Ketahui 7 Manfaat Tanaman Pucuk Merah, Tanaman Hias yang Kian Populer

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Buat kamu yang gemar berkebun atau merawat tanaman, mungkin kamu sudah familiar dengan tanaman pucuk merah. Memiliki paras yang unik nan cantik, ia merupakan tanaman perdu hias yang saat ini sangat populer di kalangan pecinta tanaman.

Tak hanya dapat memberikan kesegaran di rumah, tanaman pucuk merah yang ideal ditempatkan di bagian outdoor ini ternyata memiliki segudang manfaat yang bisa kamu rasakan. Lantas, apa saja manfaat tanaman pucuk merah tersebut?

Tanaman Pucuk Merah Sebagai Pagar

tanaman pucuk merah sebagai pagar depan rumahuforest.org

Pemanfaatan tanaman pucuk merah sebagai pagar natural ini bisa kamu lakukan melalui teknik stek dengan memotong bagian tumbuhan tertentu, lalu ditanam dalam tanah selama beberapa waktu. Dengan begitu, sistem akar baru akan terbentuk dengan optimal sehingga ia tumbuh menyerupai pagar.

Biarkan tanaman ini tumbuh rimbun agar dapat menutupi area taman depan rumah dengan lebih menyeluruh. Dapat tumbuh dengan diameter hingga 30 cm dan tinggi mencapai 7 meter, pagar dari tanaman pucuk merah pun siap membuat halaman di rumahmu menjadi rimbun dan sangat asri.

Menambahkan Unsur Estetika di Halaman

tanaman pucuk merah dipotong membentuk pohon kerucutgarden.org

Memiliki gradasi warna yang sangat unik, tanaman pucuk merah tak sekadar dapat dimanfaatkan sebagai pagar, namun juga dapat memperindah halaman rumahmu karena dapat dipangkas menjadi aneka bentuk yang unik untuk memanjakan mata saat melihatnya.

Tanaman Pucuk Merah Sebagai Pewarna Makanan

tanaman pucuk merahshutterstock.com

Memasak hidangan dengan pewarna kimia tentu dapat mengundang bahaya bagi tubuh. Untungnya, tanaman pucuk merah dapat menjadi alternatif pewarna makanan alami layaknya daun pandan ataupun daun suji sehingga sangat aman untuk dikonsumsi oleh semua orang.

Sebagai Antioksidan Alami dan Obat Diabetes

ujung tanaman pucuk merahshutterstock.com

Tanaman pucuk merah juga memiliki manfaat besar untuk kesehatan, salah satunya berkat keberadaan kandungan senyawa polifenol pada bagian daun yang dapat digunakan sebagai antioksidan alami untuk mengurangi stres dan mampu melindungi sel beta pankreas akibat efek radikal bebas yang sangat berbahaya.

Selain itu, terdapat pula kandungan flavonoid pada tanaman pucuk merah yang secara efektif dapat mencegah penyakit diabetes dan komplikasinya.

Tanaman Pucuk Merah Sebagai Pengharum Ruangan

deretan tanaman pucuk merahgarden.org

Selain memiliki daun yang tumbuh secara lebat, tanaman pucuk merah pun memiliki kandungan minyak atsiri yang diekstrak dari bagian daunnya. Minyak atsiri dari tanaman ini memiliki aroma yang sangat unik dan khas, di mana kamu bisa memanfaatkannya sebagai pengharum ruangan yang sangat menyegarkan.

Tanaman Pucuk Merah Sebagai Penyerap Karbon

tanaman pucuk merah ujung kuningwikimedia.org

Jika dibandingkan dengan tanaman hias lainnya, tanaman pucuk merah memiliki kemampuan lebih besar untuk menyerap karbon dioksida. Maka jika kamu ingin meningkatkan kadar oksigen dan menciptakan hunian yang sehat, tak ada salahnya untuk segera menanam tanaman ini dan rasakan kesegaran udara yang dihasilkannya.

Tanaman Pucuk Merah Sebagai Pencegah Longsor

barisan tanaman pucuk merahgoogle.com

Tanaman pucuk merah juga memiliki struktur akar tunggang yang sangat kuat. Kelebihan tersebut dapat kamu manfaatkan sebagai upaya pencegah longsor, utamanya jika kamu bertempat tinggal di kawasan perbukitan yang rentan terjadi bencana longsor. Bahkan, akar dari tanaman ini juga dapat menyimpan cadangan air dalam jumlah besar sehingga dapat diandalkan saat musim kemarau tiba.

Melalui ulasan di atas, tanaman pucuk merah tak sekadar menawarkan estetika dari penampilannya yang unik, namun memberikan banyak sekali manfaat bagi lingkungan dan kesehatan keluarga. Apakah kamu tertarik untuk merawat tanaman pucuk merah di rumah?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse