Bukan Sekadar Ilmu Bangunan, Ketahui Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kebanyakan orang menganggap bahwa arsitektur hanya mencakup ilmu bangunan saja. Padahal, pengertian arsitektur sangatlah luas dan mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya.

Pada artikel ini, Kania akan membagikan informasi terkait pengertian arsitektur yang dinyatakan oleh para ahli. Mau tahu apa saja?

Pengertian Arsitektur Menurut Marcus Pollio Vitrovius

pengertian arsitektur romawimythicalroutes.com

Dikenal sebagai bapak arsitektur dunia yang identik dengan karya De Architecture, tokoh yang satu ini menyatakan bahwa pengertian arsitektur merujuk pada kekuatan, estetika dan fungsi. Selain tiga poin utama tersebut, ilmu arsitektur sendiri pun dikembangkan dari ilmu pengetahuan lain seperti ilmu filsafat sehingga menghasilkan sebuah karya seni yang filosofis.

Pengertian Arsitektur Menurut Van Romondt

pengertian arsitektur gereja kunoarchitecturaldigest.com

Sementara itu, seorang tokoh akademisi arsitektur Indonesia pada awal abad ke-20, Van Romondt, menyatakan bahwa pengertian arsitektur merujuk pada ruang lokasi hidup sebagai tempat untuk membuat manusia merasa bahagia. Adapun, arsitektur di sini tak hanya merujuk pada keseluruhan ruang yang diciptakan oleh manusia, melainkan ruang yang terbentuk secara alami seperti gua.

Pengertian Arsitektur Menurut Robert Gutman

pengertian arsitektur bangunan dengan atap melengkungcincinnatiusa.com

Profesor sosiologis yang memiliki peranan penting dalam Komunitas Arsitektur Princeton University di Amerika Serikat, Robert Gutman, mempunyai pandangan sedikit berbeda terkait pengertian arsitektur. Menurutnya, arsitektur merupakan lingkungan produksi yang tak sekadar menjadi jembatan antara manusia dan lingkungan, melainkan berperan sebagai wadah ekspresi yang dapat mengatur kehidupan jasmani dan psikologi.

Pengertian Arsitektur Menurut Djauhari Sumintardja

pengertian arsitektur rumah dengan anyaman rotan dan tembok batu batafirstinarchitecture.co.uk

Tokoh arsitektur Indonesia, Djauhari Sumintardja, mengatakan bahwa pengertian arsitektur ialah sebagai karya manusia yang bermanfaat bagi manusia itu sendiri. Manfaat dari arsitektur tersebut dapat dirasakan oleh tubuh karena dapat memberikan perlindungan, serta memiliki manfaat bagi jiwa karena bisa menyuguhkan rasa nyaman, sejuk dan tenang.

Pengertian Arsitektur Menurut Walter Grofius

pengertian arsitektur gedung white houseclassicist.org

Sementara itu, arsitek kenamaan asal Jerman, Walter Grofius, mengatakan bahwa pengertian arsitektur ialah sebagai bentuk ekspresi yang berada di level tertinggi dari alam pikiran seseorang. Adapun, arsitektur tersebut mengandung sejumlah elemen kehidupan, di antaranya adalah semangat, kesetiaan, kemanusiaan, serta keyakinan.

Pengertian Arsitektur Menurut Francis DK Ching

pengertian arsitektur nusantara dengan atap runcingpinterest.com

Selanjutnya adalah profesor dari University of Washington, Francis DK Ching, yang memiliki definisi dan pengertian arsitektur tersendiri. Tokoh yang satu ini menyatakan bahwa arsitektur merujuk pada sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menyusun sebuah tautan sehingga mempersatukan bentuk, ruang, fungsi dan kiat.

Pengertian Arsitektur Menurut Renzo Piano

pengertian arsitektur bangunan putih miringdsgntalk.com

Pengertian arsitektur berbeda dinyatakan oleh Renzo Piano yang menyebutkan bahwa gaya arsitektur idealnya dirancang berdasarkan metode yang ada, bukan dibentuk menjadi sebuah merek dagang karena secara tak langsung akan membunuh kebebasan pada arsitek untuk mengembangkan ide, gagasan dan kreasi.

Pengertian Arsitektur Menurut Y.B. Mangunwijaya

pengertian arsitektur candi borobudurblogspot.com

Terakhir adalah pendapat dari seorang tokoh sastra, seni arsitektur dan rohaniwan asal Indonesia yakni Y.B. Mangunwijaya, yang mengatakan bahwa pengertian arsitektur diibaratkan sebagai vastuvidya (ilmu bangunan) yang mencakup ilmu tata gedung, tata bumi dan tata lintas. Tokoh yang satu ini juga menafsirkan bahwa arsitektur adalah pencipta suasana, citra dan perkawinan guna, serta tak sekadar dapat dilihat dari harga, material dan teknologi karena keindahan pun bisa tercipta dari hal-hal yang sederhana.

Dapat disimpulkan bahwa arsitektur tak hanya merujuk pada fungsi dan desain bangunan semata, namun memiliki makna filosofis yang mampu memberikan keseimbangan, keindahan, hingga memengaruhi kesehatan. Lantas, setujukah kamu dengan pengertian arsitektur menurut pendapat ahli di atas?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse