8 Macam Kerajinan Tangan Ini Bisa Kamu Jual, Lho!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ragam Ide Kerajinan Tangan untuk Bisnis Sampingan

Daftar kebutuhan hidup semakin banyak dan harganya semakin tinggi saja, sedangkan pendapatan tidak kunjung bertambah. Mungkin inilah saatnya untuk kamu mencari hobi sebagai penghasilan sampingan yang bisa dikerjakan di rumah. Misalnya dengan membuat kerajinan tangan yang bisa dijual.

Sebagai inspirasi, Kania akan berikan daftar kerajinan tangan yang bisa dijual dan mudah dibuat untuk kamu coba di rumah!

1. Kerajinan tangan serba rajut

kerajinan tangan dari rajutan berbentuk boneka beruangpixabay.com

Kerajinan tangan dari benang wol ini bisa diciptakan menjadi beragam benda yang bermanfaat. Misalnya saja sweater, selimut, syal, dan boneka.

Harga jual kerajinan serba rajut ini cukup mahal karena dibuat secara manual dan membutuhkan ketelitian. Supaya hasil rajutan ini berkualitas, pilihlah benang wol yang tidak mudah terurai ketika selesai dirajut serta hangat tapi lembut di kulit. Selain itu, rajinlah menyusuri internet untuk mendapatkan ide pola yang menarik.

2. Buket bunga dari kertas dan kain

kerajinan tangan berupa buket bunga kertaspaper-rose.com

Bunga merupakan lambang kasih sayang. Buket bunga laris di pasaran untuk melengkapi momen ulang tahun, wisuda, lamaran, dan sebagainya. Tapi, belakangan ini orang-orang mulai beralih ke bunga palsu. Lantaran harganya lebih murah dan sifatnya awet, tidak seperti bunga asli yang umumnya hanya bertahan satu minggu.

Fenomena ini bisa dijadikan sumber penghasilan. Misalnya dengan membuat kerajinan tangan berupa buket bunga dari kain flanel atau kertas bekas. Pelajarilah cara membuat aneka jenis bunga dan padukan menjadi satu ikatan. Supaya semakin cantik, lengkapi juga hasil kerajinan ini dengan kertas pembungkus dan pita.

3. Kerajinan tangan serba resin

kerajinan resin dengan bentuk butiran air sebagai liontin kalungpinterest.com

Resin merupakan cairan yang dibuat dari getah pohon kunjung. Warnanya bening dan bisa membeku ketika dijemur di bawah sinar matahari. Sifatnya ini menjadikan resin sebagai material kerajinan tangan yang unik.

Kamu bisa membuat liontin kalung, anting, cincin, hingga gantungan kunci. Cetakan untuk resin sudah tersedia banyak di pasaran, kamu tinggal pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

perlengkapan untuk membuat kerajinan resin sebagai gantungan kunciepicworkshops.com.sg

Supaya lebih menarik, tambahkan material lain seperti serbuk glitter atau tanaman kering. Kalau mau ditambahkan pewarna juga bisa. Modalnya terjangkau, tapi harga jual kerajinan ini cukup tinggi karena tampilannya cantik.

4. Kerajinan lilin pengharum ruangan

kerajinan lilin pengharum ruangan dengan rempah-rempahdekoruma.com

Dulu, lilin berfungsi sebagai sumber penerangan. Sekarang, lilin mulai dikembangkan sebagai aromaterapi. Nama kerajinan tersebut adalah lilin aromaterapi atau wax sachet. Ciri khas dari kerajinan ini adalah hiasan bunga atau rempah kering. Aroma lilin ini akan mengharumkan ruangan tanpa perlu dibakar dulu.

membuat kerajinan lilin aromaterapi dengan rempah rempahthehandmadehome.net

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya adalah bee wax, wadah untuk mencairkan lilin, cetakan lilin, minyak aromaterapi, dan bunga atau rempah kering. Pilihlah cetakan khusus lilin yang bentuknya menarik dan sudah dilengkapi dengan lubang untuk tali. Kalau kamu kesulitan mencari cetakan, Dekoruma jual cetakan dengan berbagai bentuk dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Salah satunya adalah cetakan dari Green Leaf.

Setelah meletakkan campuran lilin dan minyak aromaterapi, susunlah bunga atau rempah kering di atasnya. Sesuaikan hiasan dengan wangi lilin, kemudian biarkan hingga membeku. Beberapa hiasan yang sering digunakan untuk kerajinan ini adalah kelopak mawar, lavender, baby breath, kayu manis, dan biji kopi.

5. Aneka kerajinan pajangan dari CD bekas

kerajinan bingkai foto dari kepingan cd bekasmakeiteasycrafts.com

Bagian belakang CD dapat memancarkan aneka warna saat tertimpa cahaya. Tampilannya begitu cantik, bagaikan kristal. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai material kerajinan tangan. Misalnya dengan membuat dekorasi mozaik yang membentuk siluet binatang ataupun memanfaatkannya sebagai dekorasi bingkai foto.

6. Kerajinan tangan scrapbook

ide kerajinan tangan scrapbookwithlovefromlou.co.uk

Scrapbook merupakan kerajinan tangan yang dibuat seperti buku dengan beberapa halaman yang berisi foto, tulisan, atau hiasan. Ide kerajinan tangan yang satu ini sedang populer karena sangat cocok untuk dijadikan kado spesial.

Cara membuatnya pun tidak sulit. Alat dan bahan yang kamu butuhkan adalah buku kosong, kertas dengan aneka warna dan motif, gunting, lem, alat tulis seperti pensil, spidol, dan crayon, foto-foto yang ingin ditempelkan, dan hiasan sesuai selera.

Nah, jika semua alat dan bahan sudah siap, kamu bisa langsung membuat kerajinan tangan ini. Pertama, tentukan dulu konsep scrapbook yang ingin kamu buat, termasuk ukurannya. Setelah itu, kamu bisa mulai menghiasnya sesuka hati. Mulai dari, melapisi buku dengan kertas warna, menempelkan foto dengan tulisan kenangan manis, hingga menambahkan aneka hiasan untuk mempercantik scrapbook.

7. Kerajinan tangan aksesoris cantik

kerajinan tangan kalung moteamazon.com

Kehadiran aksesoris tidak pernah padam dari zaman ke zaman, baik itu untuk wanita, pria, ataupun anak-anak. Untuk aksesoris tertentu, pembuatannya memang dilakukan secara masal melalui pabrik. Namun, kamu juga bisa, lho membuat aksesoris sederhana sebagai kerajinan tangan!

Kerajinan tangan ini bisa berupa gelang, kalung, cincin, atau jepitan rambut. Proses pembuatannya pun sangat simpel dan tidak memerlukan keahlian khusus, misalnya membuat kalung dari mote atau jepitan yang hanya perlu kamu tempelkan hiasan saja. Nantinya, hasil kerajinan tangan ini bisa kamu jual dan mendapatkan penghasilan tambahan, deh!

8. Kerajinan tangan makrame

kerajinan tangan hiasan dinding makramestayathomemum.com.au

Kerajinan tangan berupa makrame bisa kamu buat dengan kreativitas sendiri meskipun memerlukan sedikit teknik dasar karena kamu harus melakukan simpul-menyimpul menggunakan berbagai tali makrame. Hasil dari kerajinan ini pun sangat bervariasi, mulai dari gantungan kunci hingga hiasan dinding.

Kedelapan kerajinan tangan tadi hanyalah segelintir dari sekian banyak kerajinan yang dapat dijadikan sumber penghasilan. Apabila hobi membuat kerajinan ini dilakukan dengan tekun, pasti akan membuahkan hasil maksimal. Manfaatkan e-commerce sebagai lapak jualanmu. Selamat berbisnis!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma bisa jadi tempat yang tepat, lho! Dekoruma jual kursi makan, meja makan, sofa, bahkan jasa desain interior juga tersedia.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan aneka jenis kasur dengan berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan kamar tidurmu. Dekoruma jual kasur The Luxe, kasur King Koil, dan kasur Alga, King Koil. Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!

Voucher Dekohouse