Panen Manfaat Berlimpah dari Menanam Sayuran dan Buah di Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Taman rumah selama ini identik dengan  bunga, semak, dan rerumputan. Suasananya asri dan bisa mempercantik tampilan rumah secara keseluruhan. Tapi, ada juga pemilik rumah yang ingin tamannya lebih bermanfaat sehingga dibuatlah kebun mini dengan cara menanam aneka sayur dan buah-buahan.

Apabila tamannya berukuran luas, tanaman sayur dan buah-buahan bisa langsung ditanam di tanah. Sedangkan untuk taman mungil, bisa memanfaatkan pot untuk menanam buah alias tabulampot.

Beberapa tanaman sayur dan buah yang mudah dirawat di rumah adalah tomat, jeruk, jambu, sawi, cabai, kangkung, dan selada. Selain suasana tetap asri, rasakan manfaat-manfaat berlimpah berikut bila kamu menanam sayur dan buah sendiri di rumah.

Panen sayur dan buah minim zat kimia

menanam tomat merahstackpathcdn.com

Sayur dan buah yang dijual di pasar swalayan biasanya mengandung pestisida, pupuk kimia dan aneka zat kimia lainnya. Ketika menanam sayur dan buah, pestisida sering digunakan untuk menyingkirkan hama tanaman yang mampu menyebabkan petani gagal panen.

Apabila menanam sayur dan buah sendiri di rumah, pestisida sangat mungkin untuk dihindari. Pasalnya jumlah tanaman hanya sedikit sehingga lebih mudah mengontrol hama.

menanam selada organikgroworganic.com

Ada alasan mengapa tanaman organik juga kian populer, caranya pun mudah dengan memanfaatkan pupuk organik dan cara menanam yang tidak mengandalkan zat kimia. Kamu pun bisa menikmati buah-buahan tanpa suntikan pemanis dan pewarna yang berbahaya bagi kesehatan.

Tidak perlu buang uang dan waktu pergi ke pasar

mendorong gerobak penuh sayur setelah menanamshutterstock.com

Khalayak ramai jarang menanam kebun sayur atau buah sendiri, sehingga perlu pergi ke pasar untuk membeli yang diperlukan untuk memasak. Waktumu akan habis di jalan dan perlu mengeluarkan uang juga untuk membelinya.

Lain cerita kalau menanam sayur dan buah di rumah. Waktu dan uang bisa dihemat karena tinggal melangkah dari dapur dan petik sendiri sebanyak yang dibutuhkan.

menanam sayur di dapur untuk memasakshutterstock.com

Manfaat menanam sayur dan buah di rumah sendiri akan lebih terasa saat kamu hanya membutuhkan bahan makanan berupa dua buah cabai atau sehelai selada untuk melengkapi masakan. Jadi, tidak perlu beli dalam jumlah banyak dan membiarkan sisanya membusuk begitu saja.

Menambah ilmu terkait menanam sayur dan buah

menanam selada di lubang dalam pipa memanjangpixabay.com

Tidak semua orang yang menanam sayur dan buah di rumah pada awalnya memiliki ilmu dan berpengalaman. Bagi kamu yang masih pemula, manfaatkan kesempatan ini untuk belajar sambil praktik.

Ilmu menanam ini bisa dipelajari dari internet, buku, dan orang lain yang sudah berpengalaman. Lambat laun, kamu akan memahami banyak hal terkait menanam sayur dan buah. Bukan tidak mungkin kalau di kemudian hari bisa memperluas kebun rumah dan menjadikannya sebagai sumber penghasilan.

Menghilangkan stres

menanam sayuran dan memanen dalam keranjang anyaman rotanthespruce.com

Kegiatan berkebun di rumah terbukti mampu menghilangkan stres dan mengurangi tingkat depresi. Para ilmuwan menyebutnya dengan istilah terapi berkebun.

Kontak fisik antara manusia dengan tanaman secara rutin akan menciptakan sebuah pelajaran berharga. Kita diajak untuk bersentuhan dengan tanah, menanam sesuatu, merawat, dan bersabar menunggu hasilnya. Selain lebih menghargai kehidupan, kita juga akan merasa bahagia ketika sayur dan buah yang ditanam tumbuh dengan baik.

Quality time bersama keluarga

menghabiskan quality time bersama keluarga dengan menanam atau berkebunfamilytimemagazine.com

Dalam waktu satu minggu, berapa lama kamu habiskan untuk menikmati quality time bersama keluarga? Pada akhir pekan saat berkumpul bersama pun, biasanya semua anggota keluarga akan fokus dengan perangkat elektronik masing-masing.

Dengan menanam sayur dan buah di rumah, kamu bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk saling membantu. Sambil tangan bekerja menanam dan merawat tanaman, kalian bisa bertukar cerita dan menjalin keakraban.

anak dan kakek nenek menanam sayuranshutterstock.com

Demikian manfaat berlimpah apabila kamu menanam sayur dan buah di rumah. Apabila luas taman terbatas, buat saja kebun tingkat menggunakan teknik bertanam hidroponik yang lebih hemat tempat. Selamat menanam!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse