6 Tips dan Trik Menyimpan Barang dalam Ruangan Mungil

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Cara Mudah Menyimpan Aneka Benda dalam Ruangan yang Sempit

Tak bisa dimungkiri, sering kali hunian dipenuhi dengan banyak barang untuk melengkapi berbagai kebutuhan. Barang-barang tersebut akan membuat hunian terasa sesak dan berantakan jika tidak disimpan dengan baik. Apalagi kalau hunianmu berukuran mungil, seperti apartemen studio dan kos-kosan.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk menyimpan semua barang dalam ruangan mungil tersebut? Tenang, berikut ini Kania akan membagikan tips dan trik untuk menyimpan barang dalam ruangan mungil sehingga hunian tetap rapi. Yuk, simak ulasannya sampai habis!

Manfaatkan Area Bawah Ranjang untuk Menyimpan Barang

bagian bawah tempat tidur untuk menyimpan baranggetlaidbeds.co.uk

Masih banyak orang yang belum terpikirkan bahwa area bawah ranjang bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyimpan aneka barang. Supaya lebih rapi, sebaiknya kamu menyimpan barang-barang kesayangan menggunakan kotak penyimpanan, seperti container box.

Apabila memiliki budget lebih, silakan buat rak built-in yang menyatu dengan ranjang. Beberapa barang yang cocok disimpan di bawah ranjang adalah stok perlengkapan mandi, pakaian, sprei, dan sejumlah aksesoris. Jangan lupa, pastikan kamu menyimpan barang sesuai dengan kategori, ya agar lebih mudah saat mencarinya!

Menyimpan Peralatan Dapur dengan Gantungan

gantungan panjang untuk menyimpan alat masaklanzaroteya.com

Menyimpan peralatan dapur merupakan hal yang cukup menyebalkan. Hal ini karena peralatan dapur memiliki ukuran besar dan bentuk yang berbeda-beda. Kalau untuk menyimpan piring dan mangkuk, kamu bisa menumpuknya, tapi untuk panci, pisau, parutan, dan sebagainya lain cerita lagi. Oleh karena itu, cara terbaik untuk menyimpan peralatan dapur tersebut dalam ruangan mungil adalah menggantungnya.

Siapkan sebuah organizer gantungan rel besi dan pasang di area atas kompor atau tempat cuci piring. Gunakan pengait untuk menyimpan dan menggantungkan sejumlah peralatan dapur. Selain tidak makan tempat, area penyimpanan ini juga lebih mudah dibersihkan, lho!

Area pintu sebagai Tempat Menyimpan Aneka Barang

bagian pintu untuk menyimpan aneka barangonedayonly.com

Menyimpan barang di area pintu, mengapa tidak? Pilihlah beberapa spot dekat pintu yang tidak menghalangi jalur keluar-masuk, misalnya pada bagian belakang pintu di mana kamu bisa mengubahnya jadi rak sepatu vertikal. Gunakan saja organizer gantung dari bahan pvc yang ringan, tapi tetap kuat.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan bagian atas pintu untuk menyimpan sejumlah barang dengan menggunakan rak dinding. Namun, Kania sarankan area ini hanya untuk menyimpan barang yang jarang dipakai, seperti tool box atau aneka koleksimu. Hal ini karena lokasinya cukup tinggi dan akan sedikit merepotkan jika harus bolak-balik menyimpannya.

Gunakan Ottoman, si Furnitur Multifungsi

sebuah ottoman multifungsi warna hitam untuk menyimpan barangrobynaston.com

Dulunya, ottoman dijadikan sebagai tempat sandaran kaki sekaligus tempat duduk tambahan. Namun, pada zaman modern ini, ottoman sudah dimodifikasi sebagai tempat penyimpanan juga. Cukup buka bagian atasnya dan kamu bisa menyimpan aneka barang di dalamnya.

Ketika ditutup, ottoman bisa dijadikan sebagai tempat duduk. Furnitur serbaguna ini paling pas untuk menyimpan buku, alat tulis, bahkan makanan ringan. Dengan demikian, ruangan akan terlihat lebih rapi dan tidak ada yang menyangka kalau kamu menyimpan banyak barang di dalamnya. Tertarik menggunakannya?

Menyimpan Peralatan Make-up dalam Meja Rias

sebuah kotak make up untuk menyimpan barang

craftmill.co.uk

Bagi para wanita, memiliki koleksi make-up dan produk perawatan wajah dalam jumlah banyak adalah hal yang lumrah. Namun, menyimpan semua koleksi tersebut di atas meja dengan menggunakan laci kecil lagi kurang efisien pada ruangan mungil.

Nah, sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan meja rias ala Chinese wooden box. Bentuknya seperti box, tapi bagian penutupnya dilengkapi dengan cermin. Dengan demikian, kamu bisa menyimpan semua koleksi make-up di dalamnya sekaligus merias wajah. Praktis banget, ya?

Menyimpan Barang di Rak Vertikal

sebuah ruangan mungil dengan rak vertikal untuk menyimpan barangmocka.co.nz

Salah satu prinsip menyimpan barang di ruangan mungil adalah menyimpan secara vertikal. Oleh karena itu, kamu bisa manfaatkan rak vertikal yang tinggi dan ramping supaya hemat ruang. Apabila ruangan mungilmu memiliki sudut yang kosong, jangan ragu untuk meletakkan rak vertikal di sana.

Demikian tips dan trik untuk menyimpan barang dalam ruangan mungil yang bisa langsung kamu ikuti. Jangan lupa biasakan diri untuk segera menyimpan kembali barang-barang yang sudah digunakan ke tempatnya, ya! Selamat menikmati ruangan mungil yang rapi!

Selain informasi di atas, baca juga artikel dengan pembahasan menarik lainnya hanya di Dekoruma! Tidak hanya artikel, kamu juga bisa menemukan aneka produk kebutuhan rumah tangga, seperti furnitur, perabotan, dan dekorasi rumah. Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse