Rumah Terasa Lebih Damai, Intip 6 Inspirasi Kolam Ikan Hias Berikut!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Setelah seharian lelah beraktivitas, tentu kamu ingin menikmati suasana damai di rumah. Salah satu cara untuk menciptakan suasana tersebut adalah membuat kolam ikan hias.

Kehadiran elemen air, terutama suara gemericiknya, tidak hanya membuat rumah terasa damai tapi juga sejuk. Memandang kolam ikan hias penuh dengan aneka ragam ikan-ikan hias yang berenang ke sana ke mari, hati juga akan lebih tenang!

Bagi kamu yang memiliki lahan kosong di halaman rumah, buatlah kolam ikan hias tersebut. Yuk, ambil inspirasi dari enam kolam ikan hias yang telah Kania kumpulkan berikut.

Kompleks ala kolam ikan hias

kolam ikan hias dengan dek kayu di tengah sebagai tempat santaipinterest.com

Seperti hewan peliharaan pada umumnya, ada beberapa jenis ikan yang tidak bisa dicampur dengan jenis lainnya. Baik itu karena sifat agresifnya atau kebutuhan sirkulasi air yang berbeda. Jika kamu berminat untuk memelihara jenis ikan yang beragam, buat saja kolam ikan hias seperti inspirasi di atas.

Bentuk persegi besar dibagi menjadi empat bagian. Dua untuk kolam ikan hias biasa, satu dengan air terjun mini, dan satu lagi ditutup dengan papan kayu sebagai tempat santai dengan kursi dan meja teras. Ikan bisa hidup tenang dan kamu bisa menikmati semuanya.

Kolam ikan hias dengan tempat duduk khusus

desain kolam ikan hias dengan tempat duduk dari papan kayudecorating.com

Semakin dekat dengan kolam ikan hias, maka suara gemericik air akan terdengar jelas. Oleh karena itu, mengapa tidak membuat desain kolam ikan minimalis dengan tempat duduk khusus?

Posisi tempat duduk menempel dengan dinding luar kolam ikan hias. Pada bagian tengah kolam, letakkan air mancur untuk dekorasi. Pas untuk nongkrong di sore hari sambil menyeruput teh hangat.

Kolam ikan hias dengan menara pandang

kolam ikan hias dalam tabung kaca tembus pandangreddit.com

Kolam ikan hias pada umumnya memiliki permukaan air yang rata sehingga hanya bisa dilihat dari atas. Tapi, ada saatnya di mana kamu ingin melihat mereka dari sudut pandang yang berbeda.

Jadi, buatlah kolam ikan hias dengan menara pandang. Bentuknya bisa berupa silinder atau kotak. Di dalamnya ada air sehingga ikan bisa bermain ke sana dengan aman dan kamu bisa mengamati pergerakan mereka dengan lebih saksama.

Kolam ikan minimalis bentuk persegi panjang

kolam ikan hias penuh daun teratai berbentuk persegi panjangpinterest.com

Untuk lahan yang bentuknya memanjang, buatlah kolam ikan hias dengan bentuk persegi panjang. Kamu bisa membuatnya di tengah area supaya terlihat oleh orang yang lalu-lalang ataupun yang duduk santai di pinggir halaman.

Selain dibiarkan dengan pompa air, kamu juga bisa menambahkan aneka tanaman air yang juga dapat membantu membersihkan kolam ikan hias. Lumayan juga ditata sebagai dekorasi kolam.

Kolam ikan hias dari batu alam

kolam ikan hias dengan pinggiran batu alam bertingkatthesprucepets.com

Kolam ikan hias dari batu alam mampu menciptakan nuansa damai khas pedesaan. Desain kolam ikan seperti ini paling bagus dibuat dalam bentuk yang abstrak dan berlekuk. Untuk lahan berukuran sedang, buatlah kolam ikan dengan permukaan datar.

Apabila memiliki lahan besar, buatlah kolam ikan hias lengkap dengan dinding dan tingkatan-tingkatan kecil untuk mengalirkan air. Serasa sedang berada di tengah alam bebas sungguhan.

Bagaikan akuarium yang menyatu dengan taman

desain kolam ikan hias dengan dinding kaca tembus pandangtrendir.com

Akan sangat menyenangkan jika bisa menikmati keindahan motif ikan koi sambil mendengarkan suara aliran air. Oleh karena itu, buatlah kolam ikan hias dengan dinding kaca. Pasalnya, motif ikan koi terlihat jelas pada sisi kanan dan kiri tubuhnya. Model kolam ini mengingatkan kita pada akuarium-akuarium raksasa. Keren, ya?

Inspirasi desain kolam ikan hias tadi bisa disesuaikan dengan berbagai pertimbangan. Misalnya keserasian dengan gaya eksterior rumah, ketersediaan lahan, dan besarnya mesin untuk kebutuhan sirkulasi air. Apa pun pilihanmu, pastikan untuk membersihkan kolam dari lumut dan daun kering secara rutin. Dengan begitu, ikan dapat hidup dengan nyaman dan kamu bisa menikmati kedamaian.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse