Desain 101: Berkenalan dengan Gaya Desain Bohemian yang Anti-Mainstream

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kamu pernah merasa bosan dengan desain interior rumah yang begitu saja? Mungkin kamu ingin mencoba sesuatu yang berbeda untuk desain interior hunianmu, misalkan dengan menerapkan gaya desain bohemian.

ruang tamu dengan gaya desain bohemianpinterest.com

Gaya bohemian sendiri sebenarnya sudah ada sejak pertengahan tahun 1800-an, berawal dari gaya hidup pengembara atau gipsi yang hidup secara nomaden. Akhirnya mulai disebut sebagai bohemian ketika para gipsi meninggalkan kota Bohemia di Eropa Tengah.

Melakukan perjalanan terus-menerus merupakan aspek penting dari gaya hidup bohemian. Sangat identik dengan gaya hidup spontan yang memanfaatkan benda-benda yang ada, gaya desain bohemian juga lekat dengan kondisi yang tidak teratur, namun khas pengembara yang identik dengan konsep desain vintage atau etnik.

gaya desain bohemian pada ruang keluarga dengan sofa cokelat dan dinding batu bataapartmenttherapy.com

Sebagai suatu gaya desain yang khas dan nyentrik, seiring waktu gaya ini makin populer dan digemari. Bohemian kemudian berkembang menjadi salah satu gaya dekorasi rumah yang unik.

Nah buat kamu yang tertarik dengan desain bohemian, simak ulasan Kania di bawah ini. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi desain interior rumah kamu!

Lekat dengan gaya desain interior yang tidak teratur

gaya desain interior bohemian dalam ruang keluarga dengan karpet bulu dan sofa kulitgreatideahub.com

Seperti yang sedikit dijelaskan di atas, gaya bohemian memang identik dengan kondisi yang tidak teratur. Berbeda dengan gaya interior minimalis yang memiliki kesan bersih dan kosong, gaya desain ini sering mengombinasikan warna dan corak yang bertabrakan.

Kondisi ruangan yang tampak tidak teratur akhirnya menjadi daya tarik khas bohemian yang nyentrik dan patut dicoba. Misalnya untuk ruang tamu, kamu bisa menambahkan bantal dekorasi dengan aneka ragam corak etnik yang unik. Kamu tidak perlu menyerasikan bantal-bantal tersebut agar bisa menciptakan kesan yang kontras.

Skema warna yang saling bertabrakan

ruang keluarga dengan gaya desain bohemian dan karpet permadanihome-designing.com

Gaya bohemian ini sangat kental akan penggunaan warna, tekstur dan juga aksen yang berlapis-lapis. Warna cerah menjadi warna dasar bagi interior ruangan.

Tak lupa, pernak-pernik atau dekor yang dipilih memiliki corak warna unik sehingga memberi kesan ramai khas bohemian. Bisa saja kamu menggunakan 20 pilihan warna berbeda atau mungkin hanya tiga, atau bahkan mungkin hanya bernuansa satu warna dengan kombinasi material yang berbeda-beda.

Kombinasi bahan-bahan tekstil yang berbeda

kamar tidur bohemian dengan dinding penuh bingkai fotopinterest.com

Kain atau bahan-bahan tekstil adalah salah satu unsur yang penting dalam desain bohemian yang biasanya diaplikasikan pada karpet, bed cover, bantal atau selimut. Kain dengan berbagai tekstur dan corak sering terlihat di seluruh ruang dalam interior bohemian.

Walaupun terlihat seperti melempar kain apapun ke dalam ruangan, pastikan tidak menumpuk terlalu banyak lapisan kain karena akan membuat ruangan terasa penuh dan pengap.

Furnitur bergaya vintage dari berbagai zaman

ruang keluarga dengan perapian menerapkan gaya desain bohemianhearstapps.com

Furnitur antik dengan gaya vintage merupakan furnitur yang paling sering digunakan saat menghias gaya bohemian. Walaupun biasanya akan menampilkan kesan lawas, antik atau tua, unsur spontan dari gaya bohemian juga berlaku untuk pemilihan furnitur.

Memanfaatkan furnitur seadanya, umumnya furniture akan dikumpulkan dari berbagai zaman yang berbeda sehingga bisa membentuk kondisi yang tidak teratur, ciri khas gaya desain bohemian. Sebagai pemanis, gabungkan banyak tekstur dan aksen warna warni pada selimut bermotif, bantal dan kain.

Aksesori berupa karya seni dan tanaman hias

gaya desain bohemian dalam ruang tamu dengan dinding penuh hiasanyaplanchoyo.com

Aksesori berupa karya seni juga menjadi salah satu elemen khas dari gaya bohemian yang unik. Karya seni bisa berupa lukisan abstrak ataupun foto yang dibingkai.

Selain itu, gaya bohemian kerap juga identik dengan unsur alam pada dekorasi ruangan. Hal ini bisa kita temui dari penggunaan tanaman hias yang ditempatkan dalam pot-pot yang dihadirkan di dalam ruangan.

Setelah membaca ulasan Kania di atas, apakah kamu tertarik untuk mendekorasi ulang rumahmu menjadi gaya bohemian?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse