Selain Mematikan Lampu, Ikuti 6 Cara Mengusir Laron Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Jika berbicara tentang laron, hewan metamorfosa rayap ini mungkin tidak terlalu berbahaya, tapi tunggu sampai musim penghujan tiba dan lampu luar rumah akan dikerumuni oleh laron. Puluhan bahkan ratusan kawanan laron yang menyerbu lampu demi kehangatan tentu mengganggu penghuni rumah sehingga mau tak mau harus bergegas mencari cara mengusir laron.

Salah satu cara mengusir laron yang ampuh dan cukup terkenal adalah dengan mematikan lampu rumah. Selain menghindari datangnya laron ke area hunian, kamu pun tak perlu repot membersihkan sayap-sayap laron yang berserakan keesokan paginya.

Namun sebenarnya. ada banyak cara mengusir laron yang tak kalah ampuh. Ketika hunian mulai diserbu oleh laron, pastikan kamu berbekal semua cara mengusir laron ini agar kamu siap menghadang laron yang berdatangan.

1. Memakai semprotan antiserangga

cara mengusir laron dengan semprotan anti seranggaclark.com

Cara mengusir laron pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan semprotan antiserangga atau insektisida. Saat laron sudah mulai berkerumun di dekat lampu, semprotkan insektisida ke arah tengah bohlam lampu dan tunggu beberapa saat hingga laron mulai berjatuhan atau kabur.

2. Menggunakan rumput khusus antiserangga

cara mengusir laron dengan rumput veniver hijaumolokaiseedcompany.com

Jika kamu mencari cara mengusir laron yang alami, coba manfaatkan tanaman khusus yang dapat menangkal serangga. Salah satunya adalah rumput vetiver yang memiliki bau yang harum.

Rumput vetiver ini mengandung zat nootkatone yang mampu menjadi salah satu cara mengusir laron dan rayap. Bahkan serangga lainnya seperti semut, kutu atau kecoa juga bisa dihalau oleh rumput ini. Tanaman ini bisa kamu tanam di sekitar pekarangan rumah untuk menghalau laron mendatangi rumahmu.

3. Cara mengusir laron dengan menggunakan cabai merah

cabai merah di atas meja dan piringshutterstock.com

Tahukah kamu bahwa salah satu cara mengusir laron yang efektif adalah memanfaatkan kepedasan cabai merah? Aromanya yang menyengat ditambah rasanya yang pedas sangat tidak disukai oleh serangga, termasuk laron.

Apabila musim penghujan tiba, coba iris cabai merah secara melintang dan gantungkan di area sekitar lampu, dijamin cara mengusir laron ini akan ampuh menghalau laron!

4. Cara mengusir laron menggunakan lilin dan wadah

lilin warna ungu dan merah muda di wadah dengan api menyaladekoruma.com

Sebenarnya bukan hal baru bahwa api dapat menjadi salah satu cara mengusir laron dan serangga lainnya. Nyalakan lilin yang ditaruh di wadah sebagai alat untuk memancing laron.

Siapkan lilin dan wadah semacam baskom yang sudah diisi air sebagai perangkap. Matikan lampu dan nyalakan lilin, kemudian laron akan otomatis mengerubungi lilin sebagai pancingan. Cara mengusir laron ini terbukti praktis karena laron yang terlalu dekat dengan lilin akan dengan sendirinya jatuh di wadah atau baskom yang sudah berisi air.

5. Cara mengusir laron dengan menggunakan lampu anti laron

cara mengusir laron dengan lampu birucara mengusir laron dengan lampu birushutterstock.com

Tak perlu mematikan semua lampu rumah. Sekaligus membasmi serangga lain, cara mengusir laron ini memanfaatkan lampu antiserangga yang memanfaatkan cahaya ultraviolet.

Cukup nyalakan lampu khusus ini, dan laron akan mendekati sumber cahaya tersebut. Setelah hinggap, suhu panas (atau aliran listrik, tergantung jenis lampu) akan langsung membunuh laron di tempat.

6. Panggil jasa pengusir rayap dan laron

cara mengusir laron dengan bahan kmiashutterstock.com

Jika berbagai cara mengusir laron di atas tidak berhasil, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk memakai jasa pembasmi serangga. Lebih baiknya lagi, laron dapat dibasmi ketika mereka masih menjadi rayap.

Dengan menggunakan jasa pengusir serangga sebagai salah satu cara mengusir laron, rayap yang ada di rumah biasanya dibasmi dengan tuntas sehingga populasi laron akan berkurang ketika mereka bermetamorfosa dari rayap ke laron.

Wah, banyak juga alternatif untuk membasmi laron, bukan? Dari keenam cara mengusir laron di atas, mana yang akan kalian coba?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse