Ingin Tampilan Rotan Estetik? Ketahui Dahulu Perbedaan Rotan Sintetis dan Rotan Alami

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Rotan memang sudah sejak lama dijadikan sebagai bahan material utama untuk perabotan rumah. Meski kini makin banyak bahan material modern lain yang tampil di pasaran, rotan kini juga diproduksi dalam bentuk rotan sintetis ataupun rotan alami yang dijadikan berbagai kreasi mulai dari meja, kursi, vas bunga dan masih banyak lagi.

Perabotan yang terbuat dari rotan alami ataupun rotan sintetis sampai saat ini masih menjadi pilihan karena tampilannya yang klasik untuk dekorasi rumah. Bahan ini juga mampu menyatu dengan bahan lainnya seperti kayu atau besi. Selain itu, perawatan bahan rotan juga sangat mudah yaitu cukup dicuci bersih, dijemur kemudian disemprot atau dicat ulang.

kursi dari rotan sintetisgetthegusto.com

Namun seiring dengan banyaknya permintaan, rotan pun tak hanya berhenti dari penggunaan bahan alami saja. Sebagian pengrajin kini mulai mengembangkan rotan sintetis yang terbuat dari bahan polyethylene atau bahan plastik.

Selain dianggap kurang ramah lingkungan, rotan sintetis ternyata mulai digandrungi karena didapuk lebih tahan lama dari rotan alami. Sebenarnya, apa saja perbedaan dari rotan alami dan rotan sintetis itu sendiri?

Anyaman pada rotan sintetis lebih rapi

tampak dekat anyaman rotan sintetis warna hitaminsideoutrecreation.com

Furnitur yang terbuat dari rotan sintetis pada umumnya dianggap lebih rapi dari rotan alami karena dibuat dengan mesin yang memiliki presisi yang tepat dan sesuai dengan desain furnitur yang diinginkan. Tak hanya itu, tidak ada sisa sambungan antara rotan seperti yang biasa terjadi jika furnitur dibuat dari rotan alami. Sambungan antar rotan inilah yang membuat furnitur sering kali tampak tidak rapi.

Bobot rotan sintetis lebih ringan

meja dan kursi teras dari anyaman rotan sintetislakeland-furniture.co.uk

Perabotan yang terbuat dari rotan sintetis juga pada umumnya memilki berat atau bobot yang lebih ringan dari rotan alami. Hal ini membuat segala furniture dari bahan sintetis lebih mudah dipindah-pindahkan. Jadi tak heran kalau berbagai kalangan dari dunia usaha seperti hotel, resort, kedai kopi, restoran, hingga perkantoran juga lebih memilih menggunakan bahan rotan sintetis karena segi fleksibilitasnya.

Rotan sintetis lebih mudah untuk dibersihkan

kursi teras dari rotan sintetis dengan selimutcountrystyle.se

Furnitur berbahan rotan sintetis juga mudah untuk dibersihkan jika dibandingkan dengan bahan rotan alami. Kamu tinggal menggunakan lap atau kain yang lembab untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel. Dari segi pemeliharaan dan perawatan, tentunya furnitur yang terbuat dari rotan sintetis lebih unggul dari rotan alami.

Furnitur dari rotan sintetis lebih tahan lama

sofa dari rotan sintetis di samping kolam renangthefarthing.co.uk

Karena terbuat dari bahan plastik, furnitur yang terbuat dari rotan sintetis tidak akan mendatangkan rayap. Selain itu, bahan ini juga dikenal kuat terhadap air dan cahaya matahari langsung sehingga kamu juga bisa menempatkan furnitur seperti sofa, set meja dan kursi teras hingga sofa bed di luar ruangan tanpa takut rusak.

Pilihan warna dan desain furnitur rotan sintetis lebih beragam

sofa warna putih dari rotan sintetisvendomemag.com

Sifat elastis yang dimiliki oleh rotan sintetis membuatnya lebih mudah dibentuk dibandingkan dengan rotan alami. Sehingga pilihan desainnya juga makin beragam dan bisa dibuat sesuai dengan selera sendiri. Warna yang dihasilkan juga lebih variatif. Jadi kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan ruanganmu!

kursi lipat dengan sandaran dari anyaman rotan sintetispinterest.com

Namun, Kania memperingatkan agar memperhatikan bahan dasar rotan sintetis dari perabot yang dibeli. Untuk memilih perabot dari bahan sintetis aman, kamu perlu membeli yang terbuat dari bahan polyethylene, bukan bahan PVC (polyvinyl chloride) atau zat beracun.

Salah satu cara yang efektif untuk menentukan furnitur rotan sintetis hanya dengan membelinya melalui produsen penghasil produk furniture rotan yang telah memiliki reputasi dan terpercaya. Apakah kamu tertarik untuk membeli perabot dari rotan untuk rumahmu?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse