[Infografik] Rayakan Kemerdekaan Indonesia Bersama Keluarga Tercinta

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ditandai oleh bebasnya rakyat Indonesia dari penjajahan pada tahun 1945, kemerdekaan Indonesia kini telah dirasakan selama 74 tahun. Jangan biarkan perjuangan para pahlawan Tanah Air terlupakan begitu saja, patutlah kita merayakan kemerdekaan Indonesia dengan meriah dalam keluarga kita masing-masing.

Bukan hanya dengan merayakan kemerdekaan Indonesia melalui perlombaan umum seperti panjat pinang atau lompat karung, tanggal 17 Agustus boleh dijadikan ajang untuk menghabiskan quality time bersama keluarga tercinta. Selain itu, 17-an tahun ini bisa menjadi momen untuk mengembangkan dan merayakan karya pemuda nusantara sekaligus kemerdekaan Indonesia.

“Kemerdekaan nasional bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya.” – Sutan Sjahrir

Walaupun kita sudah tidak perlu mengambil bambu runcing untuk melawan penjajah yang menyerang, terdapat berbagai cara simpel untuk merayakan kemerdekaan Indonesia di rumah dengan cara yang tak terlupakan.

infografik cara merayakan kemerdekaan di indonesia

1. Dekor hunian dengan karya lokal Indonesia

Dilansir dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) ditujukan sebagai salah satu upaya untuk memajuan sektor ekonomi Indonesia. Kemerdekaan Indonesia juga berarti kebebasan secara ekonomi, sehingga produk lokal perlu diusahakan agar tampil di jenjang dunia dan mendominasi pasar dalam negeri.

Masuk akal jika salah satu cara merayakan kemerdekaan Indonesia bisa dilakukan dengan membeli produk lokal sebagai dekorasi hunian. Selain lebih murah dengan kualitas sebanding, produk yang diproduksi dalam negeri akan mempunyai nilai estetik khas dari motif batik ataupun material alam seperti kayu jati.

2. Siapkan acara makan bareng keluarga besar

Layaknya perayaan hari besar lainnya, merayakan kemerdekaan Indonesia juga perlu mengadakan acara makan bareng keluarga besar. Budaya kekeluargaan di Indonesia masih tetap kental walaupun sudah 74 tahun lamanya setelah kemerdekaan Indonesia.

Hidangan nusantara seperti nasi tumpeng sudah menjadi simbol untuk merayakan syukuran ataupun hajatan. Khusus untuk merayakan kemerdekaan Indonesia, coba bikin nasi tumpeng merah putih saja dengan nasi merah dan putih jika ingin variasi lain dari nasi tumpeng yang umumnya menggunakan nasi kuning.

3. Nikmati family time dalam kemeriahan lomba 17-an di rumah

Menurut JJ Rizal, seorang sejarawan dan budayawan, lomba 17-an untuk merayakan kemerdekaan Indonesia sudah muncul sejak tahun 1950-an. Setiap lomba memiliki makna tersendiri seperti lomba makan kerupuk yang menunjukkan kondisi prihatin masyarakat Indonesia ketika dijajah.

Lomba 17-an di rumah bisa simpel saja, seperti lomba makan kerupuk dan lomba balap kelereng. Selain semua anggota keluarga bisa ikut berpartisipasi merayakan kemerdekaan Indonesia, persiapan lomba pun tergolong praktis dan bisa dilakukan di dalam ruangan rumah.

4. Bebaskan rumah dengan decluttering barang tidak terpakai

Jika kamu bukan tipe keluarga yang gemar merayakan kemerdekaan Indonesia dengan meriah, tak ada salahnya menghabiskan akhir pekan untuk decluttering ruangan. Terbebas dari penuhnya hunian yang menyesakkan, kamu dan keluarga pun akan merasakan kebebasan beraktivitas di dalam hunian.

Jangan lupa berbagi kebahagiaan dari kemerdekaan Indonesia dengan mendonasikan barang yang tidak terpakai. Manfaat merapikan rumah berantakan juga berlimpah, mulai dari meredakan stres hingga tidur menjadi lebih nyenyak.

Kemerdekaan Indonesia memang tidak mudah diraih, sehingga patutlah kita merayakan kemerdekaan Indonesia dengan meriah ataupun secara privat setiap tahunnya. Jika kita cinta Indonesia, usahakan perayaan kemerdekaan Indonesia mempunyai manfaat berlimpah bagi keluarga ataupun orang sekitar kita.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse