Manfaatkan Area Tangga, Intip 6 Inspirasi Desain Bordes Tangga Berikut!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Sebagai jalur penghubung antar lantai, tangga sering kali hanya sekadar akses naik turun dalam rumah tingkat. Banyak yang mungkin belum mengetahui bordes atau landing, area tengah tangga sebagai tempat mengistirahatkan kaki sejenak saat turun atau menaiki tangga serta pengubah arah tangga.

Buat kamu yang ingin membuat tangga rumah terlihat menawan, Kania akan membagikan ide desain bordes yang bisa kamu aplikasikan. Penasaran? Simak enam inspirasinya berikut ini, ya!

Bordes Tangga dengan Lampu Concealed 

bordes tangga dengan lampu concealedsebringdesignbuild.com

Secara keseluruhan, desain tangga yang satu ini tampil sangat sederhana. Namun pada bagian bordes, terdapat area untuk menempatkan hiasan seperti patung dengan lampu concealed yang meneranginya supaya tampilannya semakin artistik.

Pada bagian atas bordes, terdapat juga tambahan lampu hias bergaya minimalis yang dapat memberikan cahaya dramatis saat lampu utama dimatikan. Lampu concealed pada setiap anak tangga juga menjamin keamanan penghuni rumah saat naik turun tangga di malam hari tanpa lampu utama yang menyala.

Bordes Tangga dengan Dekorasi Jam dan Cermin

bordes tangga dengan cermin dan jam besar vintagesebringdesignbuild.com

Desain tangga yang satu ini dilengkapi dengan dua bagian bordes sekaligus. Pada area bawah, penempatan dekorasi berupa cermin dengan bingkai kayu bercat putih berperan sebagai focal point karena memberikan penampilan unik berkat refleksi ruangan yang terlihat sangat menyatu dengan konsep interior.

Sementara itu, bordes kedua di area atas dilengkapi dengan dekorasi berupa jam dinding berukuran besar yang selain memberikan tampilan unik, juga sangat fungsional karena tampilan informasi waktu terlihat jelas dari berbagai arah.

Bordes Tangga dengan Dekorasi Etnik

bordes tangga dengan dinding dekorasi etnikhearstapps.com

Secara keseluruhan, desain tangga yang satu ini mengusung desain minimalis dengan memanfaatkan kombinasi material kayu dan kaca pada railing. Di bagian bordes, dinding kosong dipercantik dengan dekorasi bernuansa etnik berbahan kayu yang secara maksimal dapat melengkapi gaya desain ruangan yang diusung.

Bordes Tangga Sebagai Perpustakaan Mini

bordes tangga sebagai lantai mezanin dan perpustakaan minidesiretoinspire.net

Jika ingin memanfaatkan bordes secara lebih maksimal, coba jadikan lantai mezanin yang dapat dimanfaatkan sebagai perpustakaan mini seperti inspirasi di atas. Letakkan rak buku dan armchair nyaman pada sudut baca ini.

Lantai mezanin pada area bordes akan sangat berguna bagi kamu yang menginginkan ruangan tambahan di rumah, namun tidak ingin menambah lantai rumah. Di samping tangga, penambahan dekorasi berupa bingkai gambar bernuansa monokrom juga memberikan kesan modern dan estetik sehingga sedap dipandang.

Bordes Tangga dengan Lukisan

bordes tangga dengan lukisan sebagai hiasan dinding di atas railing kayusebringdesignbuild,com

Didominasi oleh warna putih dengan sedikit sentuhan kayu, ruangan yang satu ini menghadirkan kesan lembut dan nyaman. Jika melihat pada bagian tangga, hadirnya bukaan yang diaplikasikan pada atap membuat penyebaran cahaya pada tangga semakin optimal. Ditambah hadirnya lukisan berukuran besar pada bagian bordes tangga, keselurahan ruangan tampil sangat artistik.

Bordes Tangga dengan Tanaman

bordes tangga sebagai tempat menaruh pot tanaman dalam ruangangardenista.com

Bagian bordes tangga juga bisa kamu manfaatkan sebagai area untuk menyimpan tanaman, terutama jika area ini juga dilengkapi jendela sehingga sinar matahari bisa masuk. Kamu bebas merawat aneka tanaman hias indoor yang cenderung mudah dalam perawatan, namun dapat memberikan kesan asri pada hunian.

bordes tangga kosong dengan area railing menjadi taman indoorhome-designing.com

Selain pada bordes tangga, kamu juga bisa menambahkan pot mini pada bagian anak tangga atau mengubah area railing menjadi taman indoor yang selain memerlukan perawatan sederhana, juga dapat menyempurnakan tampilan minimalis yang ingin ditonjolkan di hunian.

Terdapat banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk maksimalkan fungsi bordes tangga, baik sebagai area untuk menambahkan elemen dekorasi atau menjadi ruangan santai tersendiri dalam rumah. Yuk, manfaatkan area tangga kamu sekarang!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse