Pentingnya Selektif Memilih Perlengkapan Makan, Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Membeli!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Sebagai alat yang menjadi kebutuhan esensial dalam kehidupan sehari-hari, peralatan makan kerap dinilai sebatas fungsinya saja. Asalkan dapat menyajikan makanan dan minuman dengan layak, peran peralatan makan sudah dianggap cukup. Padahal, terdapat faktor lain yang perlu diperhatikan untuk memilih perlengkapan makan seperti apa yang ideal untuk memenuhi kebutuhan. 

table setting peralatan makan duralex

Mulai dari jenis material, tampilan desain sampai kenyamanan penggunaan menentukan ketahanan dan seberapa praktis peralatan saji tersebut dapat digunakan, baik dalam keseharian maupun saat acara tertentu. Begitu pula dengan memastikan kebersihannya karena alat makan merupakan wadah yang bersentuhan langsung dengan makanan.

Ketahui lebih jauh mengenai faktor apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli peralatan makan pada keempat poin di bawah ini.

Durabilitas

peralatan makan duralex di atas coffee table

Jenis material dari peralatan makan menentukan durabilitas atau ketahanan. Semakin solid material yang digunakan, maka semakin tinggi daya tahannya. Perlengkapan makan sebaiknya tahan terhadap suhu panas maupun suhu yang sangat dingin dan tak mudah tergores ketika bersentuhan dengan alat makan lainnya.

Seperti halnya pada setiap jenis perlengkapan makan dari Duralex yang mengandalkan kaca (tempered glassware) sebagai material utamanya. Selain melalui proses produksi dalam tekanan tinggi dan perubahan suhu yang ekstrem dari -16°C sampai 100 °C, material tempered glassware ini semakin teruji ketahanannya melalui quality control yang sesuai dengan standar internasional, sehingga diklaim 2.5 lebih kuat dari material kaca sederhana.

Wadah makanan Duralex dapat digunakan secara langsung dari freezer ke microwave tanpa berisiko retak atau pecah. Beberapa jenis wadah kacanya bahkan didesain secara khusus untuk memasak di oven dan tahan hingga suhu 200°C.

Fleksibilitas Penggunaan

pria meminum teh dari cangkir duralex

Apapun jenis materialnya, perlengkapan makan berkualitas semestinya juga nyaman digunakan. Tak seperti kebanyakan alat makan berbahan kaca yang cenderung berat, Duralex memiliki bobot yang cukup ideal.

Hal ini memudahkan penggunaannya dalam keseharian sehingga mudah dipindahkan dan tidak memberi beban yang cukup berat untuk ruang penyimpanan. Gelasnya memiliki desain yang fungsional sehingga terasa nyaman dan ringan dalam genggaman.

Saat disimpan, perlengkapan makan dari Duralex pun lebih mudah ditumpuk sehingga menghemat tempat. Dalam hal perawatannya, perlengkapan makan Duralex pun cukup mudah dibersihkan dengan mencucinya secara langsung atau menggunakan mesin dishwasher.

Tampilan Desain

peralatan makan dan minum dari duralex di atas meja makan kayu

Hal lain yang patut dipertimbangkan dalam memilih perlengkapan makan adalah tampilan estetiknya. Material kaca seperti pada produk Duralex memiliki tampilan yang tak kalah menarik dari material lainnya, seperti porselen dan keramik. Dalam berbagai perpaduan hiasan meja, perlengkapan makan dari kaca akan selalu menampilkan kesan elegan dan sleek.

Selain itu, desain vintage dan warna transparan yang khas dari produk Duralex juga membuat tampilannya seakan tak lekang oleh waktu. Desain awal yang dibuat eksklusif di Perancis dari tahun 1945 tampak relevan dan modern digunakan di setiap zaman. Terlihat pada gelas Picardie yang populer dipakai dari generasi ke generasi untuk menyajikan berbagai sajian minuman, mulai dari es kopi, teh, sampai jus.

Higienis dan Aman 

mangkuk dan cangkir kaca dari duralex

Jangan melupakan faktor kesehatan. Pastikan perlengkapan makan terbuat dari material yang memiliki sertifikat food grade dari lembaga terpercaya sehingga terhindar dari zat kimia beracun. 

Karakteristik materialnya pun seharusnya mampu melindungi makanan dengan baik. Sebagaimana tempered glassware yang menjadi material utama Duralex bersifat kedap air (non-porous) sehingga menghindari cairan dan partikel kotor masuk menyerap ke permukaannya.

Alat makan yang pecah juga dapat mengancam keselamatan. Meski material kaca rentan pecah, pecahan kaca perlengkapan makan dari Duralex tidak membahayakan karena terurai dalam serpihan kecil.

peralatan makan dan minum dari duralex di atas coffee table dan meja makan

Perlengkapan makan yang tepat akan memberikan pengalaman menikmati sajian yang berbeda. Durabilitas dan desain apiknya membuat perlengkapan makan dari Duralex tak sekadar tampil fungsional, namun juga tahan lama dan fleksibel digunakan untuk setiap kebutuhan memasak dan menyajikan makanan.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse