6 Desain Kolam Ikan di Teras Rumah untuk Kesejukan Hunian

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Berdasarkan ajaran feng shui, menghadirkan elemen air pada hunian berfungsi untuk menciptakan kesejukan dan membawa rejeki bagi penghuninya. Selain menaruh cermin di berbagai sudut ruangan, memilih desain kolam ikan yang selaras dengan feng shui hunian bisa menjadi pilihan demi kelancaran karir dan prospek pemasukan.

Bersantai di teras pada siang hari terasa sejuk dan damai jika desain kolam ikan memadai untuk ikan-ikan tumbuh sehat dan suara gemericik air bergema di hunian. Tertarik untuk membuatnya? Intip saja enam desain kolam ikan di teras rumah berikut.

Desain kolam ikan semiakuarium minimalis

desain kolam ikan dengan batu alam dan kaca tembus pandangtrendir.com

Untuk teras rumah bergaya minimalis dengan lahan terbatas, desain kolam ikan yang satu ini patut dicoba. Dengan konsep akuarium, sisi depan yang dilapisi kaca tembus pandang membuat para tamu mudah mengagumi ikan-ikan yang berenang ke sana kemari.

Desain kolam ikan menyatu dengan area taman rumah berkat elemen alam yang disebarkan di sekelilingnya. Mulai dari batu alam di sekeliling kolam, batu koral hingga tanaman hias yang diletakkan, kolam ikan hadir sebagai elemen air yang menunjang hunian secara keseluruhan.

Menyatu dengan lantai teras

desain kolam ikan setingkat dengan jalanan teras rumahfreeinteriorimages.com

Jangan terpaku pada desain kolam ikan pada umumnya yang fokus terhadap bentuk segiempat atau lingkaran. Sesekali cobalah desain dengan bentuk abstrak yang menyatu dengan lantai teras dan mengikuti bentuk tepiannya.

Karena permukaan airnya sejajar dengan permukaan lantai, tambahkan semak-semak berukuran kecil di sekeliling kolam untuk mencegah orang tergelincir. Pastikan desain kolam ikan sudah dilengkapi dengan lampu sorot ataupun jenis lampu lainnya untuk menerangi pembatas antara lantai dan kolam.

Desain kolam ikan dengan tumpukan batu alam

desain kolam ikan dengan tingkat dan tanaman air daun terataipinterest.com

Untuk kesan yang alami, kamu bisa membuat desain kolam ikan dengan memanfaatkan material alam sebagai fondasi sekeliling kolam. Ditumpuk secara acak, bangun dinding kolam menjadi bentuk abstrak.

Sebagai elemen dekorasi, buatlah air terjun mini di salah satu ujung pada desain kolam ikan dan tambahkan tanaman air seperti teratai, ganggang rantai, dan seroja yang juga berfungsi untuk menyerap kotoran di kolam.

Ilusi mata yang menarik perhatian

desain kolam ikan pada ujung teras rumah yang berlubangdecoredo.com

Tidak hanya lukisan yang bisa dibuat dengan efek ilusi mata, tapi desain kolam ikan juga. Seperti yang terlihat pada inspirasi di atas, kolam ikan seakan menandakan jurang yang terletak di bawah lantai teras yang runtuh sebagian. Ilusi mata ini diperjelas dengan ujung lantai teras yang dibuat tidak beraturan.

Pencahayaan di dasar kolam membantu menerangi kontras antara air dengan dataran. Saat malam hari, kamu tetap bisa bersantai memandang ikan yang berenang berkat desain kolam ikan yang mementingkan penerangan ini.

Desain kolam ikan tersembunyi

desain kolam ikan dengan semak-semak di sekeliling kolamhomestratosphere.com

Jika kamu ingin tempat bersantai di mana kamu bisa tidak diganggu, coba desain kolam ikan yang tersembunyi. Tanam semak-semak di sekeliling kolam untuk ‘menyembunyikan’ kolam dari pandangan para penghuni ataupun tamu.

Jika masih mempunyai lahan ekstra, tanam beberapa pohon di sepanjang jalan setapak ke arah kolam ikan agar makin tersembunyi. Lebih dari sekadar desain kolam ikan itu sendiri, tata taman di sekitar kolam perlu dipikirkan baik-baik agar tanaman hias yang dipilih dapat membawa kesan teduh dan damai ketika kamu bersantai di area kolam ikan.

Desain kolam ikan dengan dek kayu

desain kolam ikan dengan dek kayu dan pagarperfectpondsuk.com

Terakhir, ada desain kolam ikan dengan dek kayu di sekelilingnya. Dek dari papan kayu ini dilengkapi dengan pagar kayu yang berguna untuk memastikan keselamatan para penghuni ataupun tamu saat bersantai di area kolam.

Desain kolam ikan koi ini juga dikelilingi oleh bebatuan yang menutup permukaan tanah. Apabila sedang menguras kolam atau hujan, dijamin tidak akan ada noda tanah yang berceceran di dek kayu ini.

Apabila kamu sudah menentukan desain kolam ikan yang akan dibangun, perhatikan juga letaknya. Sebisa mungkin pilih tempat yang tidak terkena sinar matahari berlebihan untuk menghindari pertumbuhan lumut dan alga dalam waktu singkat.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse