Pentingnya Memilih Variasi dan Ukuran Exhaust Fan Dapur yang Tepat

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Sirkulasi udara yang lancar dalam hunian merupakan hal yang perlu diprioritaskan saat mendesain rumah. Terlebih lagi di area dapur yang sering terkontaminasi asap setelah memasak, sehingga wajib untuk mempunyai exhaust fan dapur.

Dengan menyingkirkan udara kotor ke luar ruangan, exhaust fan dapur bekerja secara efektif untuk membantu mengatur sirkulasi udara dalam ruangan. Lantas, bagaimana sih cara memilih exhaust fan dapur yang paling tepat? Agar kamu tak salah memilih, simak dahulu ulasan Kania berikut ini!

Ukuran Ideal Exhaust Fan Dapur

exhaust fan dapur di cooking hood pada kitchen set dapurdekoruma.com

Ukuran diameter dari exhaust fan pada umumnya beragam, mulai dari 8-12 inci, dan perlu disesuaikan dengan ukuran ruangan dapur. Sebagai contoh, dapur dengan ukuran 4 meter persegi dapat memanfaatkan exhaust fan dapur berdiameter 8 inci.

Adapun, dapur berukuran 8 meter persegi sangat ideal untuk exhaust fan berdiameter 10 inci. Selain itu, ada pula exhaust fan dapur berdiameter 12 inci yang sangat pas untuk dipasangkan pada dapur berukuran lebih dari 12 meter persegi.

Variasi Exhaust Fan Dapur

Walaupun diameter exhaust fan sudah ditentukan ukuran standarnya, penempatan exhaust fan dapur tetap bisa bervariasi. Tak hanya agar ia dapat berfungsi lebih maksimal, desain exhaust fan juga bervariasi tergantung lokasi yang memadai untuk memuatnya.

  • Tipe Plafon

exhaust fan dapur di plafonshutterstock.com

Selain menyesuaikan exhaust fan dapur berdasarkan luas ruangan, kamu pun bisa memilih variasinya menurut jenis dan cara kerjanya. Opsi pertama, kamu bisa memasangnya di plafon.

Jenis exhaust fan dapur ini dapat bekerja secara efektif untuk mengeluarkan udara kotor ke bagian loteng rumah berkat bantuan pipa penyalur udara khusus bernama Mechanical Ventilation Heat Recovery System (MVHR).

  • Tipe Dinding

exhaust fan dapur di dinding plastershutterstock.com

Ada pula variasi exhaust fan dapur yang bisa kamu pasangkan pada bagian dinding. Memiliki cara kerja yang sederhana, exhaust fan jenis ini tak memerlukan saluran pipa khusus sehingga dapat dipasangkan tanpa perlu meminta bantuan ahli khusus.

Untuk kamu yang tertarik memasang jenis exhaust fan dapur ini, pastikan dinding dapurmu berhadapan langsung dengan area terbuka di luar ruangan supaya sirkulasi udara bisa berjalan secara optimal.

  • Tipe Inline

exhaust fan dapur berbentuk inlinegoogle.com

Jika dapur tidak memiliki akses langsung ke ruangan terbuka di luar bangunan, maka exhaust fan jenis ini sangat cocok digunakan. Meskipun memerlukan ahli khusus untuk pemasangannya, exhaust fan dapur jenis inline dapat bekerja secara maksimal untuk menghisap udara kotor dari dalam dapur. Selain itu, alat ini pun dilengkapi sejumlah komponen penting yang terdiri dari filter dalam, filter luar, pipa dan kipas penyedot.

  • Cooker Hood

exhaust fan dapur di cooker hood

Variasi lain adalah exhaust fan dapur berupa cooker hood yang bisa dipasangkan pada kitchen set atau pada bagian atas alat memasak seperti kompor. Selain memberikan tampilan yang sangat modern, cooker hood memiliki daya hisap yang sangat kuat untuk menyedot uap, asap dan bau yang dihasilkan dari proses memasak yang kamu lakukan.

Selain itu, exhaust fan dapur berupa cooker hood juga dapat mengoptimalkan kinerja exhaust fan dinding, plafon ataupun inline yang dipasangkan di area dapur.

Nah, ukuran ideal dan variasi exhaust fan dapur di atas bisa kamu sesuaikan menurut luas dan tata letak dapur di hunian kamu. Namun, kamu juga dapat menambahkan sistem ventilasi natural seperti jendela supaya sirkulasi udara dapat berjalan semakin lancar dan membuat dapurmu terhindar dari pengap dan bau tak sedap. Yuk, ciptakan rumah sehat sekarang juga!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse