Agar Tanah Subur, Ikuti Cara Membuat Kompos Organik dari Sampah Rumah Tangga Berikut!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ingin tanah di hunianmu subur? Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menyuburkan tanah dan membuat tanaman bisa tumbuh secara sempurna, salah satunya adalah menerapkan berbagai cara membuat kompos agar menjadi pupuk.

Tak perlu menghabiskan uang untuk membelinya lagi karena kamu bisa mengikuti cara membuat kompos organik dari sampah rumah tangga. Cara membuat kompos ini tak hanya mudah dilakukan, namun sangat ekonomis dan bisa memaksimalkan pertumbuhan tanaman di hunianmu. Untuk selengkapnya, ikuti cara membuat kompos organik berikut ini!

Kumpulkan Sampah Organik Rumah Tangga

cara membuat kompos dari sampah rumah tangga pisang dan telurorificewasterecycling.com

Cara membuat kompos pertama adalah mengumpulkan sampah dapur yang berasal dari bahan organik seperti sayur dan buah. Kedua bahan tersebut sangat mudah terurai sehingga ideal menjadi bahan utama saat melakukan cara membuat kompos organik, namun pastikan sampah tersebut masih dalam kondisi baik dan belum membusuk.

Supaya lebih mudah, kamu bisa mengategorikan penampungan sampah rumah tangga dengan memisahkan sampah sayur dan buah serta sampah rumah tangga lain memakai wadah tempat sampah yang berbeda. Setelah itu, lanjutkan cara membuat kompos ini dengan memotong sampah organik tersebut sekitar 1-2 cm agar proses penguraian bisa terjadi lebih cepat.

Siapkan Wadah Khusus untuk Proses Pengomposan

tong hitam untuk menerapkan cara membuat komposhayneedle.com

Cara membuat kompos selanjutnya adalah menyiapkan wadah khusus untuk proses pengomposan sampah organik. Dalam proses cara membuat kompos ini, kamu bisa memanfaatkan ember, baskom atau tong yang telah dilubangi pada bagian bawahnya, lalu tempatkan di atas susunan batu supaya tidak menyentuh tanah secara langsung dan meminimalisir wadah agar tidak terkena air.

Setelah itu, masukkan sampah organik yang sudah kamu potong, lalu tutup bagian atas wadah dengan aluminium foil atau plastik supaya proses penguraian menjadi lebih cepat.

Proses Penguraian Kompos Organik

sampah rumah tangga dalam kotak kayu sebagai cara membuat komposagcanada.com

Cara membuat kompos selanjutnya memasuki proses penguraian bahan yang telah kamu simpan di dalam wadah. Jika kamu baru pertama kali melakukan cara membuat kompos tersebut, kamu bisa mencampurkan sampah organik dengan bahan EM4, pupuk kandang, serbuk gergaji ataupun ragi kompos untuk mempercepat proses pembusukan sampah, lalu aduk semua bahan setidaknya satu minggu sekali.

Dalam menjalankan cara membuat kompos ini, kamu juga bisa mencampurkan sampah organik baru dengan sampah organik lama yang sudah mengalami pembusukan. Sebab, sampah organik yang kamu simpan pada wadah dalam periode waktu lebih lama sudah memiliki banyak kandungan mikroorganisme sehingga mempercepat proses penguraian sampah organik baru.

Proses Pematangan Kompos

cara membuat kompos dari sampah rumah tangga yang ditaruh ke atas tanahsrtwp.com

Setelah melakukan cara membuat kompos di atas, kamu bisa menunggu proses pematangan di dalam wadah. Perlu diingat, semakin lama kompos organik disimpan di dalam wadah, maka suhu akan terus meningkat. Terkait cara membuat kompos ini, kamu tinggal menunggu proses pematangan sekitar 6 minggu hingga sampah organik tidak mengeluarkan bau busuk menyengat dan hanya mengeluarkan bau tanah saja.

Selain itu, pastikan juga bahwa warna kompos telah berubah menjadi cokelat kehitaman dengan suhu sekitar 30 derajat Celsius. Jika karakter di atas sudah bisa kamu lihat, maka cara membuat kompos telah berhasil dilakukan dan kompos sudah siap untuk digunakan.

Kemas Kompos Agar Tahan Lama

cara membuat kompos organik dalam botol kacatvnz.co.nz

Cara membuat kompos terakhir dilakukan dengan mengemasnya menggunakan wadah plastik sehingga awet dan tahan lama. Namun, jangan lupa untuk meremas kompos organik yang menggumpal hingga menjadi butiran halus atau mengayaknya agar hasil lebih optimal. Dalam penggunaannya, kamu pun bisa langsung mencampurkan kompos dengan media tanam berupa tanah.

Bagaimana, apakah kamu tertarik melakukan cara membuat kompos di atas? Selamat mencoba rangkaian cara membuat kompos organik ini!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse