Lebih Ringan dari Spring Bed, Nikmati 5 Kelebihan Kasur Kapuk Berikut

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Mendapatkan istirahat yang cukup melalui tidur malam yang nyaman adalah kunci utama agar tubuh selalu sehat dan bugar. Tentu saja, kebutuhan istirahatmu harus ditunjang dengan kasur berkualitas yang mampu membuat aktivitas tidur dapat dilakukan secara nyaman, berkualitas dan minim gangguan. Salah satu opsinya, kamu bisa memilih kasur kapuk.

Merupakan jenis kasur tradisional yang digunakan sejak lama oleh masyarakat Indonesia, kasur kapuk memiliki sejumlah kelebihan ketimbang spring bed. Lantas, apa saja sih kelebihan kasur kapuk yang harus kamu ketahui?

1. Berbobot ringan

kasur kapuk di atas tanduingredientsldn.com

Terbuat dari bahan alami yang dihasilkan dari buah randu, kasur kapuk memiliki bobot yang jauh lebih ringan ketimbang spring bed. Jenis kasur ini hanya mengandalkan serat kapuk dan lapisan sarung kasur saja sehingga ringan, dibandingkan kasur spring bed yang terdiri dari komponen yang banyak dan berat seperti per.

Melalui bobot ringan dari kasur kapuk tersebut, kamu dapat memudahkannya secara mudah ke berbagai tempat. Bahkan, sifatnya yang fleksibel juga memudahkan ia untuk disimpan secara mudah saat kamu tidak menggunakannya.

2. Level keempukan bisa diatur

bayi di atas kasur kapukbedroompedia.com

Spring bed memiliki tingkat keempukan kasur yang telah diatur secara pabrikan sehingga sulit untuk menyesuaikannya menurut kebutuhan kamu. Namun, hal berbeda didapatkan dari kasur kapuk yang isi kapuk didalamnya bisa diatur menurut kebutuhan kamu. Level keempukan kasur kapuk pun jauh lebih fleksibel untuk disesuaikan menurut kenyamanan dan kebiasaan kamu saat tidur.

3. Nyaman dan tidak panas

anak perempuan dan laki-laki di atas kasur kapukbedroompedia.com

Beberapa jenis kasur seperti memory foam dapat menghasilkan efek panas di kulit sehingga mengganggu kualitas tidur malam. Namun, serat natural yang terdapat pada kasur kapuk memiliki kemampuan untuk menyerap panas yang membuat tidur menjadi lebih nyaman karena tubuh tidak terasa panas.

4. Perawatan mudah

anak perempuan berpose di atas kasur kapukzafu.net

Selain nyaman dan tidak panas, kasur kapuk pun memerlukan teknik perawatan yang sangat sederhana. Saat isian kasur mulai kempes, kamu cukup mengisi ulang kapuk agar kembali empuk. Selain itu, kamu pun bisa menjemurnya secara rutin di bawah paparan sinar matahari agar isian kapuk kembali mengembang seperti sediakala.

5. Harga sangat ekonomis

kasur kapuk warna biru muda dan biru tuaartilleriet.se

Sebagai kasur yang sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak lama, kasur kapuk dijual dengan harga yang sangat ekonomis ketimbang jenis kasur lain seperti spring bed karena menggunakan teknik pembuatan tradisonal dan tidak menggunakan mesin. Kamu bisa membeli kasur kapuk yang sudah siap jual di pasaran atau membuatnya secara custom dengan tingkat keempukan dan ukuran kasur yang disesuaikan menurut kebutuhan.

Kekurangan Kasur Kapuk

serat kapuk untuk kasur kapukmoonboon.dk

Meskipun menawarkan banyak sekali kelebihan, namun kasur kapuk memiliki sejumlah kekurangan yang perlu kamu perhatikan. Pertama, kasur kapuk sangat cepat mengalami kempes sehingga kamu perlu menambahkan isian kapuk dan menjemurnya secara rutin.

Belum lagi, kasur kapuk sangat rentan mengalami penumpukan debu dan kutu yang mengharuskanmu untuk selalu membersihkannya dengan vacuum cleaner. Selain itu, serpihan kapuk sering keluar dari dalam kasur akibat jahitan yang lepas sehingga kurang cocok digunakan oleh kamu yang memiliki alergi dan masalah pernafasan.

Melalui ulasan di atas, diharapkan kamu bisa memilih kasur yang sesuai dengan kebutuhan dan budget. Sejauh ini, apakah kamu tertarik untuk menggunakan kasur kapuk di rumah?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse