modern yang mempunyai beraneka ragam fungsi seperti filter air.

dispenser panas dingin dengan galon di atasnymag.com

Untuk jenis dispenser panas dingin standar, umumnya tersedia air putih dalam dua suhu (panas dan dingin) yang mengandalkan daya listrik. Dengan galon yang diletakkan di atas, jenis ini paling sering ditemui di rumah maupun perkantoran.

Selain itu, tersedia juga dispenser dengan tiga pilihan suhu, yaitu panas, dingin, dan normal. Ia dilengkapi dengan sistem pendingin seperti kulkas untuk menjaga konsistensi suhu air.

dispenser panas dingin dengan kabinet penyimpanan di bawah dan galon di atasamazon.com

Pada masa kini di mana lahan tempat tinggal makin terbatas, dispenser telah didesain agar multifungsi untuk menghemat ruang. Contohnya menambah kabinet penyimpanan atau kompartemen kulkas di bagian bawah.

Perlu diperhatikan bahwa dispenser juga mempunyai variasi penempatan galon: di atas, bawah, ataupun kedua-duanya. Tentunya menambahkan fungsi penyimpanan di bagian bawah dapat menggantikan kulkas dalam skala yang lebih kecil, namun itu berarti jenis dispenser ini hanya akan mempunyai desain penempatan galon di bagian atas.

2. Perhatikan suhu air yang diperlukan

mengambil air dingin dari dispenser panas dinginshutterstock.com

Setelah mengetahui jenis-jenis dispenser yang ada, penting untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kalian dari segi suhu air yang kerap digunakan. Bayangkan jika kamu memerlukan air dalam suhu normal, tapi malah membeli dispenser dengan pilihan suhu air dingin atau panas saja.

mengambil air minum dari dispenser hitamwalmart.com

Jika terjadi pemutusan daya listrik, dispenser panas dingin yang umumnya dijual di pasaran juga hanya mampu mengeluarkan air dalam suhu ruangan. Apakah ada baiknya untuk memilih jenis tradisional yang tidak akan memakan daya listrik ketika digunakan? Selain hemat energi listrik, dispenser tanpa fitur panas dingin juga akan lebih terjangkau dari segi harga.

3. Pilih cara mengganti galon yang tepat

memasukkan galon air dalam dispenseriwaterpurification.com

Mengganti galon akan jadi pekerjaan rutin yang harus dilakukan untuk konsumsi air sehari-hari. Kembali lagi ke kemampuan kamu untuk mengisi galon. Banyak yang memilih kepraktisan mengganti galon air dengan membeli dispenser bottom load, supaya tidak repot dan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga.

Namun, dispenser dengan desain galon air di bagian bawah umumnya lebih mahal dibandingkan dengan jenis top load atau desain galon air di atas. Tentukan apakah kamu lebih memilih hemat tenaga dalam kehidupan sehari-hari atau hemat biaya pembeliannya.

4. Cek fitur tambahan

dispenser dengan filter air di dalam galonyoutube.com

Beberapa dispenser bisa memiliki fitur tambahan sederhana seperti cantolan gelas hingga yang kompleks seperti sistem filtrasi atau saringan. Bagi kamu yang ingin memastikan kebersihan air minum dari galon, model dengan filtrasi punya kinerja penyaringan yang memastikan kualitas air minum semakin jernih dan terjamin.

dispenser panas dingin dengan tombol kunci air panasfidgetcube.co

Fitur yang bisa kalian cek adalah sistem child lock, alias pengaman atau pengunci khusus untuk memastikan buah hati tercinta tidak sembarangan menggunakan dispenser. Tentunya akan sangat berbahaya bila si kecil bisa mengakses air panas tanpa pengawasan.

5. Perhatikan teknik instalasi, reparasi & pembersihan

perempuan mengambil air dari dispenser panas dingin warna hitamthegadgetflow.com

Hal terakhir yang wajib diperhatikan saat membeli dispenser adalah memastikan instalasi yang mudah, ketersediaan jasa servis atau reparasi jika dibutuhkan serta kemudahan pembersihan secara berkala. Saat membelinya, jangan hanya mementingkan penggunaannya saja, tetapi juga merawatnya dengan rutin supaya kualitas air minum yang dikonsumsi sehari-hari tetap terjaga dengan baik.

Siap menambah dispenser di ruangan rumah atau kantor? Setelah dibekali tips-tips di atas, jangan sampai salah beli, ya!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse