Rahasia Privasi dalam Hunian Mungil, Wajib Pilih Sekat Ruangan yang Sesuai Kebutuhan

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Masing-masing orang memerlukan privasi, bahkan di antara anggota keluarga sekali pun. Masalah privasi, seperti perlunya suasana tenang saat bekerja atau mengobrol dengan tamu tanpa diperhatikan oleh anggota keluarga lain, sering muncul pada hunian mungil karena antar ruangan tidak diberi batas tembok. Untungnya, ada sekat ruangan yang bisa menjaga privasi.

Sekat untuk hunian mungil sebaiknya dibuat multifungsi atau memiliki ukuran yang tipis supaya tidak memenuhi ruangan. Berikut ini, Kania akan membagikan beberapa model sekat ruangan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan setiap penghuni.

Area penyimpanan tambahan pada sekat ruangan

sekat ruangan dari rak pakaian dan kabinet laci putihregalraum.com

Pertama-tama, ada sekat multifungsi yang bisa digunakan juga menjadi area penyimpanan. Selain sebagai tempat menggantung pakaian, terdapat beberapa rak dan laci untuk menyimpan dan memajang beberapa barang yang dimiliki.

Modelnya terbuka dan bergaya minimalis sehingga ruangan tetap terlihat lega. Sekat yang satu ini cocok diletakkan pada apartemen studio untuk membatasi area kamar tidur dengan ruang makan dan ruang tamu.

Model portabel untuk digunakan saat diperlukan

sekat ruangan fleksibel berbentuk lekukan papan warna putih dan merahwired.com

Ada saatnya kamu perlu menggunakan sekat saat butuh privasi dan menyingkirkannya saat ingin meluangkan ruang untuk para tamu yang berkunjung. Model fleksibel seperti inspirasi di atas bisa diatur sesuka hati karena sifatnya tidak permanen atau tidak ditanam ke dinding ataupun lantai.

Kamu bisa membentuk sekat sesuai dengan bentuk ruangan ketika mau menggunakannya, kemudian melipatnya dan simpan di sudut ruangan kosong ketika sudah selesai. Desainnya pun sangat modern dan minimalis.

sekat ruangan warna abu-abu di belakang kursiindependent.co.uk

Kalau tidak mau repot membentuk sekat setiap kali membukanya, gunakan saja model lipat seperti inspirasi di atas. Pilih desain yang paling sesuai dengan gaya interior hunian agar tidak terlihat out of place.

Variasi kerajinan tali sebagai pembatas ruangan

sekat ruangan dari anyaman tali putihfamilyhandyman.com

Sekat ruangan tidak harus dibuat menggunakan material yang padat. Kamu juga bisa memanfaatkan material lembut seperti tali.

Misalnya dengan membuat kerajinan makrame berukuran besar, kemudian gantungkan pada area yang diinginkan. Bagi kamu yang suka membuat kerajinan tangan, silakan coba buat sendiri dan sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan. Model sekat makrame ini cocok untuk hunian bergaya Skandinavia atau tropis.

sekat ruangan dari tali cokelat ditancapkan pada plafon dan lantaishutterfly.com

Jika kamu menginginkan kesan minimalis atau tradisional, coba model sekat ruangan dari tali rami berdiameter besar yang disusun ke samping dengan rapi seperti ini.

Memajang dekorasi sekaligus membatasi ruangan

sekat ruangan dari rak pajangan dengan banyak barangdekoruma.com

Furnitur multifungsi itu wajib ada di setiap hunian mungil. Salah satunya adalah rak pajangan yang bisa dijadikan sebagai sekat ruangan. Pilihlah rak pajangan yang terbuka seperti inspirasi di atas supaya pajangannya bisa dinikmati dari kedua sisi ruangan yang berbeda.

Ruangan lebih asri dengan tanaman multifungsi

sekat ruangan dari taman vertikalarchitonic.com

Gunakan sekat ruangan berupa aneka tanaman supaya hunian mungilmu terlihat asri. Berupa taman vertikal, kamu bebas menentukan tanaman hias yang ditata sedemikian rupa membentuk dinding ini.

sekat ruangan dari tanaman bambu plastik dalam pot hitampinterest.com

Apabila terlalu merepotkan atau kesulitan dalam meraawanya, gunakan saja sekat ruangan dari tanaman bambu palsu. Tidak perlu diberi air atau dipangkas, sudah terlihat asri dan apik!

Berikan celah untuk penerangan dengan model jeruji

sekat ruangan dari kayu berbentuk jeruji di depan tanggafreshome.com

Sekat ruangan berbentuk jeruji tidak akan memakan banyak ruang ataupun menciptakan kesan ruang yang semakin sempit karena ada celah-celah kecil. Pencahayaan pun tetap tersebar ke seluruh area ruangan.

Untuk interior hunian minimalis atau Skandinavia, gunakan sekat jeruji dari tiang-tiang kayu. Meski polos, tampilannya bisa mempercantik hunian.

sekat ruangan dari besi teralis berputar membentuk jerujilivinator.com

Apabila menginginkan kesan yang elegan atau modern, cobalah sekat berupa teralis besi yang dipilin membentuk jeruji. Kalau terkena cahaya, akan terlihat semakin cantik.

Pisahkan ruangan seperlunya dengan tirai

sekat ruangan dari tirai warna putih antara ruang makan dan ruang tidurthespruce.com

Tidak hanya jendela, tirai juga bisa berfungsi sebagai sekat ruangan. Material kain yang ringan membuatnya mudah dibuka-tutup kapan pun kamu inginkan.

Pemilihan warna pun bisa disesuaikan dengan selera dan gaya interior hunian. Misalkan memilih tirai sheer untuk kesan yang lebih lembut dan terang pada ruangan.

Yuk, lengkapi hunian mungilmu dengan sekat ruangan supaya privasi semua orang tetap terjaga!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse