Wajib Dimiliki Setiap Keluarga, Pastikan 8 Alat Kebersihan Rumah Ini Sudah Tersedia!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Bersih pangkal sehat. Itulah potongan peribahasa yang selalu kita dengar sejak kecil. Memang betul, kebersihan akan membuat hidup menjadi lebih sehat karena kuman penyakit tidak bisa bersarang. Menjaga kebersihan bisa dimulai dari rumah masing-masing dengan memanfaatkan berbagai alat kebersihan rumah yang beragam jenisnya.

Tidak hanya sehat, rumah yang bersih pun akan terlihat rapi dan nyaman dihuni. Untuk menunjang kebersihan rumah, berikut Kania akan memberikan penjelasan mengenai berbagai alat kebersihan rumah yang wajib dimiliki oleh setiap keluarga.

Sapu dan pengki

alat kebersihan rumah berupa sapu dan pengki dengan gagang kayumuwooden.com

Lantai adalah bagian rumah yang paling mudah kotor. Pasalnya, alas kaki penghuni akan membawa kotoran dari luar. Belum lagi debu yang masuk ke dalam rumah, serta sisa makanan yang jatuh sehingga pantas bila kamu perlu alat kebersihan berupa sapu dan pengki untuk menyapu kotoran dan debu dari dalam rumah.

Wajib untuk dimiliki, alat kebersihan berupa sapu dan pengki sebisa mungkin dibeli sebagai satu set. Gunakan sapu untuk mengumpulkan kotoran, kemudian letakkan di pengki. Kotoran pun bisa dimasukkan dengan mudah ke tempat sampah.

Pel

alat kebersihan rumah berupa pel dengan tongkat kuningshutterstock.com

Sapu dan pel juga dianggap sebagai kombinasi yang tak boleh dipisahkan, layaknya sendok dan garpu. Kedua alat kebersihan rumah ini diperlukan pada saat bersih-bersih rumah, mulai dengan menyapu, lalu mengepel untuk menghilangkan noda di lantai.

Pel sebagai alat kebersihan sebenarnya memiliki banyak jenis. Zaman dulu, kain pel yang digunakan tebal dan mengepel lantai dilakukan sambil jongkok. Namun, sekarang alat kebersihan ini umumnya dilengkapi tongkat. Bahkan, alat pel sudah ada yang dilengkapi pemeras sehingga tidak perlu menguras tenaga yang berlebih.

Kain lap

kain lap microfiber digunakan sebagai alat kebersihan rumahstyledegree.sg

Meja makan akan kotor akibat noda masakan. Meja dapur akan kotor akibat noda minyak. Kaca jendela dan cermin wastafel bisa kotor akibat cipratan air dan debu. Alat kebersihan yang paling pas untuk menyingkirkan berbagai noda tersebut adalah kain lap.

Material terbaik untuk alat kebersihan ini adalah microfiber, linen, dan katun. Pasalnya material seperti lap microfiber tersebut mampu menyerap air dengan baik dan tidak meninggalkan serat-serat kain pada permukaan furnitur.

Aneka sikat

sikat sebagai alat kebersihan rumahshutterstock.com

Noda membandel perlu disingkirkan menggunakan sikat dan cairan pembersih. Sikat sebagai alat kebersihan rumah mempunyai banyak jenis, tergantung fungsinya. Misalkan sikat kloset yang berbentuk bulat agar dapat membersihkan lubang kloset, ataupun sikat lantai khusus untuk membersihkan lumut dan kerak noda.

Alat kebersihan yang satu ini memiliki bulu-bulu kasar atau menggunakan kawat. Sikat berukuran kecil atau sikat gigi bekas juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan benda berukuran kecil atau sudut area.

Kemoceng

kemoceng warna abu-abu sebagai alat kebersihan mobildhgate.com

Keberadaan debu memang tidak bisa dihindari. Meski pintu rumah tertutup, ada saja celah untuk debu masuk ke dalamnya. Alat kebersihan berupa kemoceng ini wajib kamu miliki supaya bisa menyingkirkan debu yang menempel.

Biasakan untuk menyingkirkan debu setiap hari. Dengan demikian, debu tidak akan menumpuk dan menimbulkan masalah pernafasan. Alat kebersihan yang satu ini ada yang dibuat menggunakan bulu ayam, tali raffia, dan serat kain.

Sapu taman

alat kebersihan taman berupa sapu tamanindependent.co.uk

Bagi kamu yang suka berkebun di taman, sapu taman ini wajib dimiliki. Alat kebersihan ini menggunakan material lidi. Berfungsi untuk menyingkirkan daun-daun kering dan kotoran lainnya, alat kebersihan ini siap membuat taman tampil indah dan bersih.

Vacuum cleaner

vacuum cleaner sebagai alat kebersihan rumahexpertreviews.co.uk

Terkadang, menyapu lantai dan menggunakan kemoceng saja tidak cukup untuk menyingkirkan debu. Terutama bagi kamu yang memelihara binatang, sangat diwajibkan memiliki alat kebersihan vacuum cleaner.

Debu dan bulu-bulu binatang akan tersedot. Pekerjaan bersih-bersih rumah pun jadi lebih mudah berkat alat kebersihan ini.

Apakah kamu sudah memiliki semua alat kebersihan yang wajib tersebut? Apabila alat kebersihan tersebut mengalami kerusakan, segera ganti supaya bisa membersihkan rumah dengan maksimal.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse