Mudah Dirawat, Kenali 6 Tanaman Taman Depan Rumah Ini

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tidak semua orang yang memelihara tanaman taman depan rumah memiliki keahlian untuk merawatnya. Sekadar menyiram dan memberi pupuk merupakan cara merawat tanaman yang diketahui semua orang, namun bayangkan jika perlu memotong akar tanaman taman secara berkala atau memastikan intensitas sinar matahari sudah pas? Rumit sekali apalagi bagi orang yang tidak telaten.

Tapi jangan berkecil hati dulu, kamu tetap bisa memelihara tanaman taman tanpa ribet. Caranya dengan memilih tanaman taman yang mudah dirawat berikut ini!

Sukulen, si tanaman taman yang imut

tanaman tanam berupa sukulenpixabay.com

Ukuran sukulen memang kecil, tapi bisa ditanam di taman juga. Sukulen merupakan tanaman yang menyimpan air pada batangnya. Tanaman taman ini bisa diletakkan pada area terbuka yang terkena sinar matahari. Tidak perlu khawatir, cadangan airnya tidak akan mudah menguap.

Media tanam dari tanaman taman tahan panas ini adalah sekam, kompos, dan pasir. Untuk perawatan, sukulen cukup disiram setiap seminggu sekali dan disemprotkan air seminggu dua kali.

Bugenvil untuk mempercantik taman rumah tanpa repot

tanaman taman berupa bougenville atau bugenvil warna ungu mudapixabay.com

Bunga bougenville atau bugenvil lebih dikenal sebagai bunga kertas. Tanaman taman tahan panas ini mudah ditemukan di Indonesia, bahkan di pinggir jalan sekali pun. Terbukti kalau tanpa perawatan yang rumit, tanaman ini dapat tumbuh subur.

Bugenvil juga cocok dijadikan tanaman taman depan rumah. Tingginya bisa mencapai 10 meter. Daun-daunnya cukup lebat sehingga taman terasa lebih adem. Warna bunganya pun beragam, mulai dari merah, ungu, putih, jingga, dan kuning.

Lidah mertua yang tangguh di iklim tropis

tanaman taman dalam pot berupa lidah mertuawikimedia.org

Lidah mertua merupakan salah satu tanaman taman tahan panas. Namun, penempatannya tidak boleh di titik yang langsung terkena sinar matahari. Paling pas ditanam pada tepi pagar, ia juga bisa di pinggir jalan masuk menuju teras.

Perawatan yang perlu dilakukan adalah menyiram tanaman cukup seminggu dua kali. Jangan sampai airnya menggenang karena bisa membuat tanaman taman tahan panas ini membusuk. Mudah, bukan?

Lidah buaya yang kaya manfaat

tanaman taman berupa lidah buayamedicalnewstoday.com

Tidak kalah dari lidah mertua, ada juga lidah buaya yang kaya manfaat. Bagian dagingnya bisa direbus dan disantap. Sangat baik untuk mengobati batuk dan panas dalam. Sementara itu, tanaman taman ini bisa diambil getahnya untuk dijadikan masker rambut dan mendinginkan kulit setelah terkena panas.

Tanaman taman depan rumah ini berukuran sekitar 60 cm. Daunnya memiliki lapisan tebal dan duri di pinggir. Media tanamnya berupa tanah kering. Lebih baik lagi kalau dicampurkan dengan sedikit pasir dan batu apung. Tanaman taman tahan panas ini cukup disiram sehari sekali atau saat tanah di sekitarnya sudah kering.

Kemuning, tanaman taman depan rumah yang harum

tanaman taman bernama bunga kemuning putihflickr.com

Kemuning selalu menjadi andalan sebagai tanaman taman depan rumah. Pasalnya, mereka sangat menyukai sinar matahari. Ukuran bunga dan daunnya sedang. Bunganya memiliki banyak kelopak berwarna putih dengan sedikit semburat kuning di bagian tengah.

Tanaman yang merupakan tiruan dari bunga melati ini mengeluarkan bau harum di malam hari. Supaya tumbuh subur, kemuning hanya perlu diberi pupuk dan air secukupnya. Sudah mudah dirawat, cantik, harum pula. Kurang apalagi?

Bunga bangsa, bunga melati

tanaman taman bernama bunga putihsaga.co.uk

Bunga melati yang menjadi bunga bangsa ini tergolong mudah dirawat. Daun hijaunya begitu lebat sehingga cocok menjadi tanaman taman depan rumah. Bunganya memiliki harum semerbak dan tumbuh setiap 3 bulan sekali.

Tanaman merambat ini bisa tumbuh subur sepanjang tahun dengan air secukupnya. Perawatan lainnya yang dibutuhkan adalah pemangkasan supaya taman terlihat rapi. Tenang, jeda pemangkasannya bisa hitungan bulan.

tanaman taman depan rumah dengan pagar kayufloresonline.co

Dengan keenam tanaman taman tadi, suasana hunian akan menjadi asri. Walaupun sibuk dan jarang merawatnya, mereka bisa tumbuh subur. Tak ada salahnya menanam ulang tanaman taman agar menjadi lebih apik dan mudah dirawat.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse