[Bersama Kania] Bebas Pencemaran Udara, Lakukan 5 Jurus Membasmi Polusi di Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Polusi udara sudah menjadi rahasia umum masyarakat perkotaan. Namun akhir-akhir ini, pencemaran udara yang kian memburuk membuat kualitas udara makin memburuk, khususnya di Jakarta.

Tidak hanya di luar rumah, pencemaran udara juga sering terjadi di dalam rumah dan berbahaya bagi kesehatan kamu dan keluarga, lho! Bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak di bawah ini!

Basmi debu dari karpet, sofa, dan kasur

seseorang membersihkan karpet dengan vacuum cleanershutterstock.com

Di dalam udara, terdapat partikel debu yang jadi unsur pencemaran udara di rumah. Mereka beterbangan dan mendarat di perabot dan dekorasi seperti karpet, sofa, dan kasur. Jika dibiarkan, debu-debu dari pencemaran udara tersebut akan jadi sumber penyakit.

vacuum cleaner hitam

Kenmaster Vacuum Cleaner Dry Cyclone Power Km 1501- Hitam-Merah

Rp585,000

Bersihkan seminggu sekali menggunakan vacuum cleaner. Pastikan semua partikel debu dari pencemaran udara hilang. Sebagai tambahan, taburkan soda kue di atas karpet, sofa, dan kasur sebelum dibersihkan. Soda kue berguna untuk menghilangkan bau tak sedap yang jadi sumber pencemaran udara di dalam rumah juga.

Lihat Vacuum Cleaner Lainnya

Sedot asap hasil memasak dengan cooker hood

cooker hood di atas kompor

Meski aroma yang dihasilkan saat memasak terbilang menggugah selera makan, asapnya membuat pencemaran udara makin parah. Belum lagi kalau makanan gosong, baunya makin menyengat dan pencemaran udara membuat kamu jadi tidak betah di rumah.

cooker hood silver hitam

Modena Cooker Chimney Hood Wall 90 cm FORLI CX 9753

Rp5,100,000

Supaya pencemaran udara akibat asap masak hilang, atasi dengan memasang cooker hood di atas kompor. Peralatan dapur ini sangat menolong untuk menyedot asap yang dihasilkan saat kamu memasak.

Lihat Cooker Hood Lainnya

Jernihkan udara lewat air purifier

air purifier di dekat wanitashutterstock.com

Untuk mengurangi pencemaran udara, pastikan rumah memiliki ventilasi udara yang cukup melalui jendela dan lubang angin. Supaya proses sirkulasi udara di rumah makin lancar, kamu butuh alat bantuan lain yaitu air purifier.

mesin air purifier

Tefal Air Purifier Intense Pure Air XL 50W

Rp9,300,000

Seperti namanya, air purifier berguna untuk menjernihkan udara kotor menjadi lebih bersih. Dengan begitu, pencemaran udara di rumah bisa berkurang secara perlahan dan kesehatan keluarga terjaga.

Lihat Air Purifier Lainnya

Hadirkan tanaman penjernih udara

kumpulan tanaman dalam ruangshutterstock.com

Selain air purifier, tanaman dalam ruangan juga bisa jadi cara lain untuk mengurangi pencemaran udara. Ada banyak tanaman yang bisa kamu pakai dan sesuaikan dengan kondisi rumah, seperti peace lily, sri rejeki, lidah buaya, dan lidah mertua.

pot tanaman panjang warna putih

IKEA Bittergurka Pot Tanaman

Rp169,149

Di samping menurunkan pencemaran udara, tanaman-tanaman tersebut juga bisa jadi dekorasi tambahan. Letakkan tanaman pada pot yang sesuai. Cara merawat tanaman tersebut juga harus dilakukan dengan benar supaya rumah terlihat lebih asri dan bebas dari pencemaran udara.

Lihat Pot Lainnya

Bersihkan bagian dinding langit-langit

wanita membersihkan langit-langitshutterstock.com

Kita kerap kali lupa bahwa dinding bagian atas sampai ke langit-langit atau plafon sering menjadi sarang debu akibat pencemaran udara ruangan. Jika dibiarkan terus menerus, kualitas udara di rumah akan makin buruk dan pencemaran udara pun tetap terus ada.

kemoceng khusus langit-langit

KENT Microfiber Duster / Kemoceng KT-300W813

Rp84,800

Sama dengan membersihkan furniture dan dekorasi, bersihkan dinding bagian atas dan langit-langit seminggu sekali. Gunakan kemoceng atau sapu khusus untuk membersihkan bagian yang menjadi berdebu akibat pencemaran udara ini.

Lihat Kemoceng Lainnya

Dengan rajin membersihkan rumah dan memasang beberapa peralatan home improvement untuk menjernihkan udara, pencemaran udara akan menurun. Kualitas udara pun akan membaik dan kesehatan kamu serta keluarga pun terjaga.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse