Sebagai Sekat Ruangan Lipat, Intip 6 Inspirasi Sketsel Minimalis Modern Berikut!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Sketsel atau sekat ruangan lipat memang berperan penting dalam melengkapi desain interior hunian. Apalagi akhir-akhir ini, kebutuhan akan sekat untuk memberikan privasi dalam ruangan terbuka kian meningkat.

Penggunaan sketsel sebagai dekorasi ruangan bisa meningkatkan estetika interior ruangan. Berdasarkan fungsinya, sekat ruangan ini juga bisa membantu membagi ruang dengan efisien sehingga ruangan tampak lebih luas.

Nah, karena jenis dan model sketsel juga bermacam-macam, kamu pasti bingung memilih, bukan? Tak perlu khawatir, kali ini Kania bakal membagikan inspirasi desain sketsel yang bisa kalian hadirkan di rumah.

1. Sketsel kayu minimalis

sketsel kayu minimaliscoldcoldlake.com

Ketika kamu ingin memisahkan ruangan menjadi beberapa area, kamu bisa memilih sketsel kayu seperti inspirasi di atas. Biasanya, model ini dipilih karena dapat menyaring cahaya matahari agar tidak terlalu terik dan tidak menghambat sirkulasi udara. Cahaya bisa masuk melalui celah-celah kayu sehingga tak perlu khawatir ruangan akan kekurangan pencahayaan.

Kamu bisa memasang sketsel kayu di ruang tamu untuk memberikan privasi kepada penghuni rumah. Bahan kayu warna cokelat yang alami dan netral pastinya memudahkan kamu untuk menaruh sekat ruangan di manapun yang kamu mau.

2. Sketsel motif oriental minimalis

sketsel oriental warna hitam dengan motif bungawashingtonpost.com

Untuk kamu yang ingin memberikan sentuhan oriental pada ruang tamu atau ruangan yang lainnya, kamu bisa menambahkan sketsel berwarna hitam dengan lukisan berwarna emas ini. Daripada menjadi sekat ruangan, ia lebih berfungsi sebagai pemanis ruangan sehingga diletakkan berdekatan dengan dinding.

Ruang tamu pun terlihat lebih hidup dan tidak terasa hampa berkat sketsel dengan sentuhan oriental ini. Dijamin tamu makin terpukau dengan warna hitam dan emas yang dihadirkan untuk menambah kesan elegan pada desain ruang tamu.

3. Sketsel manis dengan gaya tradisional Jepang

sketsel jepang dengan ornamen bungacoldcoldlake.com

Sketsel dengan motif bunga ini sengaja dirancang untuk menjadi pembatas sekaligus dekorasi ruangan yang terlihat feminin. Warna kanvas yang lembut dengan motif bunga, serta tampilan alami dari bingkai kayu akan membuat ruangan tampak cantik dengan estetik rumah tradisional Jepang. Sekat ruangan ini bisa kamu taruh di ruang tidur sebagai dekorasi atau bisa juga sebagai partisi di dalam ruangan.

4. Karya DIY dari kayu palet

sketsel rustic dari palet kayupinterest.com

Selain sketsel yang bisa kamu dapatkan dari membeli di toko, kamu juga bisa mencoba proyek DIY sendiri dengan memanfaatkan barang bekas yang dimiliki. Contoh saja inspirasi di atas dengan tema rustic ini.

Untuk membuat sketsel yang satu ini, kamu bisa mengumpulkan kayu palet untuk rangka. Kemudian, susun kayu tersebut menyamping agar dapat disambungkan. Tekstur kayu jangan diperhalus karena memang sengaja untuk memberikan kesan alami sebagaimana ciri khas dari gaya interior rustic pada umumnya.

sketsel dari palet kayu dalam ruangan berantakanshutterfly.com

Uniknya, sketsel rustic ini bisa kamu manfaatkan sebagai dinding untuk menggantung berbagai hiasan dinding. Mulai dari pernak pernik vintage, bingkai foto, hingga poster. Lumayan dapat menjadi papan inspirasi di ruangan, bukan?

5. Sketsel dengan gaya kontemporer

sketsel desain kontemporer dengan pola lingkaranpinterest.com

Sketsel tiga panel dengan desain kontemporer ini bisa menambah keunikan pada rumahmu. Dengan warna kanvas berwarna putih dan juga aksen pola lingkaran di setiap kanvas menambah keunikan dari sekat ruangan ini. Tentunya sangat cocok untuk melengkapi desain ruang tamu minimalis di hunian.

6. Karya seni dekoratif sebagai pembatas ruangan

sketsel dengan hiasan burung merak di background warna birufindpearl.co

Penggemar karya seni dekoratif tentunya tak boleh melewatkan sketsel yang satu ini. Kombinasi desain berwarna biru dengan corak pohon sakura dan burung. Sekat ruangan kreatif ini akan sempurna, terutama jika disandingkan dengan furniture minimalis modern berwarna netral.

Nah setelah mengetahui berbagai inspirasi Kania di atas, apakah kamu tertarik menghadirkan salah satu desain sketsel dalam hunianmu?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse