Siap Sebelum Mati Lampu, Ketahui Cara Kerja Genset dan Jenis-Jenisnya!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Mulai dari peralatan rumah tangga, sekolah, industri hingga peralatan pribadi membutuhkan listrik untuk beroperasi. Namun tak bisa dipungkiri bahwa listrik juga tak selamanya akan menyala terus. Saat mati lampu, tentu genset menjadi pilihan untuk menghadirkan kembali listrik yang diperlukan agar keseharian dapat berjalan kembali dengan lancar.

Genset memang sudah menjadi alat bantu sebagai sumber listrik ketika mati lampu yang kini sudah dimiliki oleh berbagai kalangan, mulai dari pemilik industri, pengusaha hingga masyarakat biasa.

Sebagai daya listrik cadangan, ada baiknya mengetahui bagaimana prinsip kerja genset agar kamu tak salah dalam mengoperasikannya dan tahu cara memakainya dengan baik dan benar.

Komponen yang bekerja di dalam genset

mesin genset warna birunorwall.com

Untuk mengetahui cara kerja genset, tentunya kamu juga harus tahu komponen utama yang bekerja untuk menghasilkan energi listrik. Komponen tersebut diantaranya adalah engine, alternator, fuel system, voltage regulator, cooling and exhaust system, lubrication system, battery charger, control panel dan main assembly.

Kesembilan komponen di atas akan saling mendukung agar genset bisa menghasilkan listrik yang sesuai dengan kebutuhan atau kapasitas yang diperlukan.

Cara listrik dihasilkan

mesin genset warna kuning depan pintu rumahsciencestruck.com

Pada dasarnya, prinsip kerja genset sendiri adalah mengubah tenaga mekanis menjadi tenaga listrik melalui proses induksi elektromagnetik. Alternator atau penghasil arus bolak-balik (AC) menyuplai tenaga listrik saat terjadinya gangguan yang tidak diinginkan.

Suplai tersebut nantinya akan digunakan untuk beban prioritas, sedangkan genset merupakan bagian dari generator. Sistem generator terdiri dari panel, yang memiliki energi yang berasal dari bahan bakar seperti solar, diesel atau kincir angin.

Genset bisa kamu nyalakan saat terjadi pemadaman listrik dan mulai beroperasi ketika listrik mati dalam waktu sepuluh detik. Dalam sepuluh detik ini, tenaga listrik dialihkan agar mengalir dari mesin sehingga listrik bisa menyala kembali.

Jenis-jenis mesin berdasarkan bahan bakarnya

mesin genset bahan bakar gas dari tabung gas lpgprepperworld.org

Tidak semua genset menggunakan bahan bakar yang sama. Adalah jenis di atas yang menggunakan bahan bakar gas untuk menyalakannya. Umumnya, suplai bahan bakar gas tersedia melalui tabung gas LPG (Liquid Petroleum Gas) atau CNG (Compressed Natural Gas).

mesin genset berbahan bakar diesel warna kuningshutterstock.com

Selain itu, terdapat genset yang memanfaatkan bahan bakar diesel. Jenis ini sangat mudah dioperasikan sehingga lebih umum digunakan juga.

Selain itu genset jenis ini memiliki kapasitas watt yang sangat tinggi yaitu kisaran 5kW (5.000 watt) hingga 2Mw (2.000.000 watt). Tak hanya itu, terdapat juga mesin berbahan bakar bensin, jenis yang portabel, hingga mesin turbin yang tentunya bisa kamu pilih untuk hunianmu.

Mesin otomatis atau ATS

automatic transfer switch atau ats untuk mesin gensetlegrand.com.au

Kini, auto transfer switch atau ATS mulai umum ditemukan di pasaran dan memang sangat dibutuhkan agar pekerjaan sehari-hari dapat dilakukan dengan aman dan nyaman. Prinsip kerjanya sama dengan mesin genset pada umumnya, namun terdapat beberapa tambahan fitur.

Panel pada genset dengan ATS harus dilengkapi dengan timer dan memiliki alat penyimpan daya DC untuk menghidupkan mesin yang ada pada panel tersebut saat daya listrik terputus dari PLN.

Tips memilih genset yang sesuai dengan kebutuhanmu

mesin genset warna merahlawnaholic.com

Pilih genset yang sudah kamu sesuaikan dengan kebutuhan daya listrik. Perhatikan daya listrik yang diperlukan elektronik rumah tangga. Jika ternyata konsumsi listrik hunian tergolong kecil, cukup pilih mesin dengan output watt yang lebih rendah dari kapasitas listrik hunianmu.

Pilih bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan listrik di rumahmu. Genset dengan kapasitas besar, umumnya memakai bahan bakar solar. Apakah kamu membutuhkan tipe yang permanen atau portabel? Pikirkan juga apakah kamu memerlukan fitur silent mode atau mode bisu agar genset tidak mengeluarkan bunyi saat dinyalakan.

mesin genset warna jinggashutterstock.com

Walaupun tidak semua orang mempunyai genset, penting untuk mengetahui cara kerja serta jenis-jenisnya agar kamu bisa menentukan apakah benar-benar perlu atau tidak. Pertimbangkan juga anggaran rumah tangga kamu saat mempertimbangkan membeli genset.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse