Bagi Kesehatan Keluarga, Tanam 6 Jenis Tanaman Obat Keluarga Ini di Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Buat yang hobi berkebun, saatnya memilih tanaman dalam ruangan yang lebih bijak. Bukan lagi sekadar untuk mempercantik ruangan atau menyaring udara segar, menanam tanaman obat keluarga dalam hunian akan mempermudah kamu menjaga kesehatan keluarga.

Tak perlu takut merawatnya, lirik saja berbagai tanaman obat keluarga berikut yang bisa ditanam sendiri di rumah.

1. Thyme

tanaman obat keluarga bernama thymeshutterstock.com

Rempah daun mungil ini kerap dipakai untuk meracik bumbu dapur untuk hidangan Barat. Sebagai salah satu jenis rempah asal Mesir yang terkenal, aromanya memang khas dan harum untuk masakan. Manfaat thyme sebagai tanaman obat keluarga sudah dimulai sejak lebih dari 4.000 tahun lalu.

Orang Yunani adalah salah satu yang menggunakan thyme sebagai obat antiseptik dan antibakteri dengan cara direndam ke air panas untuk mandi. Tanaman obat keluarga ini juga bisa kalian taburkan di teh panas untuk meredakan batuk, atau untuk sekedar menambah daya tahan tubuh.

2. Rosmarin atau rosemary

tanaman obat keluarga bernama rosmarin atau rosemarygardenersworld.com

Hampir sama tenarnya dengan thyme di dunia dapur, rosmarin atau rosemary adalah rempah dari keluarga mint yang bisa menjadi tanaman obat keluarga. Selain namanya yang indah, rosmarin sebagai tanaman obat keluarga juga punya komponen antioksidan dan antiradang yang baik untuk pencernaan, ingatan dan konsentrasi.

Menggunakan rosemary sebagai tanaman obat keluarga cukup dengan cara dimasak seperti biasa, diseduh dalam teh panas, atau diracik menjadi minyak atsiri atau essential oil. Aromanya ampuh untuk menenangkan mood dan bisa juga membantu penyembuhan iritasi kulit atau luka.

3. Daun ketumbar

tanaman obat keluarga bernama cilantro atau daun ketumbargardeningknowhow.com

Daun ketumbar atau cilantro sering dijadikan sebagai bumbu saat memasak sekaligus obat herbal alias tanaman obat keluarga. Kerap hadir sebagai garnish atau penghias minuman berkuah atau sup, daun ketumbar punya aroma unik yang pedas namun wangi.

Bagi masyarakat Tiongkok, daun ketumbar sudah sering menjadi tanaman obat keluarga yang banyak manfaatnya. Pasalnya, cilantro punya daya pembersih alami yang baik untuk tubuh. Ditambah lagi dengan kandungan antioksidan, jangan buang daun ketumbar karena tanaman obat keluarga ini akan memperbaiki kualitas tidur malam dan menyeimbangkan kadar gula darah.

4. Basil

tanaman obat keluarga bernama basil dalam pot putihthespruce.com

Masih dari dunia herbal yang bisa kalian tanam sendiri, basil adalah daun rempah yang mirip dengan kemangi. Banyak yang salah mengira kalau keduanya adalah sama, tetapi tanaman obat keluarga ini punya khasiat tersendiri yang tidak boleh dianggap enteng.

Kandungan basil terdiri dari rangkaian mineral dan vitamin, termasuk juga flavonoid dan minyak esensial yang sehat. Manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman obat keluarga ini antara lain untuk kesehatan hati, menjaga DNA, membantu daya tahan tubuh dan melindungi jantung.

5. Lidah Buaya

tanaman obat keluarga bernama lidah buayagardeningknowhow.com

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan tanaman obat keluarga yang satu ini. Lidah buaya memang selalu jadi tanaman dalam ruangan yang paling favorit, karena mudah dirawat dan mudah tumbuh subur.

Sudah banyak juga yang tahu kalau lidah buaya atau aloe vera bisa menjadi tanaman obat keluarga terpercaya, mulai dari mengobati sunburn alias kulit yang terbakar sinar matahari, radang kulit, luka dan gatal-gatal. Jika dimasak sebagai minuman dingin, tanaman obat keluarga ini bisa membantu sistem pencernaan agar lancar juga!

6. Peppermint

tanaman obat keluarga bernama peppermintshutterstock.com

Teman minum teh yang wangi, peppermint juga bisa menjadi tanaman obat keluarga karena banyak manfaat kesehatan lainnya. Daun cantik ini ampuh untuk urusan pencernaan seperti sakit perut, mual dan juga kram perut berkat kandungan antispasmodic yang bisa meredakan kejang otot.

Jika punya keluhan sakit kepala atau migrain, jangan langsung konsumsi obat dari apotik, tapi coba dulu tanaman obat keluarga berupa aroma peppermint yang khas. Kabar baiknya lagi, tanaman obat keluarga ini mudah tumbuh subur walaupun dalam rumah sekalipun.

Tertarik untuk memulai kebun tanaman obat keluarga di rumah? Mulai saja proyek positif ini dalam skala kecil sekarang, siapa tahu kesehatan kamu dan anggota keluarga semakin terbantu!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse