Lahan Terbatas Bukan Halangan, 6 Desain Taman Belakang Ini Siap Menghiasi Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Memiliki desain taman belakang yang dipenuhi bunga dan tanaman hijau merupakan impian sebagian besar pemilik hunian. Hunian tidak hanya tampak cantik, tapi juga asri dan memiliki tempat relaksasi pribadi.

Bagi kamu yang memiliki lahan terbatas, jangan berkecil hati. Pasalnya, keindahan dan keasrian desain taman belakang rumah tidak ditentukan dari ukuran lahan. Tapi dari segi kreativitas dan konsep yang diterapkan.

Walaupun rumah mempunyai lahan belakang yang luas ataupun terbatas, bingung juga bagaimana menerapkan desain taman belakang yang sesuai. Ambil saja inspirasi dari berbagai desain taman belakang berikut ini!

Desain taman belakang dengan jalan setapak

desain taman belakang dengan jalan setapak bundar dari batu alamgardenloversclub.com

Coba tengok desain taman belakang milikmu saat ini. Apakah nuansanya begitu membosankan karena hanya ada rumput dan semak-semak? Kalau iya, coba tambahkan jalan setapak untuk aksen dekorasi sekaligus mencegah alas kaki kotor dari tanah basah.

Sesuaikan ukuran batu-batu dengan lahan yang tersedia. Model batu koral untuk jalan setapak dalam desain taman belakang ini dapat divariasikan, sehingga kamu bebas memilih desain yang paling kamu sukai.

Pot bunga besar sebagai focal point pada desain taman belakang

desain taman belakang dengan berbagai bunga dalam gerobak kayumetrobrokers.com

Desain taman belakang pada lahan terbatas tidak membutuhkan banyak dekorasi. Jadi, pastikan untuk menentukan satu benda yang bisa menjadi dekorasi sekaligus focal point.

Misalnya saja sebuah wadah bunga besar dari gerobak kayu usang. Kamu bisa menggunakan benda lain seperti ember, pot tanah liat, tong, koper usang, dan sebagainya. Tanamlah berbagai jenis bunga dalam wadah tersebut untuk tampilan yang estetik dari desain taman belakang ini.

Desain taman belakang dengan tempat nongkrong bertingkat

desain taman belakang dengan tangga bertingkat dan kanopi kayuantiqueevents.co.ke

Membuat bangunan bertingkat adalah solusi untuk memiliki cukup ruang pada lahan terbatas. Solusi ini juga bisa diterapkan pada desain taman belakang, lho. Buatlah tempat nongkrong lesehan dengan lantai kayu. Kemudian tempatkan sejumlah pot tanaman hijau di sekelilingnya.

Sisakan area dalam desain taman belakang milikmu untuk mendirikan tangga menuju lantai atas yang bisa digunakan sebagai area jemur atau pesta BBQ. Dengan adanya kanopi kayu ini, kamu pun bisa bebas dari sinar matahari yang terik saat bersantai.

Pot bunga tulip pada desain taman belakang

desain taman belakang dengan bunga tulip tumbuh di sepanjang pagar putihpinterest.ru

Sebuah taman harus memiliki rumput dan semak-semak atau pohon. Singkirkan pemikiran seperti itu, karena dengan pot bunga saja, kamu sudah bisa memiliki suatu taman.

Desain taman belakang berikutnya dihias dengan pot bunga tulip yang menempel pada pagar. Bentuknya minimalis dan dibuat menggunakan material yang sama dengan material pagar. Taman terlihat asri dan cantik, penghuni rumah pun bisa berlalu-lalang dengan nyaman.

Hadirkan kolam air terjun yang menyejukkan

desain taman belakang dengan air terjun dari patung singafamilyhandyman.com

Kehadiran elemen air pada desain taman belakang akan membawa kesejukan. Menyesuaikan dengan ukuran lahan, pilihlah kolam air terjun yang cukup tinggi dengan volume air yang bisa diatur seperlunya.

Tempatkan pada sudut taman belakang. Hias sekelilingnya dengan aneka pohon dan semak-semak. Bila memungkinkan, letakkan kursi malas di tempat yang teduh. Membaca buku di atas kursi malas akan lebih nyaman dibarengi dengan suara aliran air dan semerbak wangi bunga.

Desain taman belakang dengan tata letak tanaman yang unik

desain taman belakang dengan bunga yang ditanam melingkargardenloversclub.com

Pernah lihat taman bunga komersial yang tanamannya ditata berdasarkan warna? Nah, kamu juga bisa membuat versi mininya untuk desain taman belakang.

Tentukan saja bunga yang kamu sukai, kemudian tentukan tata letaknya. Apakah meliuk atau melingkar atau ala papan catur? Lalu bereksperimenlah sedikit. Misalnya menambahkan tanaman hijau atau patung kecil di bagian tengah.

Terbukti kalau lahan terbatas bukan halangan untuk menerapkan desain taman belakang, bukan? Ayo, gali kreativitasmu berdasarkan inspirasi di atas dan wujudkan taman belakang yang mampu menghias rumah!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse